Home » Islami » 8 Doa Rumah Baru Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

8 Doa Rumah Baru Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Iuwashplus.or.idKetika menempati rumah baru, ada banyak yang harus dipersiapkan. Biasanya dilakukan tahlil untuk acara penempatan rumah baru tersebut agar penghuni rumah bisa selamat dan mendapatkan keberkahan. Karena itulah, Anda perlu mengetahui doa rumah baru.

Dengan doa tersebut, kita bisa menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan atas rumah baru yang sudah diberikan tersebut. Selain itu, hal tersebut juga bisa menjauhkan penghuni rumah dari segala marabahaya di rumah tersebut. Apa saja doa masuk rumah baru tersebut?

Amalan Doa Rumah Baru beserta dengan Arab, Latin, dan Artinya

Amalan Doa Rumah Baru beserta dengan Arab, Latin, dan Artinya

Berbagai agama pasti mempunyai doa khusus untuk menempati rumah baru, termasuk Islam. Di Islam, ada beberapa doa yang bisa diamalkan untuk bisa menempati rumah baru dengan aman dan berkah. Jadi, cobalah untuk membaca beberapa doa ini agar rumah baru tersebut diberi keberkahan.

1. Doa untuk Menempati Rumah Baru

1. Doa untuk Menempati Rumah Baru

Saat akan memasuki rumah baru, sebaiknya ucapkan dzikir singkat berikut ini agar diberikan keamanan dan keberkahan oleh Tuhan.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا         

Allahumma innii as-asluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa’alaallahi rabbanaa tawakkalnaa

Arti:
“Ya Allah, aku memohon kepada Engkau untuk kebaikan dari rumah ini yang hamba masuki. Hamba juga memohon kebaikan dari rumah yang hamba tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah, hamba masuk ke sini dan dengan menyebut nama Allah juga hamba keluar. Hanya kepada Allah kami bertawakal.” (HR. Abu Daud).

Itu merupakan dzikir untuk menempati rumah baru yang diriwayatkan oleh HR. Abu Daud. Gunakan doa tersebut saat akan memasuki rumah baru. Sebaiknya dzikir tersebut dihafalkan agar lebih mudah untuk diucapkan saat akan masuk ke rumah baru.

2. Doa untuk Meminta Keberkahan Rumah Baru

2. Doa untuk Meminta Keberkahan Rumah Baru

Doa ini bertujuan untuk mendapatkan keberkahan dari rumah baru yang ditempati. Ini bisa diucapkan saat sedang mengadakan tahlil bersama untuk acara syukuran rumah baru tersebut. Berikut adalah doa agar rumah baru berkah yang patut diucapkan saat akan menempati rumah baru.

اَللهم يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خاَلِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخُلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخاَفُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هَذَا خَيْراً وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.

Allahumma ya man falaqal bahra li musa bin ‘imran, wa najja yunusa min bathnil hut, wa sayyaral fulka li man sya’a, antal ‘alimu bi ‘adadi qathril bihari, wa dzarratir rimal. Ya khaliqa ashnafi ‘aja ‘ibul makhluqat. As’alukal kifayah, ya kafiyah man istakfah, ya mujiba man da’ah, ya muqila man rajah. Antal kafi, la kafiya illa anta. Ikhfini syarra ma akhafu wa ahdzar. Wamla’ manzili hadza khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasulika sayyidina muhammadin wa alihi shahbih wa sallim.

Arti:
“Wahai Allah yang telah membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

Doa yang satu ini bertujuan untuk meminta keberkahan dari rumah baru yang ditempati. Selain itu, doa ini juga bisa digunakan untuk meminta kecukupan dari Allah dan menjauhkan seluruh penghuni rumah dari keburukan. Jadi, doa ini sangat bagus untuk keluarga yang ingin memulai kehidupan baru di rumah baru.

Baca Juga  Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab Serta Tata Cara Sholat Hajat

3. Doa untuk Keberkahan dalam Segala Hal di Rumah Baru

3. Doa untuk Keberkahan dalam Segala Hal di Rumah Baru

Doa lainnya yang bisa dicoba adalah doa meminta keberkahan rumah, keberkahan usia, dan keberkahan urusan. Jadi, doa ini sudah mencakup semua hal yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, lafalkan doa berikut ini.

اَللهم بَارِكْ لَنَا فِى أَرْزَقِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى مَعِيْشَتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى بُيُوْتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى عُمْرِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى أُمُوْرِنَا

Allahumma baarik Lanaa Fii Arzaqinaa wa Baariklanaa Fii ma’isyatina wa Baariklanaa fii Buyutinaa wa Bariklanaa fii ‘umrina wa Baariklanaa fii ‘Umuurina.

Arti:
“Ya Allah berkahilah rezeki kami, berkahilah kehidupan kami, berkahilah rumah-rumah kami, berkahilah umur kami, dan berkahilah urusan-urusan kami.”

Doa tersebut bisa ucapkan saat sudah berada di dalam rumah baru. Jadi, ini tak hanya bisa diucapkan saat akan memasuki rumah baru saja, melainkan saat menjalani kehidupan sehari-hari di rumah tersebut. Dengan melafalkan doa tersebut setiap harinya, Anda dan keluarga akan diberikan keberkahan berlimpah oleh Allah SWT.

4. Doa untuk Meminta Perlindungan di Rumah Baru

4. Doa untuk Meminta Perlindungan di Rumah Baru

Nah, doa rumah baru yang satu ini khusus ditujukan untuk meminta perlindungan dari Allah SWT. Doa tersebut juga pendek sehingga itu akan mudah untuk dihafalkan dan diucapkan setiap hari. Berikut adalah doa tersebut yang bisa diucapkan saat sudah tinggal di rumah baru.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“A’udzu bi Kalimaatillahit Taammaati min Syarri maa Kholaq.”

Arti:
“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.”

Doa ini harus dibaca sebanyak tiga kali saat memasuki rumah baru. Selain itu, ucapkan juga doa tersebut setiap hari dan diucapkan sebanyak 3 kali. Dengan mengucapkan doa tersebut, penghuni rumah akan terhindar dari berbagai hal jahat, entah dari manusia, hewan buas, ataupun gangguan ghaib.

Kombinasikan doa tersebut dengan Al-Baqarah jika ingin mendapatkan perlindungan yang lebih sempurna untuk Anda dan keluarga di rumah baru tersebut. Seperti yang kita ketahui, Al-Baqarah adalah salah satu surat di Al-Qur’an yang mempunyai keutamaan sebagai pengusir setan atau gangguan makhluk ghaib.

Jadi, dengan melafalkan Al-Baqarah setiap hari, semua penghuni rumah akan aman dari berbagai gangguan tak kasat mata. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukannya dan rasakan kenyamanan di rumah baru tersebut.

Keutamaan Al-Baqarah tersebut juga sudah dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi seperti ini.

            إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامًا وَسَنَامُ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَإِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ خَرَجَ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Arti:

“Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Qur’an adalah Surat Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan itu jika mendengar Surat Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya Surah Al-Baqarah.” (HR Hakim)

Jadi, tak perlu ragu lagi dengan keutamaan Al-Baqarah dan doa pendek di atas untuk menjadi benteng perlindungan di rumah baru agar terhindar dari berbagai gangguan jahat.

Baca Juga  Doa Ziarah Kubur dan Tata Cara Berziarah Sesuai Sunnah

5. Doa untuk Pindah Rumah Baru yang Banyak Digunakan

5. Doa untuk Pindah Rumah Baru yang Banyak Digunakan

Jika ingin menggunakan doa yang sering digunakan oleh kebanyakan orang muslim saat pindah rumah, maka kami merekomendasikan untuk menggunakan doa berikut ini. Doa ini juga tergolong doa pendek sehingga mudah diingat dan diucapkan.

رَّبِّ أَنزِلْنِى مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

“Rabbi anzilnii munzalan mubaarakan wa anta khairul munziliina.”

Arti:
“Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

Dengan mengucapkan doa tersebut saat melakukan kepindahan atau memasuki rumah baru, Anda dan keluarga akan diberi suasana terbaik selama tinggal di tempat tersebut. Jadi, doa tersebut sebenarnya bertujuan untuk meminta rumah itu diberkati agar menjadi tempat tinggal terbaik untuk siapapun orang yang menghuninya.

6. Doa untuk Mengadakan Syukuran di Rumah Baru

6. Doa untuk Mengadakan Syukuran di Rumah Baru

Doa rumah baru yang satu ini khusus digunakan untuk mengadakan syukuran di rumah baru. Doa ini diucapkan sebagai bentuk rasa syukur dari pemilik rumah baru kepada Allah SWT atas diberikannya rumah tersebut sebagai tempat tinggal mereka. Doa tersebut berbunyi seperti ini.

ا تُدْرِكُهُ ٱلْأَبْصَٰرُ وَهُوَ يُدْرِكُ ٱلْأَبْصَٰرَ ۖ وَهُوَ ٱللَّطِيفُ ٱلْخَبِيرُ

“La tudrikuhul-absaru wa huwa yudrikul-absar, wa huwal latiful khabir.”

Arti:
“Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan, dan dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui.”

Doa tersebut mempunyai makna tentang pujian kepada Allah SWT yang Maha Melihat dan Maha Mengetahui. Dengan banyak memuji Allah, maka penghuni rumah akan mendapatkan keberkahan yang luar biasa. Keberkahan itu bisa berupa kesehatan, materi, kebahagiaan, dan dijauhkan dari segala marabahaya.

7. Doa untuk Pindah Rumah dari HR Anas bin Malik

7. Doa untuk Pindah Rumah dari HR Anas bin Malik

Doa selanjutnya yang sangat direkomendasikan adalah doa yang diriwayatkan oleh HR Anas bin Malik. Doa itu sangat pendek sehingga mudah untuk dibaca dan diingat.

مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah.”

Arti:
“Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.”

Sebenarnya, intinya adalah “Laa Quwwata Illa Billah” yang menjadi dzikir ampuh untuk meminta perlindungan, kekuatan, dan keberkahan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, keutamaan doa ini sangat luar biasa.

Ajaklah juga semua anggota keluarga yang akan menghuni rumah tersebut untuk mengucapkannya saat memasuki rumah. Jadi, semua keluarga akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT selama menempati rumah tersebut.

8. Doa untuk Keluar Rumah

8. Doa untuk Keluar Rumah

Tak hanya saat memasuki rumah baru, ucapkan juga doa saat keluar dari rumah lama. Dengan begitu, di manapun berada niscaya Allah SWT akan memberikan perlindungan-Nya.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillaahi, tawakkaltu álallahi, walaahaula, walaaquwwata illaabillaah.”

Arti:
“Dengan menyebut nama Allah (aku keluar). Aku bertawakal kepada-Nya, dan tiada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah.”

Cara Lain yang Perlu Dilakukan saat Memasuki Rumah Baru

Selain doa-doa di atas, lakukan juga beberapa cara lain agar bisa memperoleh perlindungan luar biasa selama berada di rumah. Kami merekomendasikan beberapa surat di Al-Qur’an dan cara yang sesuai dengan syariat Islam yang perlu diamalkan saat memasuki rumah baru.

1. Baca Al-Ikhlas 3 Kali

Jika merasa kesulitan dengan doa-doa di atas karena belum terbiasa, maka Allah memberikan kemudahan kepada hamba-Nya yang ingin mendapatkan berkah dan keselamatan saat berada di rumah baru. Ya, gunakan saja Al-Ikhlas sebagai tameng terbaik.

Selain Al-Baqarah seperti yang sudah kami jelaskan di atas, Al-Ikhlas juga mampu menjadi pelindung dari segala kejahatan dan bahaya. Apalagi surat ini sangat pendek sehingga banyak muslim yang sudah hafal.

Baca Juga  Sejarah Doa Nurbuat Serta Hukum Membaca dan Manfaatnya

Cara menggunakannya adalah dengan mengucapkan Al-Ikhlas sebanyak 3 kali saat akan memasuki rumah baru. Dengan surat tersebut, rezeki akan lancar dan kehidupan akan memperoleh banyak keberkahan. Rezeki dan berkah itu tak hanya dirasakan oleh si penghuni rumah, tetapi juga para tetangganya.

2. Baca Al-Fatihah 3 Kali

Al-Fatihah juga menjadi salah satu penolong bagi umat muslim dalam segala kondisi. Itu merupakan benteng pertama yang menjadi senjata andalan semua orang Islam di dunia. Ya, Al-Fatihah adalah surat yang paling pertama dihafal dan itu bisa menjadi penolong Anda saat memasuki rumah baru.

Sama seperti Al-Ikhlas, ucapkan Al-Fatihah sebanyak tiga kali saat memasuki rumah. Jadi, sebenarnya Al-Fatihah bisa dikombinasikan dengan Alk-Ikhlas untuk memberikan perlindungan ekstra bagi para penghuni rumah baru. Ucapkan dua jenis surat tersebut sebelum kaki menginjak ke dalam rumah baru.

Sebaiknya lakukan juga cara tersebut setiap harinya saat berada di rumah tersebut agar senantiasa terlindungi dari berbagai marabahaya dan pengaruh jahat. Ajarkan juga semua anggota keluarga untuk melafalkan doa itu setiap harinya saat akan memasuki rumah.

3. Baca Al-Mu’Minum Ayat 28-29

Lantunkan juga ayat 28-29 dari Surat Al-Mu’minun. Ayat itu menerangkan tentang kisah Nabi Nuh saat berada di bahtera dengan umatnya. Itu merupakan ucapan syukur yang dilakukan oleh Nabi Nuh kepada Allah SWT karena sudah selamat dari banjir besar.

Oleh karena itu, ayat tersebut menjadi ayat terbaik untuk meminta perlindungan dan memberikan ucapan terima kasih kepada Sang Pencipta atas rumah baru tersebut. Dengan begitu, Allah SWT akan senantiasa memberikan perlindungan dan berkah-Nya dalam kehidupan para penghuni rumah.

4. Lantunkan Adzan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengumandangkan adzan saat masuk ke rumah tersebut. Sebaiknya adzan tersebut dilantunkan di setiap sudut ruangan dalam rumah baru itu. Jadi, hal pertama yang seharusnya dilakukan saat masuk rumah baru adalah mengucapkan salam dan melakukan adzan.

Hal itu dikarenakan bisa saja rumah tersebut dulunya merupakan tempat tinggal yang sudah lama tidak dihuni atau berasal dari tanah kosong. Jadi, beri tanda ‘suci’ di sana dengan mengumandangkan adzan. Dengan begitu, berbagai jenis makhluk ghaib yang jahat akan bisa pergi dari sana.

Hal ini sebenarnya juga dilakukan saat zaman Rasulullah. Jadi, ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah pernah menjelaskan bahwa apabila ada rumah yang sudah lama tidak ditinggali, maka rumah tersebut akan menjadi sarang jin bernama Al-Ammar.

Itu merupakan salah satu jenis jin yang menempati berbagai rumah atau bangunan kosong tak berpenghuni. Nah, jin itu bisa mengganggu orang yang datang ke tempat tersebut. Karena itulah, adzan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengusir jin tersebut sehingga dia tidak akan mengganggu penghuni rumah.

5. Hindari Perbuatan Syirik

Cara lainnya adalah dengan menghindari segala bentuk kesyirikan. Mengapa? Pasalnya, syirik bisa mengundang berbagai hal buruk untuk masuk ke rumah baru tersebut. Jadi, rumah yang tadinya suci bisa menjadi tidak suci dan berkah lagi jika di dalamnya dilakukan berbagai aktivitas yang menjurus kepada kesyirikan.

Syirik sendiri menjadi salah satu dosa besar yang dilaknat oleh Allah SWT. Bahkan, Allah tidak akan mengampuni dosa syirik. Jadi, hindari berbagai benda atau sikap yang cenderung syirik. Contoh sederhananya adalah menggantung benda sebagai penangkal marabahaya di depan pintu rumah atau dinding rumah.

Hal itu merupakan salah satu bentuk syirik yang tidak banyak disadari oleh orang-orang. Jika melakukannya, bukan keberkahan dari Allah yang akan datang melainkan berbagai kenikmatan semu yang menjerumuskan kehidupan penghuni rumah ke berbagai dosa lainnya.

Jadi, dibandingkan melakukan berbagai bentuk kesyirikan tersebut, Anda sebaiknya mengamalkan berbagai doa yang sudah kami berikan di atas. Lakukan juga adzan, mengaji, dan sholat rutin di dalam rumah tersebut. Pastikan juga bahwa semua anggota keluarga menghindari tindakan keji dan dosa.

Akhir Kata

Dengan delapan amalan doa rumah baru dan berbagai cara di atas, para penghuni rumah akan bisa menjalani kehidupan tentram dan bahagia selama berada di rumah baru tersebut.

Jadi, pilih saja salah satu doa tersebut yang paling mudah untuk diamalkan selama berada di rumah tersebut dan saat akan keluar dari rumah lama.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status