Home » Berita » 16 Cara Mendapat Uang Dari YouTube Bagi Pemula di 2023

16 Cara Mendapat Uang Dari YouTube Bagi Pemula di 2023

Cara Mendapat Uang Dari YouTube – Menjadi Bintang di YouTube saat ini merupakan selebriti sejati: orang-orang yang membangun audiens dengan menghasilkan konten di internet yang informatif, menghibur, berguna, atau hanya keren.

Dan kebanyakan dari mereka melakukannya karena senang karena membuat video yang bisa ditonton orang lain itu menyenangkan.

Menghasilkan uang dari YouTube mungkin bukan alasan utama kamu untuk memulai saluran sendiri, namun penting untuk mengetahui bahwa kita bisa menghasilkan uang secara online melalui berbagai cara.

Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kamu perlu mendaftar ke YouTube Partner Program (YPP). Melalui program ini, kamu akan mendapatkan akses ke fitur tambahan untuk memonetisasi saluran YouTube. Untuk diterima, saluran YouTube kamu harus memenuhi beberapa syarat minimum.

Contents

Syarat YouTube Partner Program (YPP).

Untuk mendaftar di YouTube Partner Program, saluran kamu harus memenuhi beberapa syarat.

  1. Saluran harus memenuhi kebijakan monetisasi YouTube dan tidak memiliki peringatan karena melanggar pedoman komunitas.
  2. Kamu memerlukan setidaknya 1.000 subscriber di saluranmu. Selain itu, video publik kamu harus memiliki total waktu tayang lebih dari 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir.
  3. Kamu harus menyetujui Ketentuan Layanan YPP.
  4. Kamu harus memiliki akun Google AdSense yang terhubung dengan saluran YouTube kamu.

Setelah memenuhi syarat ini, saluran akan ditinjau oleh tim YouTube. Jika lolos, kamu akan bergabung dengan YouTube Partner Program dan dapat mengatur preferensi iklan serta memulai monetisasi konten.

Catatan: Google AdSense tidak hanya memungkinkan kamu untuk memonetisasi saluran YouTube. Dalam artikel kami, kamu akan belajar cara membuat situs web sebagai sumber pendapatan pasif!

Berikut Cara Mendapat Uang Dari YouTube

Berikut Cara Mendapat Uang Dari YouTube

YouTube telah berkembang menjadi ekosistem yang lengkap untuk kreatif dalam beberapa tahun terakhir. Selain mengunggah dan membagikan video, saat ini ada banyak cara untuk terhubung dengan penggemar dan membangun bisnis di platform. Selain iklan, masih banyak cara lain untuk menghasilkan pendapatan dari saluran YouTube.

Ada berbagai cara untuk menghasilkan uang dari saluran YouTube. Setelah memberikan gambaran tentang berbagai sumber penghasilan di YouTube, kita akan melihat lebih detail pada masing-masing opsi. Mirip dengan influencer Instagram atau blogger, audiens kita dapat memberikan penghasilan yang baik. Namun, yang paling penting adalah mengkombinasikan berbagai pilihan pendapatan jika kita ingin menghasilkan uang secara profesional dengan YouTube.

Berikut ini berbagai cara menghasilkan uang dari youtube paling mudah dan tanpa modal:

1. Menjadi Mitra YouTube

Kalian perlu mendaftar di Program Mitra YouTube, yang dapat dilakukan di area Creator Studio akun YouTube Kalian. Klik pada “Kanal” di menu untuk memverifikasi akun dan mengaktifkan monetisasi.

Setelah bergabung dengan program mitra, Kalian juga memerlukan akun AdSense untuk menjadi bagian dari jaringan periklanan Google, menerima pembayaran, dan melihat laporan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Setelah semuanya selesai, Kalian akan melihat tanda “$” berwarna hijau di samping video di Video Manager, yang menandakan bahwa video telah diaktifkan untuk monetisasi. Kalian dapat mengklik simbol tersebut untuk mengedit pengaturan untuk setiap video.

Dengan cara ini, Kalian akan diberi pilihan antara beberapa jenis iklan dan dapat memutuskan apakah ingin menghasilkan uang melalui jumlah tayangan iklan atau melalui jumlah klik pada iklan di YouTube. Kalian tidak memilih iklan itu sendiri, melainkan mereka diberikan melalui lelang AdSense, Google Ad Manager, dan sumber periklanan YouTube lainnya.

Meskipun semuanya mudah, metode ini bukanlah cara yang paling menguntungkan untuk menghasilkan uang di YouTube.

Mengapa Kalian tidak boleh hanya mengandalkan iklan (AdSense) sebagai sumber pendapatan

YouTube telah dikritik karena keputusannya untuk lebih transparan dalam hal periklanan, dengan terkait pada apa yang dianggap sebagai konten “ramah pengiklan”. Banyak kreator YouTube khawatir bahwa mereka akan kehilangan pendapatan iklan karena konten yang mereka hasilkan.

Menurut YouTube, konten tertentu mungkin tidak lagi mendapatkan iklan jika melibatkan hal-hal berikut:

  • Konten seksual, yang mencakup ketelanjangan dan humor seksual
  • Kekerasan, termasuk video dan foto cedera parah serta kejadian yang berkaitan dengan ekstremisme kekerasan
  • Bahasa yang tidak pantas, termasuk bentuk pelecehan, kata-kata kasar, dan bahasa yang sangat vulgar
  • Narkoba dan obat-obatan, termasuk penjualan, penggunaan, dan penyalahgunaan zat tersebut
  • Isu kontroversial atau topik yang diperdebatkan, termasuk perang, konflik politik, bencana alam, dan tragedi, bahkan jika tidak ada gambar yang ditampilkan.

Namun, YouTube telah secara sistematis mendemonetisasi konten semacam itu dengan algoritma sejak 2012.

Para kreator YouTube telah kehilangan pendapatan iklan sejak beberapa waktu lalu, bahkan tanpa peringatan atau sepengetahuan mereka.

Oleh karena itu, situasi saat ini bahkan lebih baik, karena para kreator konten akan diberi tahu jika ada masalah. Kalian dapat mengajukan banding jika terjadi kesalahan, sehingga video dapat diaktifkan kembali.

Kekurangan besar dari iklan di YouTube adalah bahwa YouTube menyimpan sekitar 45 persen dari pendapatan iklan. Dengan kata lain, para kreator YouTube sebaiknya mempertimbangkan sumber pendapatan lain jika mereka ingin mendanai hobi mereka.

2. Menghasilkan Uang di YouTube dengan Menjual Produk

seperti kaos, mug, tas tote, ransel, dan lainnya – menawarkan banyak keuntungan selain pendapatan. Misalnya, Kalian akan mendapatkan publisitas tambahan untuk brand online Kalian di dunia offline. Selain itu, hal ini meningkatkan loyalitas penggemar, yang sekarang benar-benar berinvestasi dalam Kalian dan kehadiran online Kalian.

Baca Juga  10 Aplikasi Novel Penghasil Uang Real Membayar 100%

Roman Atwood, misalnya, menjual berbagai macam produk dengan merek Smile More di toko online-nya.

Menjual produk seperti ini jauh lebih mudah daripada yang terlihat pada awalnya. Kalian dapat memesan desain murah untuk produk tertentu seperti kaos di situs web seperti Fiverr.

Dan jika menyangkut pemrosesan pesanan dan layanan pelanggan, Kalian dapat mengintegrasikan penyedia layanan seperti DSers atau Print-on-Demand ke toko online Kalian. Mereka akan menangani pengiriman, penyimpanan, dan layanan pelanggan, dan Kalian akan menikmati keuntungan besar dari bisnis dropshipping. Selain itu, Kalian tidak akan dikenakan biaya cetak hingga Kalian benar-benar menjual sesuatu.

Alternatif lain termasuk jaringan merchandising terkenal seperti DFTBA (Do not Forget to Be Awesome). Namun, Kalian akan bersaing dengan kreator YouTube lainnya di pasar dan memiliki kontrol lebih sedikit atas produk, diskon, integrasi konten, dan semua hal lain yang dapat Kalian kontrol dengan toko online sendiri.

Kalian bahkan bisa melangkah lebih jauh dan membuat serta menjual produk Kalian sendiri. Contohnya seperti Dagi Bee, yang membangun bisnis dari karier YouTubenya dan mencakup tidak hanya agensi kreatif dan berbagai toko online, tetapi juga beberapa merek.

Karena Kalian sudah memiliki audiens sendiri, Kalian memiliki dua keuntungan awal yang hanya bisa diimpikan oleh perusahaan lain:

  • Produksi konten yang terus mengirimkan lalu lintas ke toko online Kalian.
  • Kepercayaan dari audiens yang telah Kalian miliki, karena Kalian secara rutin menyediakan konten berkualitas secara gratis.

3. Mendanai Proyek Selanjutnya Melalui Crowdfunding

Jika uang adalah satu-satunya hal yang menghalangi ide Kalian dan implementasinya, crowdfunding bisa menjadi cara yang baik untuk mewujudkan ide tersebut.

Apakah Kalian membutuhkan uang untuk membeli peralatan, mengontrak aktor, atau menutup biaya lainnya, Kalian dapat melibatkan audiens Kalian dan komunitas crowdfunding dalam pendanaan jika ide tersebut cukup baik.

Banyak proyek crowdfunding yang sukses dimulai dengan video trailer yang bagus. Buatlah satu yang menjelaskan proyek Kalian dan memberikan petunjuk tentang bagaimana produk akhir akan terlihat. Contoh yang baik adalah kampanye Kickstarter untuk Kung Fury, sebuah film pendek sebagai penghormatan kepada film aksi tahun 80-an. Situs crowdfunding populer di mana kampanye sukses dari kreator YouTube telah berlangsung, meliputi:

Kickstarter: Salah satu situs crowdfunding paling terkenal, ideal untuk mendanai produk keren dan proyek kreatif. Pastikan target pendanaan Kalian realistis, karena Kalian hanya akan menerima uang jika target tercapai.

Indiegogo: Alternatif Kickstarter yang menawarkan opsi pendanaan yang lebih fleksibel.

4. Memanfaatkan Fitur Fanfunding

Sebagai kreator YouTube, Kalian menjadi bagian dari internet tanpa meminta audiens untuk membayar. Jadi, jika konten Kalian bagus, audiens mungkin bersedia untuk mendukung Kalian secara berkelanjutan.

Banyak platform fanfunding menawarkan tempat tambahan di mana orang yang tertarik dapat menemukan proyek Kalian dan memberi Kalian kesempatan untuk berterima kasih kepada para pendukung terbesar Kalian. Beberapa opsi fanfunding yang populer meliputi:

  • Fan Funding YouTube: Fitur ini di YouTube memungkinkan Kalian untuk menampilkan “toples tip” di mana penonton dapat memberikan tips kapan saja. Kalian hanya perlu mengatur akun YouTube Kalian untuk iklan seperti yang dijelaskan di atas.
  • Keanggotaan Saluran YouTube: Dengan fitur ini, Kalian dapat menyediakan konten khusus untuk anggota yang mendukung Kalian setiap bulan dengan jumlah kecil. Kalian dapat membuat berbagai tingkat keanggotaan dengan jumlah yang berbeda dan juga harus terdaftar dalam program partner untuk menghasilkan uang dengan cara ini di YouTube.
  • Patreon: Platform yang memudahkan para kreator untuk dibayar. Penggemar dapat mendukung kreator favorit mereka setiap bulan, mulai dari satu dolar per bulan.
  • Tipeee: Memungkinkan Kalian mengumpulkan kombinasi donasi sekali pakai dan berulang.

5. Jual Hak Penggunaan Konten Kalian ke Perusahaan Media

Jika Kalian secara kebetulan membuat video viral yang populer – misalnya, klip lucu bersama anjing Kalian – Kalian dapat memberi lisensi konten tersebut dengan biaya. Berita televisi, acara pagi, situs berita online, dan lainnya mungkin akan menanyakan hak video Kalian jika video tersebut menjadi sangat populer.

Namun, Kalian juga dapat menawarkan video Kalian di pasar seperti Jukin Media, di mana konten Kalian dapat ditemukan dan dibeli oleh orang yang tepat.

6. Bekerja sama sebagai Influencer atau Afiliasi

Menghasilkan uang di YouTube paling baik dilakukan dengan mitra yang kuat. Merek semakin banyak berinvestasi dalam pemasaran influencer dan menggunakan sebagian besar anggaran iklan mereka untuk influencer yang sudah memiliki audiens setia. Bagi kreator seperti Kalian, ini berarti kesempatan besar untuk bernegosiasi tentang kerja sama yang baik.

Brendan Gahan, pakar pemasaran YouTube dan influencer, menyarankan agar Kalian melihat jumlah penonton rata-rata video Kalian dan mengalikannya dengan 5 hingga 15 sen. (Ini kira-kira sesuai dengan apa yang perusahaan bayar untuk hal semacam ini melalui YouTube.)

Jika Kalian memiliki posisi yang sangat baik, tergantung pada audiens Kalian, kualitas konten, dan profitabilitas niche, Kalian bahkan dapat bernegosiasi untuk penawaran yang lebih baik jika merek cocok.

Untuk memberi Kalian gambaran lebih lanjut tentang apa yang harus Kalian kenakan: influencer tingkat menengah mengenakan biaya merek rata-rata antara $200 hingga $500 per posting. Dalam studi yang sama, 69% YouTuber yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak percaya bahwa bekerja sama dengan merek akan mempengaruhi keaslian mereka.

Kunci untuk kemitraan yang baik dan posting bersponsor adalah transparansi. Jangan merekomendasikan apa pun yang tidak Kalian sukai, dan jelaskan kepada audiens Kalian mengapa Kalian melakukan sesuatu.

Berikut adalah beberapa pasar influencer di mana Kalian dapat menemukan merek dan sponsor produk besar dan kecil:

  • Grapevine Logic: Salah satu pasar paling populer, Kalian hanya memerlukan 1.000 pengikut untuk bergabung.
  • Famebit: Banyak merek di sini dan mungkin Kalian akan menemukan sponsor produk yang ingin Kalian kerjasamakan. Kalian memerlukan 5.000 pengikut untuk bergabung.
  • Channel Pages: Bekerja sama dengan YouTuber dan merek lainnya.
  • Crowdtap: Buat pekerjaan konten yang lebih kecil dalam pertukaran untuk uang dan hadiah lainnya. Tidak masalah berapa banyak pengikut yang Kalian miliki.

Di beberapa pasar, Kalian bisa mendapatkan produk gratis, sementara di pasar lainnya, merek besar mungkin bersedia membayar lebih. Manfaatkan peluang yang paling sesuai dengan kebutuhan Kalian, tetapi pastikan Kalian hadir di banyak tempat agar sponsor produk dapat menemukan Kalian.

Sebagai alternatif, Kalian juga bisa menjadi afiliasi untuk merek, yang berarti Kalian akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan melalui saluran Kalian. Ini bekerja sangat baik, terutama jika Kalian mereview produk di saluran YouTube Kalian. Karena tidak ada risiko bagi merek (mereka hanya membayar jika ada penjualan), biasanya tidak ada batasan untuk bergabung.

7. Mendapat Uang Dari Dana YouTube Shorts

Para YouTuber yang membuat Shorts kreatif (video pendek dengan durasi maksimal 60 detik) memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembayaran dari Dana YouTube Shorts. Ini adalah dana sebesar 100 juta dolar yang tersedia sejak 2021. Setiap bulan, YouTube menghubungi YouTuber yang memenuhi syarat, yang berdasarkan jumlah penonton dan keterlibatan Shorts mereka, dapat mengajukan pembayaran antara $100 hingga $10.000 dari dana tersebut. Menurut pengumuman terbaru pada April 2022, YouTube akan memperluas program ini dan memberikan akses kepada lebih banyak YouTuber.

Baca Juga  Trik Ampuh: Cara Mengubah Ukuran Layar Autocad dengan Mouse

8. Mendapat Uang Dari Iklan YouTube

Iklan klasik masih menjadi sumber pendapatan terbesar bagi YouTuber dan merupakan cara penting untuk menghasilkan uang dengan YouTube. Fitur monetisasi ini akan tetap menjadi peran terbesar bagi YouTuber di masa depan.

9. Mendapat Uang Dari YouTube Premium

Dengan berlangganan YouTube Premium berbayar, anggota dapat menikmati konten bebas iklan, mengaktifkan pemutaran latar belakang, mengunduh, serta akses premium ke aplikasi YouTube Music. Sebagian besar pendapatan dari program ini akan diteruskan kepada para mitra YouTube.

10. Mendapat Uang Dari Langganan channel

YouTuber juga dapat menyertakan penawaran berbayar di saluran mereka. Dengan Keanggotaan Saluran, penggemar kamu akan mendapatkan akses eksklusif ke konten dengan membayar biaya bulanan yang ditentukan oleh kalian sendiri.

11. Mendapat Uang Dari Super Chat

Penggemar kamu dapat membeli Super Chat selama siaran langsung atau premier. Hal ini memungkinkan penonton untuk menulis pesan yang disorot dan mendukung YouTuber secara langsung.

12. Mendapat Uang Dari Super Sticker

Mirip dengan Super Chat, penonton dapat mengirim Super Sticker selama siaran langsung. Ini adalah stiker animasi yang menonjol dalam percakapan dan ditampilkan untuk sementara waktu.

13. Mendapat Uang Dari Super Thanks

Berbeda dari Super Chat dan Super Sticker, Super Thanks dapat diberikan di semua video, bukan hanya siaran langsung. Super Thanks ini adalah komentar yang disorot di bawah video kamu, yang penonton dapat membayar sejumlah uang tertentu.

Seperti yang kamu lihat, tidak hanya konten berkualitas yang menjadi penentu untuk menghasilkan uang dengan YouTube. Hubungan yang baik dengan komunitas juga sangat berharga.

14. Mendapat Uang Dari Merchandise

YouTube memberikan kemampuan untuk menjual barang dagangan sendiri. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, barang yang kamu jual akan ditampilkan di bawah video kamu. Penjualan barang melalui saluran YouTube bisa menjadi cara yang menarik untuk memperkuat merek kamu di dunia offline dan membangun komunitas.

15. Mendapat Uang Dari Tiketing / Penjualan Tiket

Bagi musisi, fitur tiket menawarkan kesempatan lain untuk menghasilkan pendapatan. Melalui fitur ini, penggemar musik dapat langsung diberitahu tentang konser mendatang melalui YouTube dan diarahkan ke halaman pemesanan tiket hanya dengan satu klik. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk penonton di wilayah berbahasa Inggris (misalnya, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dll.). Jadi, sebagai musisi, kamu harus sudah memiliki basis penggemar internasional untuk meningkatkan penjualan tiketmu.

16. Mendapat Uang Dari YouTube BrandConnect

Dengan penawaran monetisasi YouTube BrandConnect, YouTuber dan perusahaan dapat terhubung secara langsung. Melalui kampanye merek bersama dan integrasi konten iklan yang berhubungan dengan merek, kamu dapat menghasilkan pendapatan dari videomu.

Baca Juga: 7 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok, Cocok Untuk Pemula! Dijamin Cuan!

Tips untuk Menghasilkan Uang di YouTube

Peluang untuk menghasilkan uang dengan saluran YouTube Kalian sangat beragam. Namun, membangun saluran YouTube sendiri dan menghasilkan pendapatan membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Agar video Kalian sukses, kami telah menyusun 5 tips untuk Kalian. Dengan tips ini, Kalian siap untuk memulai bisnis online di YouTube!

1. Content is King – Buat Konten yang Relevan

Kunci keberhasilan saluran YouTube adalah konten video Kalian. Hanya dengan membuat video relevan yang memberikan nilai tambah bagi penonton, Kalian akan dapat membangun basis penggemar dalam jangka panjang. Pengguna di platform ini selalu mencari video yang bermanfaat bagi mereka. Manfaat ini bervariasi antara penonton dan berkisar dari penyampaian pengetahuan, ulasan produk, hingga hiburan murni.

Tips: YouTube Analytics memberikan Kalian kemampuan untuk lebih memahami target audiens Kalian dan menganalisis konten apa yang mereka inginkan.

Apakah Kalian memilih untuk fokus pada niche atau menawarkan berbagai macam video tergantung pada Kalian. Yang penting adalah tetap konsisten. Ini membawa kita ke tips berikutnya.

2. Consistency is Queen – Posting Secara Teratur

Satu video bagus saja biasanya tidak cukup untuk mengikat audiens Kalian. Untuk tetap ada di benak orang dan mendorong mereka kembali, Kalian harus secara teratur mengunggah konten terbaru. Dengan cara ini, Kalian tidak hanya membangun komunitas Kalian secara konsisten, tetapi juga menjaga agar tetap menarik bagi penggemar Kalian.

Komunitas saat ini sangat penting. YouTuber sukses memiliki komunitas besar yang mendukung mereka dan orang-orang yang mengikuti mereka. Dengan video yang teratur, saluran Kalian akan tetap menarik dan relevan bagi penggemar.

3. Panjang Video Minimal 10 Menit

Tidak ada aturan pasti untuk durasi video yang optimal. Namun, cobalah untuk membuat video Kalian lebih dari 10 menit. Video YouTube yang berdurasi lebih dari 10 menit memiliki waktu tayang yang lebih tinggi. Dengan ini, Kalian meningkatkan peluang menghasilkan pendapatan iklan. Selain itu, video dengan waktu tayang rata-rata yang lebih tinggi akan ditampilkan lebih tinggi dalam hasil pencarian. Ini berarti bahwa pengguna lebih mungkin untuk melihat konten Kalian.

4. Berkolaborasi dengan YouTuber Lain

Opsi lain untuk meningkatkan jangkauan dan menghasilkan lebih banyak uang dengan YouTube adalah dengan berkolaborasi dengan YouTuber lain. Keuntungan kolaborasi adalah bahwa kedua belah pihak biasanya memiliki basis penggemar yang berbeda. Melalui kerja sama, penggemar dari partner Kalian akan menemukan Kalian, dan Kalian dapat memperkenalkan konten Kalian kepada audiens baru.

5. Deskripsi Video yang Tepat

Dengan deskripsi video yang optimal, Kalian akan mendorong orang untuk menemukan video Kalian dan menarik minat mereka untuk menonton. Sertakan semua hal yang relevan yang diharapkan oleh penonton Kalian. Selain itu, Kalian dapat menyoroti nilai tambah bagi pengguna. Gunakan bahasa yang sesuai dengan target audiens dan yang dapat diidentifikasi oleh penggemar Kalian.

Baca Juga: 11 Cara Mendapatkan Uang Dari Telegram Terbaru 2023

Cara Memonetisasi Channel YouTube Menjadi Uang

Jika kamu telah berhasil menciptakan relevansi tinggi di platform ini, kamu dapat menggunakan jangkauan yang telah kamu capai untuk meningkatkan pendapatan. Langkah pertama, tentu saja, adalah dengan menampilkan iklan sebelum, selama, dan/atau setelah video kamu. Semakin besar jangkauan kamu, semakin sering video kamu ditonton, dan semakin banyak uang yang dapat kamu hasilkan.

Namun, kamu tidak harus selalu menampilkan iklan untuk menghasilkan uang dengan saluran YouTube. Perusahaan bersedia membayar untuk penempatan produk di videomu jika kamu memiliki jangkauan yang tinggi. Penempatan produk dapat disajikan dalam berbagai cara di video kamu. Kamu bisa menguji produk di depan kamera, membahasnya secara langsung, atau membuat vlog di mana kamu melaporkan tentang acara yang disponsori atau hal serupa.

Baca Juga  14 Aplikasi Penghasil Uang Termudah yang Bisa Bayar Per Hari

Tautan afiliasi menawarkan kesempatan untuk menghasilkan uang melalui komisi. Kamu bisa menautkan peralatan yang digunakan atau diperkenalkan dalam deskripsi video dan melalui program afiliasi seperti Amazon PartnerNet, kamu bisa mempertahankan hingga 10 persen dari pendapatan setiap pembelian sebagai komisi.

Bagi mereka yang telah berhasil membangun jangkauan yang sangat besar, kesepakatan iklan menjadi cara menghasilkan uang yang menguntungkan. YouTuber yang sangat sukses dapat menghasilkan uang dengan kontrak iklan untuk media cetak dan televisi.

Baca Juga: 10 Game Penghasil Uang Tercepat Langsung Ke Dana 2023

FAQ

Apakah saya dibayar untuk mengunggah video di YouTube?

Content Creator tidak dibayar oleh YouTube untuk video yang diunggah. Secara default, video juga tidak dimonetisasi. Untuk mulai menghasilkan uang di YouTube, kamu harus mengaktifkan monetisasi di pengaturan akun YouTube. Dari sana, kamu memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Program Partner YouTube atau memasukkan videomu ke YouTube Premium.

Apakah saya menghasilkan uang di YouTube per subscriber ?

Sebagai YouTuber, jumlah subscriber hanya mempengaruhi penghasilan kamu di YouTube secara tidak langsung. Dengan lebih banyak vidio, tentu saja jumlah penonton reguler kamu akan meningkat, tetapi langganan tidak secara otomatis berarti pendapatan. Sebaliknya, membangun komunitas membantu meningkatkan relevansi kamu di platform. Jumlah vidio sangat menarik bagi pengiklan. Bagi perusahaan, jangkauan yang luas penting untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Peluang untuk mendapatkan kesepakatan iklan dengan perusahaan meningkat seiring dengan jumlah vidio. Memang ada kemungkinan membuat keanggotaan saluran berbayar dan menghasilkan uang langsung dari subscriber . Namun, tidak disarankan untuk menyembunyikan semua konten kamu di balik pembayaran. Hanya dengan konten gratis yang berkualitas, kamu menunjukkan kepada penonton apa nilai tambah yang dapat mereka harapkan dari keanggotaan berbayar.

Apakah saya mendapatkan uang di YouTube untuk Likes?

Kamu tidak bisa secara langsung menghasilkan uang di YouTube dengan Likes. Namun, melalui Likes, kamu dapat menilai jenis video mana yang sangat populer dan mana yang kurang diminati. Berdasarkan hal tersebut, kamu bisa memutuskan untuk fokus pada jenis konten tertentu. Semakin banyak Likes yang dimiliki suatu video, semakin tinggi peringkatnya dalam pencarian YouTube, dan semakin banyak orang yang akan melihat video dan mengetahui tentang kamu. Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan jangkauan secara aktif dan secara tidak langsung mendapatkan keuntungan dari sumber pendapatan lain, seperti penempatan produk.

Apakah saya bisa menghasilkan uang dengan Views dan Klik di YouTube?

Setelah mendaftar untuk Program Partner YouTube, Views dan Klik adalah dua metrik yang paling menarik perhatian kamu. Baik melalui Views maupun Klik, kamu dapat menghasilkan pendapatan dengan menampilkan iklan di videomu. Iklan ini, misalnya, dipilih dari lelang iklan AdSense atau Google Ad Manager. Dengan cara ini, kamu meletakkan dasar untuk menghasilkan uang dengan YouTube.

Berbagai format iklan tersedia. Kebanyakan jenis iklan didasarkan pada prinsip biaya per seribu (Cost-per-Mille). Dalam hal ini, harga per 1.000 tayangan iklan dan penempatan iklan ditentukan. Penagihan dilakukan berdasarkan tayangan iklan. Artinya, semakin banyak pengguna yang menonton video kamu, semakin banyak uang yang dapat kamu hasilkan. Metrik penting dalam proses ini adalah Views pada video kamu.

Masalah dengan prinsip ini adalah penggunaan Ad-Blocker yang kini semakin sering digunakan di YouTube. Begitu iklan diblokir, pendapatan kamu bisa lebih rendah meskipun memiliki banyak Views.

Pengiklan juga dapat memilih untuk menghitung biaya per klik. Untuk ini, metode Cost-per-Click digunakan. Untuk menghasilkan pendapatan dari Klik, kamu perlu memilih jenis iklan seperti “Overlay Ads”.

Berapa banyak uang yang dapat saya peroleh dari YouTube?

Pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang pasti. Mengingat penghasilan bergantung pada berbagai faktor dan berasal dari berbagai sumber, tidak ada yang dapat mengatakan hal tersebut dengan pasti. Sebagai perkiraan kasar untuk pendapatan iklan, perolehan berkisar antara 16 ribu hingga 32 ribu per 1.000 tayangan. Jadi, dengan 10.000 tayangan video, kamu akan mendapatkan sekitar 164 ribu per video. Selain itu, YouTuber yang sukses tentu memiliki kesepakatan individu untuk penempatan produk, tautan afiliasi, atau donasi komunitas. Intinya: menghasilkan uang di YouTube bukanlah hal yang mudah dan memerlukan banyak ketekunan!

Berapa banyak tayangan yang dibutuhkan di YouTube untuk menghasilkan uang?

Agar kamu dapat menghasilkan uang dengan tayangan di YouTube, kamu harus menjadi bagian dari YouTube Partner Program. Setelah diterima, kamu dapat menampilkan iklan di video kamu. Oleh karena itu, sulit untuk menentukan angka pasti jumlah tayangan yang diperlukan. Namun, kamu dapat mengharapkan bahwa kamu memerlukan banyak tayangan untuk menghasilkan uang melalui pendapatan iklan saja. Semakin banyak tayangan yang kamu dapatkan, semakin relevan kamu bagi pengiklan lain.

Berapa penghasilan dengan 1 juta tayangan?

Sulit untuk memprediksi pendapatan secara akurat, karena pendapatan akan terdiri dari berbagai cara. Tidak ada pernyataan resmi dari platform mengenai pendapatan per tayangan. Kebanyakan YouTuber melaporkan pendapatan antara 16 ribu hingga 32 ribu per 1.000 tayangan video. Jadi, dengan satu juta tayangan, itu berkisar antara 16 juta hingga 32 juta. Namun, itu hanya pendapatan iklan. Dalam jumlah tayangan sebesar itu, kemungkinan juga ada penempatan produk, tautan afiliasi, atau donasi komunitas. Dengan kesepakatan yang tepat, penghasilan hingga puluhan juta dimungkinkan. Kami akan menunjukkan kepada kamu sumber pendapatan lain yang dapat kamu manfaatkan sepanjang artikel ini.

Berapa penghasilan dengan 100k subscriber di YouTube?

Jumlah subscriber bukanlah ukuran yang dapat diandalkan untuk memprediksi pendapatan. Yang lebih penting adalah jumlah tayangan video dan kemitraan yang terjalin dengan jangkauan seperti itu.

Baca Juga: 15 Cara Mendapat Uang Online Dari Internet Secara Mudah

Apakah saya dapat menghasilkan uang sebagai influencer di YouTube?

Tentu saja, kamu bisa menghasilkan uang sebagai influencer di YouTube. Peluang yang kami jelaskan di awal juga berlaku, terutama untuk influencer. Jika kamu menemukan topik yang ingin kamu bahas dengan penuh semangat, format video YouTube sangat cocok. Dengan storytelling yang menarik dan konten berkualitas, kamu dapat terus memperluas audiens kamu.

Saat kamu telah berhasil membangun jangkauan, kamu bisa mulai mencari merek yang ingin bekerja sama dengan kamu. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk mulai menghasilkan uang sebagai influencer di YouTube:

  1. Ciptakan konten berkualitas: Pastikan konten yang kamu buat menarik, informatif, dan memiliki nilai tambah bagi penonton. Konten yang baik akan membantu kamu menarik lebih banyak penonton dan meningkatkan kesempatan untuk menghasilkan uang.
  2. Kembangkan basis subscriber: Fokus pada pertumbuhan subscriber dengan mengajak penonton untuk berlangganan, berkomunikasi dengan mereka melalui komentar, dan mempromosikan saluran kamu di platform media sosial lainnya.
  3. Jalin hubungan dengan merek: Mulailah mencari merek yang sejalan dengan niche dan nilai-nilai saluran kamu. Tawarkan mereka kesempatan untuk berkolaborasi, seperti melalui sponsor, penempatan produk, atau konten bersama.
  4. Manfaatkan tautan afiliasi: Sertakan tautan afiliasi dalam deskripsi video kamu untuk produk yang kamu gunakan atau rekomendasikan. Setiap kali penonton membeli produk melalui tautan ini, kamu akan mendapatkan komisi.
  5. Jual merchandise: Jika kamu memiliki basis penggemar yang setia, pertimbangkan untuk menjual merchandise eksklusif, seperti kaos, topi, atau barang lain yang mencerminkan merek dan kepribadian saluran kamu.
  6. Buat konten berbayar atau layanan khusus: Pertimbangkan untuk menawarkan konten eksklusif, seperti webinar, kursus online, atau konsultasi pribadi kepada penggemar yang bersedia membayar.
  7. Terima donasi: Beberapa influencer menerima donasi dari penggemar melalui platform seperti Patreon atau Ko-fi. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan tambahan, terutama jika kamu memiliki basis penggemar yang setia dan antusias.

Ingat, menghasilkan uang sebagai influencer di YouTube memerlukan waktu, dedikasi, dan usaha. Tetapi dengan strategi yang tepat dan fokus pada konten yang menarik, kamu bisa mulai menghasilkan pendapatan dari saluran YouTube kamu.

Bagaimana Menghasilkan Uang dengan Menonton YouTube?

Tips dan cara menghasilkan uang dengan YouTube yang telah disebutkan sebelumnya berkaitan dengan para kreator konten dan monetisasi saluran mereka. Namun, juga ada kemungkinan untuk menghasilkan uang dengan menonton video.

Ada berbagai portal seperti Fanslave yang memungkinkan Kalian menghasilkan uang dengan menonton video. Namun, perlu dicatat bahwa platform semacam itu baru-baru ini menjadi kontroversial. Semakin banyak pengguna melaporkan bahwa uang tidak dibayarkan atau ada masalah lain dengan penagihan.

Jika Kalian masih tertarik untuk menghasilkan uang dengan cara ini, Kalian dapat menemukan semua informasi di situs penyedia.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang 25 Juta Dalam Sehari! Terbukti Cuan!

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status