Home » Informasi » Laptop 2 in 1 Sering Rusak? Cari Tahu Cara Perawatannya di Sini!

Laptop 2 in 1 Sering Rusak? Cari Tahu Cara Perawatannya di Sini!

Beberapa waktu terakhir, laptop 2 in 1 sedang diminati oleh berbagai kalangan karena dianggap multifungsi. Spesifikasi yang mumpuni juga menjadi pertimbangan seseorang sebelum membelinya. 

Bukan hanya itu, harga yang ditawarkan untuk produk-produk laptop multifungsi ini masih bersahabat. Sayangnya, karena masih tergolong baru, belum banyak yang tahu mengenai bagaimana cara perawatannya yang tepat. 

Mengenal Apa Itu Laptop 2 in 1

Laptop 2 in 1

Sesuai penyebutannya, laptop 2 in 1 merupakan laptop yang tidak hanya memiliki satu fungsi. Fungsi yang pertama yaitu layaknya laptop pada umumnya, untuk fungsi kedua berkaitan dengan kemampuannya yang bisa dijadikan sebagai tablet.

Di pasaran, laptop jenis ini dibagi menjadi dua berupa convertible dan hybrid. Secara fungsi, sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat mencolok, tetapi mengenai konsep dan desain perangkatnya. 

Laptop convertible dibuat dengan konsep layar dapat diputar atau dibalik sehingga lebih mudah jika difungsikan sebagai tablet. Sedangkan untuk laptop hybrid yakni layar laptop mendukung untuk dilepas dari keyboard sesuai kebutuhan. 

Untuk lebih mudah dimengerti, maksud dari laptop 2 in 1 adalah sebuah perangkat yang menyatukan dua fungsi dalam satu wadah. Desain serta sistem yang ditanamkan di dalamnya mampu beradaptasi dengan kebutuhan pengguna. 

Fungsinya yang fleksibel tersebut membuat khalayak luas mulai tertarik untuk menggunakannya, karena hanya dengan membeli satu perangkat maka dua kebutuhan sudah bisa terpenuhi. 

Cara Jitu Merawat Laptop 2 in 1

Barang-barang multifungsi umumnya lebih mudah rusak dibandingkan dengan barang dang satu manfaat utama. Sama halnya dengan laptop versi 2 in 1, perangkat satu ini cukup rentan. 

Baca Juga  170+ Nama Kucing Lucu, Unik, Bagus, Dan Tips Merawat Kucing

Pemiliknya perlu melakukan perawatan khusus agar sistem operasi sekaligus bodinya tetap dalam kondisi yang bagus meski telah digunakan dalam jangka waktu lama. Lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai tata cara perawatannya di bawah ini:

1. Gunakan Spons Basah untuk Membersihkan Noda

Agar tidak sampai merusak body ataupun layar, ketika laptop terkena noda membandel maka sebaiknya bersihkan menggunakan spons yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air. Selanjutnya, aplikasikan untuk menghilangkan noda membandel tersebut. 

Saat melakukan pembersihan, usahakan tidak menekan dengan keras atau menggosoknya terlalu kuat. Cukup tempelkan spons basah selama beberapa waktu pada bagian noda membandel, kemudian gosok secara lembut sampai nodanya memudar atau hilang. 

Pilih spons yang benar-benar lembut supaya tidak sampai menimbulkan baret, terutama saat membersihkan bagian layar. 

2. Gunakan Kain Microfiber untuk Membersihkan Debu

Baik laptop yang jarang digunakan maupun sering digunakan umumnya akan terkena debu. Untuk menghilangkan debu tersebut, silakan menggunakan kain microfiber. Sebab, kain tersebut terbuat dari bahan khusus sehingga mampu mengangkat debu dengan baik. 

Kain microfiber sendiri sering digunakan untuk membersihkan kacamata. Untuk tingkat kehalusan kainnya tidak perlu diragukan. Cocok digunakan membersihkan layar laptop touchscreen. 

Bagi yang belum tahu, umumnya laptop 2 in 1 dibekali dengan layar touchscreen seperti halnya tablet.  

3. Gunakan Cairan Pembersih untuk Membersihkan Minyak

Minyak merupakan salah satu noda yang cukup sulit dihilangkan. Jika dibiarkan biasanya akan berpengaruh pada respon touchscreen. Layar touchscreen yang terkena minyak cenderung licin. 

Biasanya, noda minyak tidak akan hilang ketika dibersihkan dengan tisu atau kain microfiber. Sebagai solusinya, bersihkan noda minyak menggunakan pembersih khusus yang bisa didapatkan di toko elektronik. 

Baca Juga  222 Kata-kata Bijak Harapan, Tentang Cinta, Semangat, Islami

Hindari langsung menyemprotkan cairan pembersihnya langsung ke layar laptop. Usahakan untuk menyemprotkannya terlebih dahulu ke tisu atau kain microfiber. Selanjutnya, bersihkan hingga layar dirasa sudah bebas dari noda minyak. Setelah itu, diamkan sekitar 1 jam sebelum menyimpan perangkatnya.

4. Simpan Saat Tidak Dipakai

Apabila laptop telah selesai digunakan, usahakan untuk menyimpannya di tempat yang aman. Bisa langsung masukkan ke dalam tempat penyimpanan khusus, seperti di tas laptop bawaan atau meja belajar. 

Hindari menaruhnya di lokasi yang lembab dan berair karena takutnya malah akan merusak mesin bagian dalamnya. 

Bukan hanya ketika disimpan, tetap jauhkan laptop dari cairan terutama saat digunakan. Laptop yang belum dibekali teknologi anti air sangat berisiko rusak ketika processornya terkena cairan. 

5. Lindungi Layarnya dengan Memasang Tempered Glass

Tempered glass merupakan lapisan yang khusus dibuat untuk melindungi layar touchscreen agar ketika terbentur atau tergores tidak langsung memengaruhi layar utama. 

Selain melindungi dari benturan, fungsi tempered glass lainnya adalah untuk meminimalisir efek buruk penggunaan stylus pen. Sebab, karena bagian ujungnya terdapat komponen magnetik yang dapat menarik kerikil berukuran sangat kecil. 

Meskipun ukurannya kecil, tetapi ketika diaplikasikan ke layar touchpad akan menimbulkan goresan yang mengganggu respon layar.

Keunggulan dan Kelemahan Laptop 2 in 1

Sebelum memutuskan untuk menggunakan laptop berjenis 2 in 1, alangkah lebih baiknya mengetahui apa saja keunggulan dan kekurangannya. Hal ini dimaksudkan supaya bisa mengetahui apakah jenis laptop tersebut cocok dengan penggunaan sehari-hari. 

Sederet keunggulan yang ditawarkan:

  • Laptop lebih multifungsi karena mendukung dijadikan laptop biasa atau tablet
  • Desainnya dibuat minimalis dan slim 
  • Touchscreen terbilang cukup responsif
  • Membahas performa, bergantung pada processor yang disematkan tetapi secara garis besar,  performanya bagus. 
Baca Juga  Resmi! Ini Susunan Lengkap Jadwal Seleksi CPNS 2023

Kekurangan:

  • Tanpa perawatan yang baik, laptop menjadi lebih mudah rusak
  • Beberapa produk di pasaran mengusung kinerja yang masih terbatas
  • Produk dengan kualitas bagus dibanderol dengan harga mahal
  • Komponennya sulit upgrade

Perawatan laptop 2 in 1 tidak bisa sembarangan. Perlu perawatan khusus untuk membuatnya tetap dalam kondisi bagus dan normal. 

Baca juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status