English Indonesia
Jumat, 19 Mei 2017

USAID IUWASH PLUS Memfasilitasi Pemerintah Daerah dan PDAM dalam Menyusun RPAM

CoverRPAM

Program Pemerintah 100-0-100 bertujuan untuk menjamin pemenuhan, ketersediaan dan pelayanan air minum bagi masyarakat.  Berdasarkan standar Pemerintah Indonesia, air minum yang aman adalah yang memenuhi  kriteria kualitas dan kuantitas yang baik, tersedia setiap saat, dan terjangkau (4K – Kuantitas, Kualitas, Kontinuitas, & Keterjangkauan). Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) itu sendiri adalah salah satu alat untuk memastikan tercapainya 4K dalam pelayanan air minum. USAID IUWASH PLUS melaksanakan program RPAM untuk memperkuat pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dan memiliki kewenangan dalam penyediaan air minum tersebut, seperti PDAM (untuk sistem air minum perkotaan) dan Kelompok Swadaya Masyarakat untuk sistem air minum bagi masyarakat pedesaan.

RPAMAudiensi

Audiensi Tim USAID IUWASH PLUS dengan Sekda dan Kepala SKPD Kabupaten Probolinggo berkaitan dengan RPAM Sumber PDAM Kabupaten Probolinggo

Program RPAM yang dilaksanakan oleh USAID IUWASH PLUS meliputi  RPAM sumber, operator, konsumen, dan komunal. Di tahun pertama, USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan 12 Pemerintah Daerah (Kota/Kabupaten/PDAM) untuk memfasilitasi dan menyusun pembuatan 13 RPAM, yaitu 9 RPAM Sumber dan 4 RPAM Operator.

RPAMDiseminasi

Tim USAID IUWASH PLUS memberikan presentasi tentang RPAM Sumber di Kota Ternate

Sejak Februari sampai dengan Mei 2017, USAID IUWASH PLUS dan mitra kerja di daerah telah melaksanakan tahapan sosialisasi/lokakarya/Diskusi Kelompok Terarah (FGD), diseminasi/audiensi dengan kepala daerah, pembentukan tim RPAM dan beberapa kegiatan survei untuk mengumpulkan data dan informasi secara langsung di lapangan agar dapat menganalisa berbagai potensi dan resiko yang dapat berdampak terhadap ketersediaan dan pelayanan air minum. Pembentukan Tim RPAM di beberapa kota/kabupaten juga didukung dengan komitmen dari kepala daerah yang dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Bupati/Walikota. Sementara itu, kegiatan survei telah dilakukan mencakup wilayah tangkapan air untuk RPAM Sumber, sama halnya dengan survei untuk sistem pengolahan, distribusi PDAM, dan infrastruktur lainnya untuk RPAM Operator.

CoverRPAM

Kunjungan lapangan Tim USAID IUWASH PLUS dan RPAM Sumber PDAM Tirtanadi ke lokasi tangkapan air di area mata air Sibolangit

Available in enEnglish (English)

Mitra