Home » Berita » Pakaian Adat yang Cocok Dikenakan dalam Lomba Fashion Show Merayakan HUT RI ke 78

Pakaian Adat yang Cocok Dikenakan dalam Lomba Fashion Show Merayakan HUT RI ke 78

Dalam perayaan HUT RI ke 78, biasanya akan diadakan berbagai macam lomba menarik, termasuk fashion show pakaian adat. Di Indonesia sendiri memiliki hampir setiap suku memiliki pakaian khas daerahnya masing-masing. 

Ada keunikan tersendiri dari semua pakaian adat yang ada di Indonesia baik dari segi desain, detail dan bahan yang digunakan. 

Pilihan Pakaian Adat untuk Lomba Fashion Show

Pakaian Adat

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan adat dan budaya. Selain kebiasaan hidup dan makanan khas, setiap suku di Indonesia juga mempunyai pakaian adat. 

Bagi yang ingin mengikuti lomba fashion show untuk merayakan HUT RI ke 78, ada beberapa rekomendasi baju adat suku di Indonesia yang unik tetapi masih cocok digunakan di era modern. Berikut pembahasannya:

1. Kebaya Encim 

Khusus yang ingin tetap mengenakan hijab saat fashion show pakaian daerah, bisa mengenakan kebaya encim asal Betawi. Bajunya sendiri dibuat panjang yang tampak seperti tunik dengan bahan organdi dan katun. 

Kebaya yang sering disebut kebaya kerancang ini biasanya dikenakan dalam acara pernikahan. Umumnya, kebaya encim dibuat dengan warna-warna mencolok seperti halnya hijau, ungu, merah, dan pink.

2. Kebaya Bali

Ada bermacam-macam versi kebaya di nusantara, di Bali misalnya ada kebaya khas Bali yang sering digunakan dalam upacara adat. Ciri khas yang membedakannya dengan kebaya lain terletak pada ornamen dan detail desainnya.

Baca Juga  Hadiah Lomba 17 Agustus yang Menarik dan Bermanfaat

Menariknya, kebaya Bali merupakan pakaian favorit yang bahkan sering digunakan oleh perempuan Indonesia untuk menghadiri acara-acara penting, seperti pernikahan teman, fashion show sekolah, dan lamaran. 

3. Baju Pokko

Pakaian adat dengan sebutan baju pokko berasal dari Toraja. Keunikan desainnya membuat baju pokko sering dikenakan oleh model-model untuk berfoto. 

Kabarnya, pakaian ini di Toraja dikenakan sesuai dengan kasta dan usia. Meskipun begitu, baju khas perempuan desainnya tampak begitu sederhana tetapi membuat siapa saja yang mengenakannya tampak cantik. 

Baju pokko cukup direkomendasikan untuk dikenakan saat fashion show karena warnanya cerah serta dilengkapi dengan aksesoris berupa manik-manik dan kalung. 

4. Pakaian Adat Bodo 

Kekhasan pakaian bodo terletak pada bawahannya yaitu sebuah sarung yang dililitkan dari pinggang hingga mata kaki. Untuk mempercantik penggunanya, dilengkapi juga dengan berbagai pernak-pernik dan perhiasan, seperti gelang, bando, dan ikat pinggang berwarna emas. 

Dengan kemewahan baju adat bodo, ada banyak wanita yang tertarik menggunakannya untuk fashion show ataupun mengikuti karnaval. 

5. Pepaduan 

Baju adat pepaduan berasal dari lampung yang dilengkapi dengan siger atau biasa juga disebut abung siwo megou. Istilah tersebut berarti sembilan marga yang digambarkan dengan sembilan lekukan siger. 

Umumnya, baju adat pepaduan dikenakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman atau dataran tinggi di Lampung. Saat dikenakan, baju ini akan memberi kesan berwibawa dan elegan. 

6. Baju Adat Karai 

Manado memiliki pakaian adat dengan desain sederhana tetapi begitu menarik untuk dikenakan. Desain untuk pakaian laki-lakinya tampak seperti baju koko. Hal yang membuatnya sangat khas yaitu  adanya tambahan ikat pinggang dan udeng. 

Sedangkan yang khas untuk pakaian perempuan terletak pada detail di bagian lengan bawah dan lingkar bawah baju. Berbeda dari baju wanita kebanyakan, baju adat karai menggunakan model kerah V neck. 

Baca Juga  Aksi Usil Menteri PUPR ke Erick Thohir saat Upacara, Basuki: Kok Kancingnya Cuma Satu

7. Pangulu

Di daerah asalnya yaitu Padang, baju adat pangulu tidak boleh dikenakan oleh sembarang orang dan ada tata cara tersendiri saat akan menggunakannya. Zaman dahulu, baju adat tersebut hanya boleh dikenakan oleh kepala suku saja. 

Desain baju adat penghulu termasuk unik dan berbeda dari lainnya. Untuk pakaian yang dikenakan oleh laki-laki, pada bagian luar baju diberikan tambahan berupa selempang, tapih kain tenun, dan udeng. 

8. Baju Adat Dayak Kalimantan 

Saat fashion show ataupun karnaval karena desainnya yang sederhana dan elegan membuat siapa saja penggunanya tampak cantik sekaligus menawan. Sayangnya, karena desainnya berlengan pendek dengan bawahan pendek juga, pakaian ini hanya cocok untuk non hijab. 

Selain khusus perempuan, ada juga baju adat dayak Kalimantan untuk laki-laki. Keduanya sama-sama dibuat dari kain berwarna hitam dengan pola cantik berwarna keemasan.

 9. Pangsi 

Bagi yang belum tahu, baju adat pangsi merupakan pakaian khas laki-laki Sunda. Modelnya sangat mirip baju koko dengan tambahan motif batik di bagian kerah dan sedikit ai sekitar saku. 

Untuk bawahannya berupa celana polos yang warnanya senada dengan atasannya. Sebagai pemanis, diberikan tambahan sarung yang dililitkan menyilang di bahu. 

10. Baju Adat Betawi 

Ingin tampil simpel tetapi tetap tampak gagah berani? Cobalah untuk fashion show menggunakan pakaian adat Betawi. Masyarakat lokal biasanya mengenakan dalam kaos putih kemudian dibalut dengan kemeja khas Betawi. 

Supaya tampilan lebih khas lagi, gunakan juga sabuk khusus dan kalungkan sarung yang telah dilipat persegi panjang ke leher. 

11. Kebaya Labuh

Nama kebaya labuh mungkin saja masih asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, baju ini cocok dikenakan untuk fashion show terutama bagi yang ingin mengenakan pakaian adat tertutup. 

Baca Juga  Lomba 17 Agustus Seru, Unik, Lucu, dan Pastinya Anti Mainstream!

Tidak ada banyak pernak-pernik yang ditambahkan. Orang yang mengenakannya hanya akan ditambahi kalung khusus berwarna keemasan serta sedikit hiasan kepala yang elegan. 

Di zaman yang semakin modern, mengenalkan pakaian adat kepada anak muda sangatlah penting. Adanya lomba fashion show khusus memperingati HUT RI merupakan cara tepat untuk membangkitkan kecintaan generasi muda pada adat dan tradisi setiap suku di Indonesia. 

Bcaa juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status