Home » Islami » Doa Masuk Wc dan Keluar Wc yang Tepat Sesuai Sunnah

Doa Masuk Wc dan Keluar Wc yang Tepat Sesuai Sunnah

JAKARTA – Mengikuti anjuran sunnah Nabi Rosulullah SAW merupakan salah satu cara kita untuk menunjukkan rasa cinta dan ketaatan kita kepada Allah SWT. Salah satu contohnya adalah doa masuk WC dan keluar WC. Mengapa hal ini penting? Karena dalam Islam, kebersihan dan kebaikan adab merupakan hal yang sangat diperhatikan. Oleh karena itu, kita harus mengetahui doa yang benar sesuai anjuran sunnah Nabi Rosulullah SAW agar kita dapat menjaga kebersihan dan menjalankan ibadah dengan baik.

Pentingnya doa masuk WC dan keluar WC dapat ditemukan dalam beberapa ayat Al-Quran. Salah satunya adalah surat Al-Muddaththir ayat 4-5 yang berbunyi:

وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ ۗ وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ ۗ وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ ۗ

Bacaan Latinnya: Wa rabbaka fakabbir, wa thiyabaka fathahhir, Wa ar-rujza fahjur.

Artinya: “Dan Tuhanmu mulialah, maka bertasbihlah (kepada-Nya), Dan pakaianmu bersihkanlah. Dan perbuatan dosa tinggalkanlah.”

Ayat ini menegaskan bahwa kebersihan, termasuk saat kita menggunakan WC, merupakan hal yang sangat penting dalam ajaran Islam. Doa masuk WC dan keluar WC merupakan bagian dari upaya kita menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sekaligus menegakkan adab yang diajarkan oleh Nabi Rosulullah SAW.

Bacaan Doa Masuk WC dan Keluar WC Sesuai Anjuran Nabi

Bacaan Doa Masuk WC dan Keluar WC Sesuai Anjuran Nabi

Dalam islam kita diharapkan untuk tetap menjaga adab dan tata krama yang baik, termasuk dalam hal-hal yang berkaitan dengan kebersihan dan kegiatan sehari-hari. Salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan adalah tata cara masuk dan keluar WC (Water Closet) atau kamar mandi yang sesuai dengan anjuran sunnah Nabi Rasulullah SAW. Sebagai umat Muslim, kita tentunya ingin menjalankan segala sesuatunya sesuai dengan tuntunan agama, termasuk dalam hal ini.

Doa Masuk Wc Bahasa Arab, Latin Dan Artinya

Doa Masuk Wc Bahasa Arab, Latin Dan Artinya

Sebagai umat Muslim, kita diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan dan menjalankan ibadah dengan penuh khusyuk. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengamalkan doa masuk WC yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tujuannya adalah untuk melindungi kita dari gangguan jin dan syaitan serta menjaga kesucian kita saat memasuki tempat yang dianggap kurang suci.

Baca Juga  Al Maidah Ayat 48 Menjelaskan Tentang Apa? Ini Arti dan Tafsirnya

Berikut ini adalah lafadz doa masuk WC dalam bahasa Arab beserta tulisan Latinnya:

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Latinnya: “Bismillaah, Allaahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaits.”

Doa masuk WC dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

“Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari jin laki-laki dan jin perempuan.”

Selain membaca doa di atas, kita juga disarankan untuk menyebut nama Allah dengan mengucapkan “Bismillah” sebelum memasuki WC. Hal ini untuk mengingatkan kita bahwa kita senantiasa berada di bawah perlindungan Allah SWT dan menghindari gangguan setan.

Mengamalkan doa masuk WC memiliki beberapa keutamaan dan manfaat, di antaranya:

  1. Mendapatkan perlindungan dari gangguan jin dan syaitan.
  2. Menjaga kesucian diri saat memasuki tempat yang kurang suci.
  3. Membiasakan diri untuk selalu mengingat Allah SWT dalam setiap kegiatan, termasuk saat memasuki WC.

Beberapa hadis menjelaskan pentingnya doa ini dalam kehidupan sehari-hari kita. Salah satu hadis yang terkait dengan doa masuk WC adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“Nabi Rosulullah SAW apabila hendak masuk WC, beliau membaca: ‘Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari gangguan setan laki-laki dan setan perempuan.'” (HR. Bukhari no. 142 dan Muslim no. 375)

Doa Keluar Wc Bahasa Arab, Latin Dan Artinya

Doa Keluar Wc Bahasa Arab, Latin Dan Artinya

Setelah mengetahui mengenai doa masuk WC, kita juga perlu mengetahui doa keluar WC yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini memiliki maksud dan tujuan yang sama dengan doa masuk WC, yaitu untuk menjaga kesucian diri dan melindungi kita dari gangguan jin serta syaitan.

Baca Juga  Doa Sebelum Belajar: Arab, Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Setelah selesai menggunakan WC, kita dianjurkan untuk mengucapkan “Alhamdulillah” sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah lafadz doa keluar WC dalam bahasa Arab dan Latinnya:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Latinnya: “Ghofirokallahu, alhamdulillahil ladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafani.”

Doa keluar WC dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkanku.”

Mengamalkan doa keluar WC memiliki beberapa keutamaan dan manfaat, di antaranya adalah:

  1. Mengikuti sunnah Nabi Rasulullah SAW.
  2. Menyadari bahwa segala sesuatu yang kita lakukan, termasuk kegiatan di WC, adalah anugerah dari Allah SWT.
  3. Membiasakan diri untuk selalu bersyukur dan memohon ampunan kepada Allah SWT.
  4. Mendapatkan perlindungan dari gangguan dan penyakit yang mungkin timbul akibat kegiatan di WC.

Nabi Rosulullah SAW mengajarkan umatnya untuk selalu berdoa ketika keluar dari WC. Doa ini memiliki makna memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata:

“Rasulullah SAW apabila keluar dari WC, beliau mengucapkan: ‘Alhamdulillahil ladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafani (Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dariku dan menyehatkan ku)'” (HR. At-Tirmidzi).

Dari hadis di atas, kita dapat memahami bahwa doa keluar WC sangat penting untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini untuk mengingatkan kita bahwa segala sesuatu yang kita lakukan, termasuk kegiatan sepele seperti keluar dari WC, harus selalu diiringi dengan doa dan rasa syukur kepada Allah SWT.

Etika Adab Masuk WC dan Keluar WC Sesuai Sunnah

Etika Adab Masuk WC dan Keluar WC Sesuai Sunnah

Sebagai umat Muslim, kita diharapkan untuk menjalankan tata cara dan adab dalam setiap aktivitas, termasuk saat masuk dan keluar WC. Nabi Rosulullah SAW mengajarkan kepada kita doa yang tepat untuk mengiringi kegiatan tersebut. Berikut ini, kami akan membahas beberapa etika adab masuk dan keluar WC sesuai anjuran sunnah Nabi Rosulullah SAW.

Baca Juga  8 Doa Kedua Orang Tua Lengkap Arab, Latin dan Tarjamhannya

Sebelum Masuk WC

1. Berdoa dengan mengucapkan “Bismillah”, sebagai pengingat bahwa kita selalu memohon perlindungan Allah SWT.

2. Menggunakan kaki kiri saat masuk WC, karena kaki kiri merupakan simbol dari hal-hal yang kurang baik atau tidak disukai.

3. Mengucapkan doa masuk WC yang diajarkan oleh Nabi Rosulullah SAW, yaitu “Allahumma inni a’udzubika minal khubutsi wal khaba-its.” Artinya, “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari gangguan setan laki-laki dan setan perempuan.”

Saat Berada di WC

1. Menutup aurat dengan baik, agar kita tetap menjaga kesopanan dan kehormatan diri.

2. Tidak berbicara atau berbincang saat di WC, karena hal tersebut dianggap tidak sopan dan kurang menghormati privasi orang lain.

2. Membersihkan diri dengan air dan menggunakan tangan kiri, sebagai bentuk menjaga kebersihan dan kesucian.

Setelah Keluar WC

1. Menggunakan kaki kanan saat keluar WC, karena kaki kanan melambangkan hal-hal yang baik dan disukai.

2. Mengucapkan doa keluar WC yang diajarkan oleh Nabi Rosulullah SAW, yaitu “Ghufraanak, alhamdulillahil ladzi adzhaba ‘anni al adza wa ‘afani.” Artinya, “Aku memohon ampun-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dariku dan menjaga aku.”

3. Mencuci tangan dan membersihkan diri dengan baik, sebagai bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Dengan mempraktikkan etika adab masuk dan keluar WC yang diajarkan oleh Nabi Rosulullah SAW, kita tidak hanya menjaga kebersihan dan kesucian diri, tetapi juga melaksanakan sunnah yang telah dicontohkan oleh beliau. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan, karena bersih itu sebagian dari iman.

Akhir Kata

Sunnah Nabi Rosulullah SAW merupakan teladan yang sempurna bagi kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha untuk mengikuti sunnah Nabi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal melaksanakan doa masuk WC dan keluar WC. Dengan mengikuti sunnah Nabi, kita akan mendapatkan keberkahan dan kebaikan yang tak terhingga, baik di dunia maupun di akhirat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu menjalankan sunnah Nabi Rosulullah SAW, termasuk dalam melaksanakan doa masuk WC dan keluar WC. Semoga kita selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalani kehidupan ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Doa Wudhu dan Tata Cara Wudhu Ketika didalam WC

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status