English Indonesia
Selasa, 28 April 2020

Pelatihan Online Pembangunan Tiga Model Tangki Septik Untuk Tukang Konstruksi

Pelatihan Online Pembangunan Tiga Model Tangki Septik Untuk Tukang Konstruksi

USAID IUWASH PLUS menyelenggarakan pelatihan online pembangunan tiga model tangki septik dengan ‘upflow filter system’ bagi para tukang pada April 20 2020.

Pelatihan ini dilakukan untuk merespon permintaan Lurah Mekar Sentosa, Azanul Akbar Lubis, yang ingin para tukang mampu membangun tangki septik yang berfungsi, aman, dan lestari.

Lurah Mekar Sentosa dan sembilan orang tukang mengikuti pelatihan online ini. Sembilan tukang tersebut terdiri dari master tukang dari Medan, Deli Serdang, dan Tebing Tinggi, serta tukang yang terlibat dalam pembangunan tangki septik di salah satu masjid di Kelurahan Mekar Sentosa, Tebing Tinggi.

Selama pelatihan, para tukang belajar teori teknis konstruksi tangki septik upflow filter dari fiberglass, kombinasi fiberglass dan triplek, serta batu bata menggunakan Skype dan sambungan telpon. Di samping itu, para tukang juga belajar tentang pentingnya tangki septik dan penyedotan lumpur tinja terjadwal dan aman.

“Penjelasannya mudah dipahami,” Wagimin, salah satu peserta pelatihan dari Kelurahan Mekar Sentosa memberikan kesannya terhadap pelatihan online ini.

Lebih lanjut, Lurah Mekar Sentosa berharap USAID IUWASH PLUS dapat membantu para tukang setelah pelatihan ini.

Menanggapi permintaan Lurah Mekar Sentosa, USAID IUWASH PLUS akan memberikan saran teknis kepada para tukang jika mengalami kesulitan ketika membangun tangki septik. Saran teknis akan diberikan dengan memperhatikan pembatasan sosial untuk mencegah COVID-19 hingga pembatasan sosial sudah tidak perlu dilakukan lagi.

Available in enEnglish (English)

Mitra