Home » Islami » Ini Doa Penutup Acara (Singkat) untuk Syukuran, Halal BIhalal, dll

Ini Doa Penutup Acara (Singkat) untuk Syukuran, Halal BIhalal, dll

Iuwashplus.or.idSetiap acara yang diselenggarakan bukan hanya membutuhkan doa pembuka saja tetapi juga disempurnakan dengan doa penutup acara yang baik. Tentunya doa yang dipanjatkan bisa disesuaikan dengan acara yang telah diselenggarakan. Baik acara formal maupun non formal.

Seperti syukuran, pengajian, halal bihalal, acara lamaran, pernikahan, perpisahan sekolah dan lain sebagainya. Agar doa yang dipanjatkan tepat, berikut ini akan dibahas secara lengkap beberapa contoh doa penutup yang bisa dijadikan referensi untuk berbagai acara.

Keutamaan Membaca Doa Penutup Acara

Keutamaan Membaca Doa Penutup Acara

Pada hakikatnya doa dalam Islam merupakan sebuah permohonan yang dipanjatkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai bentuk dari sikap berserah diri. Di dalamnya terdapat pujian akan kebesaran dan kuasa Allah, harapan, dan permintaan atas suatu hal.

Membaca doa sangat dianjurkan bagi umat muslim karena menjadi salah satu ibadah yang diperintahkan Allah SWT, seperti yang tersurat dalam QS. Ghafir ayat 60 berikut ini.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ

Wa qoola Rabbukumud ‘uuniii astajib lakum; innal laziina yastakbiruuna an ‘ibaadatii sa yadkhuluuna jahannama daakhiriin

Artinya:

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Dengan demikian maka orang yang tidak mau berdoa adalah hamba yang sombong dan sifat sombong sangat tidak disukai Allah. Doa sendiri memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah menjadi senjata bagi orang mukmin, bisa menolak takdir buruk dan menjadi cahaya di langit dan di bumi.

Doa Penutup Acara Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Doa Penutup Acara Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, doa memiliki kedudukan yang sangat penting bagi umat Islam. Karena merupakan salah satu perintah Allah. Itulah mengapa dalam setiap acara yang diselenggarakan selalu diiringi dengan doa.

Tujuan dari dipanjatkannya doa sebelum acara adalah sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan karunia yang Allah limpahkan sehingga acara tersebut bisa diselenggarakan. Sementara doa penutup dipanjatkan sebagai rasa syukur karena acara sudah berhasil terlaksana dengan lancar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh doa penutup pada berbagai acara yang bisa dijadikan referensi ketika mendapatkan tugas untuk memimpin doa penutup.

1. Doa Penutup Acara Singkat

1. Doa Penutup Acara Singkat

Doa yang singkat untuk menutup sebuah acara bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi pembawa acara. Meskipun singkat, namun doa tersebut tetap memiliki makna yang mendalam. Karena mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas terselenggaranya acara dengan baik.

Selain itu, di dalam doa juga terdapat permohonan ampunan atas dosa dan khilaf yang mungkin telah dilakukan selama acara berlangsung. Selain itu, doa juga membawa harapan agar acara tersebut bisa memberikan manfaat dan menjadi berkah bagi siapa saja.

Berikut ini adalah contoh bacaan doa untuk penutup acara yang singkat:

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanaka allahumma wa bihamdika asyhadu an-lailaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.

Artinya:

“Maha Suci Engkau, ya Allah. Segala sanjungan untuk-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

2. Doa Penutup Acara Isra’ Mi’raj

2. Doa Penutup Acara Isra’ Mi’raj

Penyelenggaraan acara Isra’ Mi’raj bagi umat muslim memiliki arti tersendiri karena Isra’ Mi’raj merupakan sebuah perjalanan suci yang di dalamnya terdapat banyak hikmah. Salah satunya terkait dengan perintah sholat 5 waktu yang menjadi kewajiban umat muslim.

Itulah mengapa dalam setiap peringatan Isra’ Mi’raj, umat muslim selalu memanjatkan doa kebaikan. Umat muslim diharapkan bisa meneladani dan mengambil hikmah dari peristiwa yang sangat penting tersebut sebagai bagian dari keimanan sebagai orang Islam.

Setelah acara selesai maka tidak lupa untuk memanjatkan doa penutup yang diharapkan bisa semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada diri masing-masing. Berikut adalah contoh doanya:

Baca Juga  Doa agar Cepat Hamil Menurut Islam, Dzikir dan Sholawatnya

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُكَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلىٰ رَبِّنِا تَوَكَّلْنَا. اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَسِّعْ لَنَا فِى دَارِنَا هٰذَا

اَللهم سَلِّمْنَا وَسَلِّمْ دِيْنَنَا وَسَلِّمْ أَجْسَادَنَا وَسَلِّمْ أَمْوَالَنَا مِنْ بَلآءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْآخِرَةِ. رَبَّنَا أَدْخِلْنَا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنَا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا


اَللّٰهُمَّاِنَّانَسْئَلُكَسَلَامَةًفِىالدِّيْنِ،وَعَافِيَةًفِىالْجَسَدِوَزِيَادَةًفِىالْعِلْمِوَبَرَكَةًفِىالرِّزْقِوَتَوْبَةَقَبْلَالْمَوْتِوَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِوَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّهَوِّنْعَلَيْنَافِيْسَكَرَاتِالْمَوْتِ،وَنَجَاةًمِنَالنَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

وَصَلىَّ اللهُ عَلىٰ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ .. اَلْفَاتِحَهْ

“Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi u mazidah ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik.

“Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin wa’ala ali Sayyidina Muhammad. Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa. Allahumma ighfirlana dzunubana wawassi’ lana fii daarina hadza.”

“Allahumma sallimna wa sallim dinana wasalim ‘ajsadana wa salim ‘amwalana min bala’ addunnya wa adhab lahirati. Wa qur rabbi adkhilni mudkhala sidqiw wa akhrijni mukhraja sidqiw waj’al li mil ladunka sultanan nasira.”

“Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab,”

“Washallallahu ala sayyidina Muhammadin wa’ala alihi wasohbihi wasallam.”

“Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yasifun wa salamun ‘alal mursalin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin. Al Fatihah.”

3. Contoh Doa Penutup Acara Syukuran

3. Contoh Doa Penutup Acara Syukuran

Pada dasarnya acara syukuran diselenggarakan sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas pencapaian yang telah didapatkan dan nikmat yang telah Allah karuniakan. Seperti syukuran karena lulus kuliah, karena diterima bekerja, dan lain sebagainya.

Tujuan dari acara syukuran sendiri adalah untuk memohon kepada Allah agar mendapatkan kebaikan dan keberkahan. Selain itu juga membawa harapan agar apa yang telah dicapai bisa memberikan manfaat dan menjadi salah satu amal kebaikan yang diridhoi Allah SWT.

Setelah acara syukuran berlangsung dengan lancar, maka bisa langsung disempurnakan dengan doa penutup yang menjadi akhir dari seluruh rangkaian acara. Adapun contoh doanya adalah seperti berikut:

اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلىٰ رَبِّنِا تَوَكَّلْنَا. اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَسِّعْ لَنَا فِى دَارِنَا هٰذَا

Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad. Allahumma inna nas’aluka khairal maulaji, wa khairal makhraji bismillahi wa lajna wa bismillahi kharajna wa ‘ala rabbina tawakkalna. Allahummaghfirlana dzunubana wawassi’ lana fi daarina hadza.

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat ta’dhim atas junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad dan juga keluarga junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad. Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar, dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan kepada Tuhan kami, kami berserah diri. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami dan lapangkanlah bagi kami di rumah-rumah kami ini.”

4. Contoh Doa Penutup Acara Arisan Keluarga

4. Contoh Doa Penutup Acara Arisan Keluarga

Acara arisan keluarga menjadi salah satu sarana untuk terus menjalin tali silaturahmi sehingga keluarga besar bisa tetap berhubungan dengan baik dan penuh dengan kehangatan. Tentunya acara tersebut harus diiringi dengan doa agar semua mendapatkan keberkahan.

Demikian pula setelah acara arisan keluarga selesai, maka sudah sepatutnya ditutup dengan doa yang baik. Sehingga seluruh anggota keluarga yang hadir dalam acara arisan tersebut bisa mendapatkan hikmah dan kebaikan setelah pulang kembali ke rumah masing-masing.

Berikut ini adalah salah satu contoh doa penutup yang bisa dipanjatkan:

“Ya Allah, Yang Maha Penyayang, hanya dengan rahmat dan kasih sayang-Mu lah kami bisa berkumpul dalam acara ini berjalan dengan lancar. Meskipun harus menguras waktu, tenaga serta pikiran. Ya Allah kami berkumpul ditempat ini dan memanjatkan puji syukur kepada-Mu.

Ya Allah berkahilah semua aktivitas kami selama dalam rangkaian acara ini, dan jadikanlah sebagai bagian dari amal ibadah kami. Ya Allah karuniakanlah rahmat dan hidayah-Mu kepada kami dan jadikanlah pertemuan kali ini sebagai pertemuan yang Engkau ridhoi.”

5. Contoh Doa Penutup Acara Halal Bihalal

5. Contoh Doa Penutup Acara Halal Bihalal

Acara halal bihalal bisa dijadikan sebagai sarana untuk saling memaafkan dan mempererat tali silaturahmi  setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Acara halal bihalal sendiri lazim diselenggarakan di berbagai tempat.

Baca Juga  Doa Keluar Masuk Rumah Arab, Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Mulai dari acara halal bihalal di kampung, acara halal bihalal di perusahaan atau kantor, acara halal bihalal di sekolah dan lain sebagainya. Adapun doa penutup dalam acara halal bihalal adalah:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

“Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.”

Artinya:

“Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

6. Bacaan Doa Penutup Acara Khitbah

6. Bacaan Doa Penutup Acara Khitbah

Khitbah merupakan sebuah acara penting dalam Islam karena merupakan proses menuju ke pernikahan. Khitbah atau pinangan ini diselenggarakan sebagai sebuah permintaan persetujuan yang diajukan pihak laki-laki kepada pihak wanita untuk dijadikan istri.

Sebagai salah satu proses yang penting menjelang pernikahan, tentunya dibutuhkan doa yang terbaik pada acara tersebut. Doa tersebut bisa sekaligus sebagai doa penutup setelah acara khitbah selesai. Adapun contoh doanya adalah seperti berikut:

Allahummaj’al haadzihil khitbah khitbatan mubaarokatan mushlihatan daaimatan abadan zhoohiran wa baathinan awwalan wa aakhiron bi rohmatika yaa arhamar roohimiin. Robbanaa taqobbal minnaa innaka antas samii’ul ‘aliim wa tub ‘alainaa innaka antat tawwaabur rohiim. Da’waahum fiihaa subhaanakalloohumma wa tahiyyatuhum fiihaa salaam wa aakhiru da’waahum anil hamdu lillaahi robbil ‘aalamiin.

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah peminangan ini sebagai peminangan yang bermanfaat, yang diberkahi, yang membawa kebaikan dan yang langgeng (berlangsung baik) selama-lamanya, secara lahir dan batin, di permulaan dan di akhir, dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan paling penyayang diantara para penyayang.

Wahai Allah, terimalah doa kami, sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Terimalah tobat kami, sungguh Engkau Maha Menerima tobat lagi Maha Penyayang. Doa mereka di surga adalah subhaanakallahumma (Mahasuci Engkau, wahai Tuhan kami), salam penghormatan mereka ialah salam (sejahtera dari segala bencana), dan penutup doa mereka adalah alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin (segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam).”

7. Doa Penutup Acara Pernikahan

7. Doa Penutup Acara Pernikahan

Sejatinya pernikahan merupakan salah satu ibadah yang bisa mendatangkan banyak pahala bagi yang menjalaninya. Dalam pernikahan tersebut biasanya juga diselenggarakan walimatul ursy yang merupakan sebuah jamuan bagi para undangan yang menghadiri pernikahan.

Pernikahan sendiri menjadi salah satu fase kehidupan yang membuat kedua orang yang menjalaninya sah sebagai suami istri. Pernikahan juga menjadi salah satu upaya untuk meneruskan keturunan dan mendapatkan ketenangan batin.

Dalam acara walimatul ursy, maka akan dipanjatkan doa-doa bagi kedua mempelai agar mendapatkan ampunan dan keberkahan dari Allah SWT. Doa tersebut sangat penting karena menjadi sebuah harapan akan kebahagiaan atas kedua mempelai.

Sementara pada akhir acara pernikahan, bisa ditutup dengan doa penutup acara seperti berikut ini:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ هٰذَا الْعَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا مَعْصُوْمًا وَأَلْقِ بَيْنَهُمَا أُلْفَةً وَقَرَارًا دَائِمًا وَلَا تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا فِرْقَةً وَفِرَارًا وَخِصَامًا وَاكْفِهِمَا مُؤْنَةَ الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ

Allâhummaj’al hâdzal ‘aqda ‘aqdan mubârakan ma’shûman wa alqi bainahumâ ulfatan wa qarâran dâiman wa lâ taj’al bainahumâ firqatan wa firâran wa khishâman wakfihimâ mu’natad dunyâ wal âkhirah  

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah akad ini sebagai ikatan yang diberkahi dan dilindungi, tanamkan di antara keduanya kerukunan dan ketetapan yang langgeng, jangan Engkau jadikan di antara keduanya perpecahan, perpisahan dan permusuhan, dan cukupi keduanya bekal hidup di dunia dan akhirat.”

8. Contoh Doa Penutup Acara Perpisahan Sekolah

8. Contoh Doa Penutup Acara Perpisahan Sekolah

Acara lainnya yang lazim diselenggarakan dalam kehidupan masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah adalah acara perpisahan sekolah. Tentunya sebelum acara sudah dibacakan doa pembuka agar penyelenggaraan acara berjalan dengan lancar.

Baca Juga  Niat dan Cara Sholat Istikharah Serta Doa Setelah Istikharah

Adapun contoh dari doa penutup untuk acara perpisahan adalah seperti berikut:

Ya Allah,Yang Maha Besar

Engkaulah Tuhan Yang Maha Besar dan Maha Kuasa atas segalanya. Engkaulah yang mempergilirkan siang dan malam, bulan ke bulan dan tahun ke tahun. Sehingga perpisahan ini tak terelakkan dan bisa terlaksana atas izin-Mu. Ya Allah limpahkanlah kepada kami, kekuatan, kesehatan, kelapangan, kemampuan dan pertolongan-Mu, agar bisa membangun generasi yang cerdas dan takwa.

Ya Allah Yang Maha Pemberi

Kami sadar bahwa siswa kami yang baru menamatkan pendidikannya ini adalah hamba-Mu yang dhaif, yang senantiasa membutuhkan petunjuk-Mu. Ya Allah bimbinglah mereka dan berikan petunjuk-Mu untuk melanjutkan pendidikakan pada jenjang yang lebih tinggi, sesungguhnya Engkaulah zat yang Maha Penyayang dan Maha Pemberi.

9. Doa Penutup Acara Pengajian

9. Doa Penutup Acara Pengajian

Pengajian menjadi salah satu acara yang sering diselenggarakan oleh umat muslim dimanapun berada. Baik di lingkungan masyarakat tempat tinggal, di lingkungan perusahaan atau tempat kerja serta lingkungan komunitas yang memang fokus untuk mengkaji ilmu agama.

Biasanya acara pengajian akan diawali dengan doa pembuka yang memohon kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dalam acara pengajian tersebut. Selanjutnya setelah selesai bisa dilanjutkan dengan doa penutup yang lengkap.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh doa penutup acara dalam Bahasa Indonesia yang bisa dibaca dalam pengajian:

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wassalatu wassalamu ‘ala isyrafil anbiya iwalmursalin, waala alihi washahbihi ajma’iin amma ba’du.

Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang

Pada hari ini kami telah berkumpul di tempat ini dalam penyelenggaraan acara pengajian untuk mempersembahkan puji syukur kehadirat-Mu ya Allah. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi 1444 Hijriah. Semoga acara yang kami selenggarakan ini mendapatkan ridho-Mu.

Dalam peringatan kali ini kami memohon kepada-Mu ya Rabb, agar diberikan kekuatan iman dan Islam sehingga selalu bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang Engkau berikan. Agar kami selalu mengingat kebesaran-Mu dimanapun kami berada.

Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang

Tuntunlah kami, bimbinglah kami agar senantiasa berada di jalan yang lurus, di jalan yang Engkau ridhoi. Berikanlah kepada kami kekuatan agar selalu teguh dalam memegang syariat dan tuntunan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam.

Kumpulkanlah kami kelak bersama orang-orang yang beriman, dan masukkanlah kami ke dalam surga-Mu. Kuatkanlah silaturahmi diantara kami agar bisa senantiasa menebarkan kebaikan dalam majelis ilmu ini.

Ya Allah Yang Maha Lembut

Lembutkanlah hati kami agar kami mudah dalam menerima nasihat baik dari teman-teman kami, dari keluarga kami dari guru-guru kami. Karuniakanlah kasih sayang diantara kami, agar kami senantiasa berada dalam kebersamaan dan dalam kebaikan.

Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim

Lindungilah kami dari godaan setan yang terkutuk, lindungilah kami dari bisikan-bisikan setan yang menyesatkan dan lindungilah kami dari segala sesuatu yang buruk. Jauhkanlah kami dari fitnah, dari kebencian dan permusuhan, dari kesombongan dan kemunafikan.

Berikanlah keselamatan kepada kami dan jauhkan bangsa kami dari keburukan, dari bencana dan marabahaya. Berikanlah petunjuk yang lurus kepada para pemimpin kami agar bisa membangun negeri ini menjadi negeri yang makmur dan adil.

Ya Allah Yang Maha Pengampun

Ampunilah semua dosa-dosa kami. Ampunilah dosa kedua orang tua kami, ampunilah dosa para pemimpin kami, ampunilah dosa guru-guru kami, keluarga besar kami dan seluruh umat muslimin muslimat, mukminin mukminat.

Ampuni kami ya Allah, terimalah taubat kami, rahmatilah kami dan lindungilah kami dari siksa kubur dan siksa api neraka. Karena sesungguhnya kami tidak akan sanggup menghadapinya.

Ya Allah, kabulkanlah doa kami.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَارَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Rabbana Afzik alaina shabran wa tsabbit aqdamana rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina azabannar Subhanarobbil izzati amma yasifun wa salamun alalmursalim walhamdulillahi rabbil alamin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Setiap acara yang diselenggarakan akan semakin berkah dan lancar jika diawali dengan doa. Demikian juga ketika acara sudah selesai, maka akan lebih sempurna jika diakhiri pula dengan doa penutup acara. Karena setiap doa kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula. Wallahu a’lam bishawab.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status