Home » Berita » Tanggal Merah Bulan Juni 2023, Resmi dari (SKB) dan 3 Menteri

Tanggal Merah Bulan Juni 2023, Resmi dari (SKB) dan 3 Menteri

Melalui keputusan bersama (SKB) yang diformulasikan oleh 3 menteri, pemerintah telah merilis jadwal tanggal resmi hari libur nasional dan cuti bersama untuk bulan Juni 2023. Penetapan ini menjadi bukti nyata dari komitmen pemerintah dalam memperhatikan keseimbangan antara kinerja dan kesejahteraan pekerja di negeri ini.

Di bulan Juni 2023 ini di tandai dengan beberapa tanggal merah yang menunjukkan hari-hari libur nasional. Namun, yang menarik perhatian adalah tambahan cuti bersama yang di tetapkan oleh pemerintah. Cuti bersama ini bukan sekedar penambahan hari libur biasa, melainkan suatu mekanisme yang secara strategis di rancang untuk memperpanjang deretan hari libur.

Daftar Jadwal Tanggal Merah Bulan Juni 2023

Daftar Jadwal Tanggal Merah Bulan Juni 2023

Dalam surat keputusan bersama (SKB) yang di sahkan oleh 3 Menteri, yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, di jelaskan terkait Hari Libur Nasional serta Cuti Bersama pada tahun 2023. Di bulan Juni 2023, terdapat tiga hari yang di tetapkan sebagai hari libur nasional.

Selain ketiga tanggal merah tersebut, pemerintah juga telah menunjuk satu hari sebagai cuti bersama. Inilah daftar tanggal serta informasi terkait libur tersebut:

1. Tanggal Merah di Hari Kamis 1 Juni 2023

Pada tanggal 1 Juni 2023, kita sebagai bangsa Indonesia akan merayakan Hari Lahir Pancasila. Dalam SKB tersebut, tanggal ini ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Perayaan Hari Lahir Pancasila tahun ini bertepatan pada hari Kamis.

Baca Juga  Redmi Pad SE Resmi Dirilis! Ketahui Spesifikasi dan Keunggulannya

2. Tanggal Merah di Hari Jumat 2 Juni 2023

Untuk cuti bersama dalam rangka peringatan Hari Raya Waisak 2567 BE (Buddhist Era), SKB 3 Menteri telah menetapkan tanggal 2 Juni 2023. Ini merupakan keputusan yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana kali ini pemerintah memberikan cuti bersama untuk perayaan Waisak. Cuti bersama peringatan Waisak ini jatuh pada hari Jumat.

3. Tanggal Merah di Hari Minggu 4 Juni 2023

Tanggal 4 Juni 2023 juga telah ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Raya Suci Waisak 2567 BE, sebagaimana yang tercantum dalam SKB. Perayaan Hari Raya Waisak pada tanggal 4 Juni 2023 ini akan bertepatan pada hari Minggu.

4. Tanggal Merah di Hari Kamis 29 Juni 2023

Pada tanggal 29 Juni 2023, kita akan memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Menurut SKB 3 Menteri, tanggal tersebut di tetapkan sebagai hari libur nasional untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, dan hari tersebut bertepatan dengan hari Kamis.

Libur Nasional dan Cuti Bersama di Bulan Juli-Desember 2023

Memasuki paruh kedua tahun 2023, berbagai aktivitas dan rutinitas yang telah Kalian lalui pasti telah meninggalkan banyak kenangan. Tidak terkecuali untuk memanfaatkan hari-hari libur nasional atau tanggal merah. Meskipun Juni telah tiba, jangan khawatir, masih terdapat sejumlah hari libur nasional yang dapat di nantikan dari bulan ini hingga Desember.

Perlu di ingat bahwa tanggal merah bukan hanya sebatas waktu istirahat semata. Melainkan, moment yang tepat untuk mengisi ulang energi, melakukan refleksi diri, serta menjalin interaksi sosial yang lebih intens dengan orang-orang terdekat.

Kalian sudah penasaran bukan? mengenai apa saja tanggal-tanggal merah yang masih tersisa di tahun 2023 ini? Berikut ini tanggal merah bulan Juli sampai Desember:

  • Rabu, 19 Juli 2023: Hari Tahun Baru Islam 1445 Hijriah.
  • Kamis, 17 Agustus 2023: Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
  • Kamis, 28 September 2023: Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • Senin, 25 Desember 2023: Hari Raya Natal.
Baca Juga  8 Pilihan Warna Baju Cocok Untuk Kulit Sawo Matang! Cek Disini!

Penutup

Semoga kalian dapat memanfaatkan hari-hari istimewa ini untuk me-time, quality time bersama keluarga, atau melakukan kegiatan-kegiatan favorit. Kami berharap bahwa liburan yang kalian rencanakan tidak hanya menjadi sekedar liburan, melainkan menjadi unforgettable experience yang membekas dalam ingatan. Tentu, ini merupakan suatu peluang yang baik untuk kalian meregenerasi energi dan semangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Jadi, mari kita mulai merancang liburan kita dari sekarang, khususnya libur pada bulan Juni yang sudah dekat. Sebuah pengingat bahwa pentingnya merencanakan dan menyelaraskan waktu liburan agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi kalian semua.

Aktifkan notifikasi untuk berita dan artikel terbaru kami di Google News iuwashplus.or.id

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status