Home » Pendidikan » Ukuran Lapangan Bola Basket FIBA dan NBA Beserta Aturannya

Ukuran Lapangan Bola Basket FIBA dan NBA Beserta Aturannya

Iuwashplus.or.id Selain sepakbola dan voli, basket juga termasuk jenis olahraga yang digemari. Mulai dari ukuran bolanya, ringnya, hingga ukuran lapangan bola basket pun ada aturannya tersendiri. Hal ini dilakukan agar permainan basket level nasional maupun internasional bisa serentak dan punya standar.

Adapun secara umum ukuran lapangan basket versi FIBA dan NBA ternyata punya perbedaan yang signifikan. Standar ukuran FIBA dipakai untuk lapangan basket standar internasional. Meski standar internasional, namun permainan skala nasional pun menggunakan ukuran sesuai FIBA.

Beragam Ukuran Lapangan Bola Basket FIBA dan NBA

Beragam Ukuran Lapangan Bola Basket FIBA dan NBA

Perlu diketahui dulu bahwa FIBA atau Federasi Bola Basket Internasional adalah salah permainan basket secara internasional. Sedangkan NBA atau National Basketball Association hanya berskala nasional dan hanya digunakan pada laga profesional di Amerika dan Kanada.

Untuk itulah ukuran lapangan yang digunakan secara umum bagi permainan basket biasanya menggunakan aturan dari FIBA. Berikut ini beberapa poin standar ukuran lapangan untuk basket Beserta beberapa ukuran komponen di dalamnya:

1. Ukuran Lapangan Bola Basket

Menurut standar FIBA, lapangan permainan basket memiliki bentuk persegi panjang dengan ukiran panjangnya 28 meter dan lebarnya 15 meter. Sedangkan menurut standar NBA lapangan basket yang berbentuk persegi panjang ini panjangnya punya skala 28,5 meter dan lebar 15 meter.

Lapangan versi FIBA memiliki diameter lingkaran tengah lapangan berukuran 3,6 meter. Radius busur lapangannya berukuran 1,25 meter dan lebar garis 5 cm. Lapangan basket memiliki bagian three point atau lingkaran dengan tembakan 3 angka.

Baca Juga  Jenis, Karakteristik, dan Fakta Unik Ular Piton Yang di Indonesia!

Garis three point tersebut umumnya punya ukuran 6,25 meter dengan garis tembak bebas menuju garis belakang punya ukuran 5,80 meter.

2. Papan Pantul Bola Basket

Selain ukuran lapangan bola basket yang utama, ukuran papan pantul dari permainan basket juga harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

Adapun ukuran papan pantul versi FIBA panjang lebarnya adalah 1,80 meter x 1,20 meter dan ketinggian 2,75 meter. Ukuran jarak jika diukur dari belakang keranjang adalah kurang lebih 0,15 meter.

Menurit standar internasionalnya, ada sekitar 4 garis bingkai berbentuk persegi panjang. Empat garis ini terletak di tengah papan pantul dan ukuran masing-masing garis bibgkai ini sama, yaitu 0,59 meter x 0,45 meter.

Adapun papan pantul ini umumnya dibuat dengan bahan kayu dengan ukuran ketebalan kurang lebih 3 cm.

3. Tiang Penyangga Bola Basket

Permainan bola basket versi FIBA tak hanya mengatur panjang ukuran lapangan bola basket melainkan juga mengatur terkait tiang penyangga yang akan digunakan selama permainan berlangsung. Adapun tiang penyangga pada permainan basket sering dikenal dengan simpei.

Simpei ini umumnya dibuat dengan bahan dasar besi. Simpei memiliki garis tengah yang ukurannya diatur kurang lebih 20 mm. Sedangkan ketinggalan simpei dari atas lantai adalah 3,03 meter.

4. Ukuran Ring Basket

Selanjutnya ada aturan untuk ukuran ring basket. Ring basket memiliki garis tengah dengan ukuran standar 0,45 meter. Ukuran ini sama dengan panjang jala. Sedangkan ukuran ketinggian ring dari tanah atau papan lapangan basket adalah 3,5 meter.

5. Bola Basket

Tak hanya lapangan dan segala komponen dalam lapangan tersebut. Bahkan bola basket pun harus mengikuti aturan ukuran standar dari FIBA. Adapun bola basket memiliki ukuran standar keliling 75 hingga 78 cm. Sedangkan berat bola basket adalah 600 hingga 650 gram.

Bola basket harus punya kekuatan pantulan. Saat bola dijatuhkan dengan ketinggian 1,8 meter, maka kekuatan pantulnya harus mencapai tinggi 1,2 hingga 1,4 meter.

Baca Juga  10 Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat yang Mudah Dihapal

Baca Juga: Kuasai 10 Teknik Dasar Bola Basket: Buat Kamu Jadi Jago Main!

Aturan FIBA Terkait Lapangan Bola Basket

Aturan FIBA Terkait Lapangan Bola Basket

Setelah belajar tentang ukuran lapangan bola basket FIBA, selanjutnya Anda juga harus tahu bahwa ternyata ada beberapa aturan atau standar lapangan basket yang harus dijatuhi berdasarkan ketentuan FIBA. Berikut di bawah ini beberapa aturan standarnya:

1. Ukuran dan Permukaan Bola Basket

Menurut standar FIBA, lapangan untuk bermain basket harus dibuat dengan permukaan yang rata dan keras tanpa adanya penghalang sebagaimana gundukan tanah biasa. Itulah mengapa lapangan basket dibuat secara khusus dengan bahan tertentu seperti papan dari kayu kuat.

Selain itu mengukur ukuran lapangan basket juga ada aturannya sendiri. Pengukuran lapangan dilakukan harus dari tepi bagian dalam garis batas.

2. Area dan Bagian Lapangan

Pada bagian lantai lapangan basket punya cakupan baik area bagian dalam maupun luar dengan dilengkapi tanda garis batas. Jadi dalam pembuatannya harus bisa dibedakan antara area dalam lapangan permainan dan area di luar lantai permainan.

Adapun ukuran lantai untuk area di luar permainan kurang lebih harus punya lebar 2 meter. Lantai lapangan minimal punya panjang sekitar 32 meter dengan ukuran standar lebar lantai minimal 19 meter.

3. Garis Lapangan

Anda pasti sudah tak asing dengan garis-garis pada lapangan basket bukan? Garis-garis pada lapangan basket ini tentu punya variasi bentuk dan kegunaan yang berbeda. FIBA sendiri mengatur semua garis pada lapangan basket dengan jenis warna yang sama.

Selain itu warna garis pada lapangan basket juga harus dibuat kontras dengan papan lapangan, yaitu umumnya menggunakan warna putih. Garis yang dibuat juga harus punya ukuran lebar yang sesuai standar FIBA, yaitu 5 cm sehingga akan tampak jelas.

4. Garis Batas

Lapangan basket secara umum menurut aturan FIBA memiliki beberapa garis batas. Dua diantara garis batas utama dari lapangan basket adalah garis batas ujung dan garis batas samping. Kedua garis batas ini sejatinya tidak tergolong dalam area pertandingan.

Baca Juga  Cara Dan Contoh Menulis Surat Izin Sakit Sekolah Dan Kerja

Dari garis batas ini, para pemain cadangan, pelatih, hingga asisten pelatih sekurang-kurangnya harus berjarak dua meter dari garis batas tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

5. Garis Tengah

Garis tengah pada lapangan basket diatur sejajar pada garis yang ada di ujung titik tengah pada garis samping. Nah, garis tersebut harus punya ukuran yang diperpanjang hingga 0,15 dari garis tepi. Garis ini adalah bagian lapangan belakang.

Pada bagian tengah lapangan basket ada garis lingkaran dengan ukuran jari-jari 1,8 meter dan pengukurannya dari tepi luar keliling.

6. Area 3 Point

Seperti yang sedikit disinggung pada ukuran standar lapangan bola basket di awal, lapangan basket memiliki area 3 point. Yang dimaksud area 3 poin adalah area dari keseluruhan lapangan basket kecuali area dekat ring bagian lawan.

Area ini dibatasi dengan dua garis yang sejajar dan memanjang. Dua garis ini tegak lurus dengan garis akhir dengan tepi luar yang berukuran 0,9 meter diukur dari tepi bagian dalam garis samping. Selain itu area 3 point ini juga dibatasi dengan garis busur yang punya radius 6,75 meter.

Radius garis busur pengukurannya dari titik lapangan tepatnya bagian bawah ring lawan menuju tepi luar busur. Sedangkan jarak antara titik lapangan ke tepi bagian dalam titik tengah dari garis akhir adalah 1,575 meter.

Ukuran lapangan bola basket memang lebih amannya menggunakan aturan sesuai dengan FIBA larena sudah berstandar internasional. Menggunakan ukuran NBA pun tidak masalah namun harus bisa menyesuaikan ketika ada pertandingan nasional karena umumnya juga menggunakan ukuran FIBA.

Sumber Refrensi Artikel:

  • Buku FIBA Official Basketball Rules 2020.
  • Buku NBA Official Rule Book.
  • Sears, F. D. (2019). “Basketball: Its Origin and Development”. University of Nebraska Press.
  • Lapchick, R. (2016). “100 Pivotal Moments in NBA History”. Sports Publishing.
  • Henderson, D. (2008). “FIBA (International Basketball Federation) 1930-2007: Overcoming the shadow of the NBA”. International Journal of the History of Sport, 25(14), 1981-1999.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status