Home » Pendidikan » Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Bahasa Arab dan Artinya

Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Bahasa Arab dan Artinya

Iuwashplus.or.id | Bulan Ramadhan adalah bulan paling berkah dalam setahun. Bagi agama Islam, bulan ini adalah bulan yang paling suci. Setiap tahun, 30 hari yang penuh berkah ini dinantikan dengan antusiasme besar. Bahkan sebelum bulan ini tiba, kehadirannya sudah terasa. Menunggu waktu adzan magrib, antrean roti, persiapan kue yang dibuat berjam-jam sebelumnya, dan hari-hari yang penuh kesabaran. Saat waktu berbuka tiba, yang dirayakan setelah berpuasa sepanjang hari, merupakan momen yang paling spesial dan penuh antusiasme. Sebelum menikmati hidangan lezat yang sudah disiapkan, kita membuka doa dan bersama-sama mengangkat tangan ke langit.

Kini, bulan Ramadhan yang penuh kegembiraan kembali mendekat. Kita sudah mulai merasakan sedikit kegembiraan dalam persiapan menu buka dan sahur, serta terutama menanti roti khas yang hanya dibuat di bulan Ramadhan di beberapa kota. Di meja makan yang penuh berkah dan kegembiraan ini, ada satu hal yang sangat penting: doa buka puasa.

Buka puasa terjadi ketika matahari terbenam dan puasa yang dijalankan sesuai dengan ajaran agama Islam dapat dibuka. Waktu buka puasa adalah saat yang sangat berharga ketika makanan Ramadhan mengumpulkan orang-orang untuk berdoa bersama. Dengan tulisan ini, yang berkaitan dengan doa makanan berbuka puasa yang membuat meja makan Ramadhan menjadi lebih berkah dan lezat, semoga bulan Ramadhan kali ini akan memenuhi hati kita dengan kedamaian. Semoga puasa kita dan doa-doa kita diterima.

Bagaimana Cara Berdoa Saat Berbuka Puasa Ramadhan?

Bagaimana Cara Berdoa Saat Berbuka Puasa Ramadhan

Apa itu doa berbuka puasa? Bagaimana cara melakukannya? Kami akan berbagi informasi sebagai panduan bagi kalian yang ingin berdoa sebelum azan berkumandang di meja berbuka puasa, baik untuk keluarga kalian maupun umat Islam lainnya.

Setelah doa berbuka puasa dibacakan dalam bahasa Arab, lebih mudah memahami makna doa berbuka puasa jika artinya juga dibaca dan dipahami. Untuk kemudahan pemahaman, kami akan membagikan doa berbuka puasa dalam bahasa Arab aslinya, serta terjemahannya dalam bahasa Turki. Selain itu, kami juga akan membagikan doa berbuka puasa dari Nabi Muhammad beserta artinya.

Pada meja makan berbuka puasa yang ramai, biasanya makanan menjadi lebih berarti dengan kata-kata yang diucapkan oleh para tetua keluarga. Meskipun berdoa saat berbuka puasa dianggap sebagai ibadah khusus di bulan Ramadhan, namun doa ini tetap dapat dilakukan saat kita berpuasa di hari-hari lain selama setahun. Tentu saja, isi dari doa saat berbuka puasa di bulan Ramadhan mungkin berbeda dengan doa di hari-hari lainnya.

Doa syukur sebelum dan sesudah berbuka puasa yang telah ada sejak zaman nenek moyang, memberikan kenyamanan batin dan membuat hari-hari Ramadhan menjadi lebih bermakna.

Ketika kalian berkumpul di meja makan dengan keluarga dan orang-orang terkasih sambil menunggu azan magrib, kalian dapat berdoa sebelum berbuka puasa. Kami telah menyiapkan doa dalam bahasa Arab dan Turki untuk kalian, yang dapat kalian bacakan di meja makan berbuka puasa untuk mendapatkan pahala dari puasa kalian.

Baca Juga  Bacaan Sholawat Jibril, Arti, Keutamaan dan Asal Usulnya Lengkap

Mendoakan saat berbuka puasa adalah sunnah. Namun, teks doa berbuka puasa tidak terikat pada satu bahasa dan harus mengandung kata-kata yang indah serta mengandung doa untuk kebaikan bersama dan rasa syukur.

Siapa pun dapat mengungkapkan doa, rasa syukur, dan terima kasih sesuai dengan keinginan mereka. Doa yang diucapkan di meja makan Ramadhan disebut sebagai doa berbuka puasa. Yang penting adalah kita berdoa dengan tulus dari hati…

Berdoa saat berbuka puasa sangat penting dalam agama Islam. Tempat doa berbuka puasa juga sangat berharga. Lebih baik memahami doa berbuka puasa melalui hadis-hadis yang menjelaskannya. Nabi Muhammad (s.a.v.) pernah menyatakan bahwa doa saat berbuka puasa tidak pernah ditolak. “Doa tiga orang tidak akan ditolak,” yaitu doa orang yang sedang berpuasa saat berbuka puasa, doa penguasa yang adil, dan doa orang yang dizalimi. Allah mempersembahkan doa ini ke langit, membuka pintu-pintu surga, dan menyatakan, “Demi keagungan-Ku, aku akan membantu kamu

Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan dalam Bahasa Arab

Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan dalam Bahasa Arab

Azan telah berkumandang dan seluruh keluarga telah berkumpul di meja berbuka puasa. Aroma harum makanan yang hangat tercium di meja. Gelas-gelas telah diisi dengan air. Saatnya bersyukur atas makanan yang disediakan. Tapi, dengan doa apa kita membuka berbuka puasa?

Untuk doa buka puasa ramadhan sendiri ada 2 macam yang dapat kita gunankan yakni:

1. Doa Buka Puasa Dzahaba Dzoma’u

Bacaan doa berbuka puasa ramadhan Dzahaba Dzoma’u adalah sebagai berikut:


ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dalam Lafadz Latin: “Dzahabadzoma’u wabtalatil ‘uruqu wa-tsabatal ajru insyaAllah.”

Artinya: “Hilanglah dahaga, basahlah tenggorokan-tenggorokan, dan telah ada pahala, insyaAllah.”

Doa buka puasa Dzahaba Dzoma’u juga di perkuat dengan adanya hadits shahih yang berbunyi:

Dari Ibnu Umar RadhiAllhuanhu’anhuma, mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: «ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ

Artinya: “Rasululloh SAW, apabila beliau berbuka, beliau membaca : Dzahaba-zhama’u, wabtalatil ‘uruuqu. (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musanand 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).”

2. Doa Buka Puasa Ramadhan Umum

Doa buka puasa Ramadhan umum yang sering digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Sebagai umat yang menjalankan ibadah puasa, sudah seharusnya kita mengetahui doa yang baik dan benar ketika berbuka puasa. Dalam Islam, doa buka puasa sangat penting dan dianjurkan untuk dilakukan karena memberikan manfaat dan barakah dalam makanan yang kita konsumsi.

Doa buka puasa dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ, وَبِكَ آمَنْتُ, وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ, بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Tulisan latin doa buka puasa tersebut adalah:

“Allahumma laka shumtu wabika amantu wa’ala rizqika afthortu birohmatika yaa arhamarrahimiin.”

Arti doa buka puasa tersebut adalah:

“Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, dan dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah diri, dan atas rezeki-Mu aku berbuka puasa, dengan rahmat-Mu ya Allah Tuhan Mahapengasih.”

Beberapa dalil yang membahas mengenai doa buka puasa Ramadhan antara lain:

Hadits dari Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, “Apabila salah seorang di antara kamu berbuka puasa, hendaklah ia berbuka dengan kurma, karena kurma itu memberi berkah. Jika tidak ada kurma, hendaklah berbuka dengan air, karena air itu mensucikan.”

Baca Juga  Hukum Idghom Mutamatsilain, Mutaqaribain dan Mutajanisain

Hadits riwayat Tirmidzi, “Tiga doa yang tidak tertolak, yaitu doa orang yang berpuasa, doa orang yang teraniaya, dan doa orang yang bepergian.”

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan Dan Waktu Untuk Berniat yang Tepat

Doa Buka Puasa Ramadhan dalam Bahasa Indonesia

Doa Buka Puasa Ramadhan dalam Bahasa Indonesia

Ya Allah yang maha pengampun, ampunilah dosa-dosaku ya Allah! Aku berpuasa karena rida-Mu, aku beriman pada-Mu, aku bertawakkal pada-Mu dan aku berbuka dengan karunia-Mu. Besok aku berniat berpuasa di hari Ramadhan. Ampuni dosa-dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Segala puji hanya bagi Allah yang telah memberikan kekuatan padaku untuk berpuasa dan memberi rizki untuk berbuka.”

Terlihat bahwa doa buka puasa mengandung perasaan syukur, terima kasih, dan memohon ampun. Doa ini dapat dibaca sebelum atau setelah berbuka puasa.

Doa buka puasa dapat singkat atau panjang tergantung pada keinginan. Doa buka puasa yang sering dibaca di bulan Ramadhan termasuk doa yang panjang. Berikut ini doa tersebut:

“Ya Allah, bantulah aku untuk berpuasa dan beribadah pada hari ini; jauhkan aku dari dosa dan kesalahan pada hari ini; berikanlah aku kesempatan untuk senantiasa mengingat-Mu pada hari ini; tunjukkan jalan yang benar padaku dengan petunjuk-Mu, ya Allah!”

“Ya Allah, bantulah aku untuk menuruti para hamba-Mu yang tunduk pada-Mu dengan hati yang bersih; perluaslah dadaku ketika aku bertobat seperti orang yang merendah; dalam rahmat-Mu, ya Tuhan para orang yang takut pada-Mu, tunjukkan aku jalan untuk mendapatkan kepuasan-Mu; jangan berikan aku kesempatan untuk mendekati setan pada hari ini; berikan aku tempat yang nyaman untuk tinggal, ya Tuhan pencukup kebutuhan orang yang meminta!”

Doa buka puasa memiliki nilai spiritual yang sangat tinggi, dapat memberikan berkah pada hidangan saat makan. Ketika orang-orang berkumpul di meja makan yang sama, doa ini dapat meningkatkan nilai puasa mereka secara berkali-kali lipat. Selain itu, doa ini dapat menginspirasi persatuan dan kesatuan di meja makan. Sebelum makan, doa buka puasa dibaca dengan mengangkat kedua tangan ke langit sebagai tanda rasa syukur, menjadi bagian dari hidangan di bulan Ramadhan.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Singkat dan Bermakna

Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Singkat dan Bermakna

Puasa bukan hanya tindakan kelaparan semata. Ini adalah tugas spiritual yang mewakili kesabaran dan menunggu.
Ini tentang mengontrol diri sendiri, mencegah kata-kata kasar dan niat buruk. Orang yang berpuasa memperhatikan perilaku dan kata-kata yang keluar dari mulutnya. Setelah masa puasa berakhir, mereka hadir di meja berbuka puasa untuk memulai doa.

Dalam upaya untuk membuka puasa dengan makna, doa-doa dibaca setelah menunggu dengan sabar.
Doa berbuka puasa dalam bahasa Turki menjadi kalimat-kalimat paling istimewa di meja paling berkah. Doa ini dapat diucapkan oleh semua usia dan merupakan salah satu cara yang sangat berharga untuk menyelesaikan puasa yang dijalankan.

Doa buka puasa yang mudah membantu membiasakan anak-anak untuk berdoa. Doa yang singkat juga cocok bagi orang tua yang kesulitan mengingat doa yang panjang.

Doa buka puasa ramadhan yang singkat dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اِنِّى لَكَ صُمْتُ وَبِكَ امنْتُ [وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ] وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ

Tulisan latin doa buka puasa singkat tersebut adalah:

“Allahumma inni laka sumtu wa bika amantu [wa ‘alaika tawakkaltu] wa ‘ala rizqika aftartu.”

Arti doa buka puasa singkat tersebut adalah:

“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, [kepada-Mu aku berserah diri] dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa.”

“Ya Allah, aku berpuasa untukMu. Aku percaya dan bergantung sepenuhnya padaMu. Aku membuka puasa dengan nikmat rizki yang Engkau berikan. Terima kasih atas semua nikmat, kesehatan, dan perlindungan-Mu yang luar biasa. Ya Allah, jaga keluarga, pelindung orang yang beriman. Berikan kesatuan dan persatuan kepada bangsaku. Amin.”

Doa buka puasa yang dibaca oleh Nabi kita menyoroti pahala yang didapat dari lapar dan kenyang yang dialami saat berpuasa. Doa singkat lainnya dibacakan setelah berbuka puasa. Makanan dinikmati dan sebelum semua orang beranjak dari meja, semua anggota keluarga berkumpul dan mengucapkan doa ini:

Baca Juga  Doa Nabi Yunus Arab, Latin, Arti & Hikmah Ditelan Ikan Paus

“Ya Allah, selamatkan aku dari bulan Ramadhan dan selamatkan bulan Ramadhan dariku. Terima kasih atas semua yang Engkau berikan dan terima kasih atas semua yang diterima dariku.”

Faq

Kenapa doa berbuka puasa berubah?

Alasan perubahan doa berbuka puasa bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya, mungkin karena kita ingin menciptakan suasana yang lebih inklusif dan menyambut bagi semua orang yang ikut serta dalam acara berbuka puasa. Dengan menggabungkan kata-kata baru yang ‘cool’ dan bervariasi, kita bisa menciptakan doa yang lebih relevan dan menarik bagi generasi saat ini.

Selain itu, perubahan doa mungkin juga terjadi karena pengaruh budaya dan kebiasaan lokal yang berbeda. Kita tahu bahwa Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat kaya, dan setiap daerah mungkin memiliki doa berbuka puasa yang berbeda. Oleh karena itu, menggabungkan elemen dari berbagai tradisi dalam doa berbuka puasa dapat membantu kita untuk lebih memahami dan menghargai keanekaragaman tersebut.

Secara umum, perubahan dalam doa berbuka puasa bisa menjadi cara untuk mencerminkan perkembangan zaman dan adaptasi kita terhadap perubahan tersebut.

Kapan doa berbuka puasa dibaca?

Doa berbuka puasa biasanya dibaca saat waktu berbuka tiba, yaitu saat matahari telah terbenam dan adzan Maghrib berkumandang. Sebelum membaca doa, umumnya kita akan mengonsumsi air putih atau kurma untuk mengakhiri puasa. Setelah itu, kita akan melanjutkan dengan membaca doa berbuka puasa sebagai ungkapan rasa syukur atas kesempatan untuk menunaikan ibadah puasa dan menerima rezeki yang diberikan. Selanjutnya, kita dapat melaksanakan shalat Maghrib dan melanjutkan dengan santap sajian berbuka puasa.

Apa manfaat doa buka puasa ramadhan?

Manfaat doa setelah buka puasa Ramadhan sangat penting untuk kita pahami. Pertama, doa ini membantu kita untuk mengekspresikan rasa syukur kepada Tuhan atas kesempatan untuk beribadah melalui puasa. Kedua, doa ini juga meminta keberkahan dan kekuatan spiritual untuk menjalani ibadah dengan baik.

Selain itu, doa setelah buka puasa juga mempererat hubungan kita dengan sesama umat manusia, karena kita dianjurkan untuk saling berdoa dan mengingatkan satu sama lain tentang pentingnya menjalani bulan Ramadhan dengan tulus dan ikhlas.

Ketika kita mengucapkan doa ini, kita juga diajarkan untuk tidak hanya fokus pada kebutuhan kita sendiri, tetapi juga pada kebutuhan orang lain, terutama mereka yang kurang beruntung. Ini sejalan dengan semangat Ramadhan untuk berbagi dan peduli terhadap sesama.

Manfaat doa ini juga mencakup aspek teamwork dan kerjasama. Ketika kalian berdoa bersama setelah buka puasa, rasa persatuan dan komitmen terhadap tujuan bersama akan semakin kuat. Ini tentunya akan berdampak positif pada produktivitas dan work environment secara keseluruhan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam memahami pentingnya doa setelah buka puasa Ramadhan, Selamat menjalani ibadah puasa Ramadhan.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status