Home » Pendidikan » Ciri Dan Perbedaan Hewan Vertebrata Dan Invertebrata Kelas 5 Sd

Ciri Dan Perbedaan Hewan Vertebrata Dan Invertebrata Kelas 5 Sd

Iuwashplus.or.id – Vertebrata itu adalah kelompok hewan yang punya tulang belakang atau spinal cord yang dilindungi oleh tulang rawan atau tulang. Ternyata, Vertebrata itu hanya menyumbang 3% dari semua jenis hewan di dunia, loh. Ada sekitar 65.000 spesies Vertebrata yang kita kenal saat ini. Hewan-hewan Vertebrata biasanya punya sistem saraf & organ tubuh yang kompleks dengan fungsi yang sangat spesifik. Bahkan, mereka juga punya rangka dalam yang hidup & terbuat dari tulang serta tulang rawan.

Kalau kita lihat dari bentuknya, moncong dari hewan-hewan Vertebrata itu selalu berada pada atau di bawah kepala hewan, sementara anus terbuka ke luar di depan tubuhnya. Bagian tubuh yang tersisa setelah anus membentuk ekor dengan tulang belakang & spinal cord.

Nah, ada lima kelas hewan Vertebrata nih, yaitu:

  • Ikan (misalnya ikan mas, guppy, ikan lele, ikan barakuda, ikan kod, & lain-lain).
  • Amfibi (misalnya katak, salamander, cecil).
  • Reptil (misalnya ular, kura-kura, bunglon, dinosaurus, buaya, & lain-lain).
  • Burung (misalnya burung beo, burung merpati, burung hantu, burung layang-layang, burung kutilang, burung pipit, burung penguin, & lain-lain).
  • Mamalia (misalnya tikus, paus, kelelawar, primata, beruang, rusa, manusia, singa, sapi, bison, & lain-lain).

Nah, Invertebrata itu adalah hewan-hewan yang nggak punya tulang belakang atau spinal cord. Padahal, lebih dari 95% dari seluruh jenis hewan di dunia adalah Invertebrata, lho! Hewan-hewan Invertebrata ini punya bentuk yang sangat beragam & banyak yang hidup di air tawar, air laut, di daratan, atau bahkan hidup sebagai parasit pada hewan lain. Ada yang tinggal di satu tempat, ada juga yang bisa terbang, berenang, melayang, merangkak, & menggali. Hewan-hewan Invertebrata juga bisa jadi herbivora (pemakan tumbuhan), omnivora (pemakan segala), atau karnivora (pemakan daging).

Baca Juga  Persepsi Adalah: Pengertian, Jenis, Faktor Dan Contohnya

Beberapa jenis Invertebrata yang paling sering kita temukan adalah:

  • Moluska (misalnya siput, cumi-cumi, sotong, keong, kerang).
  • Arthropoda (misalnya serangga, laba-laba, krustasea seperti udang, kepiting, lobster).
  • Echinodermata (misalnya bintang laut, bulu babi, teripang).
  • Annelida (misalnya cacing tanah, lintah).
  • Protozoa (organisme satu sel seperti amoeba & paramecium).

Ciri-ciri Hewan Vertebrata

Ciri-ciri Hewan Vertebrata

Nah, kita bahas tentang ciri-ciri hewan Vertebrata nih. Pertama, Vertebrata itu hewan yang punya tulang belakang bertulang atau tulang rawan. Biasanya hewan-hewan Vertebrata ini besar-besar & bisa gerak cepat. Eh, tapi, kamu tahu nggak? Ternyata, Vertebrata itu cuma punya lima kelas hewan aja, yaitu ikan, amfibi, reptil, burung, & mamalia. Mereka bernapas lewat insang atau paru-paru. Di dalam perkembangan embrionik, Vertebrata itu punya batang penyangga yang kaku, yaitu notochord, yang berada di garis tengah punggung di bawah tali saraf. Sistem saraf pusat mereka itu tabung berongga yang berada di garis tengah punggung.

Nah, hewan-hewan Vertebrata itu cuma 2-3% dari seluruh spesies hewan yang ada di dunia, loh. Rangka dalam mereka hidup & terbuat dari tulang serta tulang rawan. Wah, hewan-hewan Vertebrata ini juga termasuk hewan berdarah panas, suhu tubuhnya nggak berubah meski di lingkungan luar suhu berubah-ubah. Lalu, hewan-hewan Vertebrata itu punya dua lapisan kulit, yaitu dermis & epidermis. Jantung mereka berada di sisi perut tubuh. Karena kompleksnya sistem saraf & organ tubuh yang spesifik, Vertebrata cenderung punya sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Anggota ba&nya juga nggak lebih dari dua pasang, lho. Mata mereka itu berkembang berdasarkan hasil dari otak & biasanya sederhana-sederhana aja. Oh iya, semua hewan Vertebrata itu berkelamin tunggal. Mereka punya sistem peredaran darah tertutup & simetris tubuhnya bilateral. Makanannya juga kebanyakan heterotrofik. Nah, pada faring Vertebrata juga ada celah faring untuk meningkatkan efisiensi pernapasan. Itu dia ciri-ciri Vertebrata, teman-teman.

Baca Juga  8 Contoh Kata Pengantar Makalah Kelompok dan Individu

Ciri-ciri Hewan Invertebrata

Ciri-ciri Hewan Invertebrata

Invertebrata adalah hewan-hewan yang nggak punya tulang belakang atau kolom tulang punggung. Mereka kebanyakan kecil & gerakannya lambat. Ada tiga puluh kelas invertebrata yang berbeda, seperti spons, coelenterata (Ctenophora atau ubur-ubur sarang lebah, anemon laut, pena laut, & hewan karang); echinodermata (bintang laut, bulu babi, teripang); cacing, moluska (cumi-cumi, gurita, paku, kerang) & artropoda (serangga).

Invertebrata punya berbagai cara bernapas. Ada yang pakai spirakel, ada yang bisa menyerap oksigen lewat kulit mereka, & ada juga yang punya “paru-paru buku” primitif. Beda sama hewan lain, invertebrata nggak punya notochord. Sistem saraf pusat mereka itu berupa tabung padat yang ada di perutnya.

Invertebrata itu lebih dari 95% dari semua spesies hewan yang ada di bumi. Beberapa di antaranya punya kerangka luar atau cangkang keras yang nggak hidup. Mereka berdarah dingin, jadi suhu tubuh mereka ikut suhu lingkungan sekitar.

Tubuh invertebrata itu punya lapisan kulit & hatinya berada di belakang tubuhnya. Sistem saraf mereka biasanya sederhana & nggak teratur. Sel darah merah nggak ada, tapi pigmen pernapasan ada di dalam plasma darah. Beberapa invertebrata punya lebih dari dua pasang pelengkap, & mata mereka muncul dari kulit.

Sebagian besar invertebrata punya mata majemuk, seperti spons, cacing, siput, & siput. Ada juga invertebrata yang hermafrodit. Sistem peredaran darah mereka terbuka & bisa simetri radial atau bilateral. Soal makanan, invertebrata bisa hidup bebas, parasit, & heterotrofik, tapi nggak ada celah faring pada mereka.

Perbedaan Hewan Vertebrata Dan Invertebrata Dalam Bentuk Tabel

Nih, bedanya hewan vertebrata & invertebrata, dibikin tabel aja biar lebih gampang dibandingin:

Baca Juga  Apa Itu Deret Aritmatika? Ini Rumus, Perbedaan dan Contohnya
VertebrataInvertebrata
Hewan yang punya tulang belakang bertulang atau tulang rawan.Hewan yang nggak punya tulang punggung atau kolom tulang belakang.
Umumnya hewan besar & bergerak cepat.Umumnya hewan kecil & gerakannya lambat.
Hanya ada lima kelas vertebrata.Ada tiga puluh kelas invertebrata yang berbeda.
Bernapas lewat insang atau paru-paru.Punya banyak cara bernapas, ada yang pakai stigma, ada yang menyerap oksigen lewat kulit, & ada yang punya “paru-paru buku” primitif.
Ada notochord.Notochord nggak ada.
Sistem saraf pusat berupa tabung berongga di tengah punggung.Sistem saraf pusat berupa tabung padat di garis tengah perut.
Hanya sekitar 2-3% dari semua spesies hewan di bumi.Lebih dari 90% dari semua spesies hewan di bumi.
Punya endoskeleton hidup terbuat dari tulang atau tulang rawan.Beberapa punya kerangka luar atau cangkang keras yang nggak hidup.
Hewan berdarah panas. Suhu tubuh tetap konstan & nggak berubah dengan suhu lingkungan luar.Berdarah dingin. Suhu tubuh bervariasi dengan suhu luar & tetap sama dengan suhu luar.
Terdiri dari dua lapisan kulit: dermis & epidermis.Terdiri dari lapisan kulit.
Jantung berada di sisi perut tubuh.Jantung berada di sisi perut tubuh.
Cenderung punya sistem saraf kompleks dengan organ yang spesifik & fungsi tertentu.Cenderung punya sistem saraf sederhana & nggak teratur.
Punya sel darah merah yang mengandung hemoglobin.Tidak punya sel darah merah, pigmen pernapasan ada di dalam plasma darah.
Hanya punya maksimal dua pasang anggota badan.Bisa punya lebih dari dua pasang pelengkap.
Mata berkembang dari otak.Mata muncul dari kulit.
Sebagian besar punya mata sederhana.Sebagian besar punya mata majemuk.
Semua hewan berkelamin tunggal.Sebagian besar hewan hermafrodit, seperti spons, cacing, siput, & siput.
Punya sistem peredaran darah tertutup & simetri tubuh bilateral.Punya sistem peredaran darah terbuka dengan simetri tubuh radial atau bilateral.
Makanannya heterotrofik.Dietnya bisa parasit & heterotrofik.
Faring punya celah untuk meningkatkan efisiensi pernapasan.Tidak punya celah faring.

Penutup

Dari pembahasan di atas, kita dapat memahami bahwa dunia hewan merupakan dunia yang sangat luas & kompleks, terdiri dari berbagai kelompok & spesies dengan ciri-ciri & karakteristik yang unik. Vertebrata & Invertebrata menjadi dua kelompok utama dalam klasifikasi hewan, dengan perbedaan yang signifikan dalam struktur tubuh, sistem saraf, & cara hidup. Namun, keduanya sama-sama memiliki peran penting dalam ekosistem & saling mempengaruhi satu sama lain. Dalam mempelajari dunia hewan, kita dapat memahami lebih banyak tentang keanekaragaman hayati & kompleksitas alam semesta yang luar biasa.

Sudah jelas kan, ciri-ciri serta perbedaan antara hewan vertebrata dan invertebrata?

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status