Home » Tutorial » 3 Cara Mencari Grup di Telegram dan Channel di HP atau PC

3 Cara Mencari Grup di Telegram dan Channel di HP atau PC

Iuwashplus.or.id Selain WhatsApp, Telegram juga merupakan suatu aplikasi chatting yang saat ini sedang naik daun. Sebenarnya, Telegram jauh lebih menarik dibandingkan dengan WhatsApp. Dengan mempelajari cara mencari grup di Telegram, kamu bisa menemukan grup dan channel unik di aplikasi ini.

Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Telegram. Hal yang paling mendasar tentu saja saling berkirim chat dan file, melakukan panggilan suara, dan melakukan panggilan video. Selain itu, pengguna Telegram juga bisa membuat grup dan menambahkan ribuan anggota ke dalamnya.

Para anggota grup tersebut bisa melihat anggota grup dan saling berkirim pesan secara pribadi pada sesama anggota grup. Telegram bisa digunakan di Android, iPhone, dan juga di PC atau laptop. Cukup gunakan nomor HP untuk membuat akun Telegram dan menikmati semua fitur keren di dalamnya.

Ini Cara Mencari Grup di Telegram

Ini Cara Mencari Grup di Telegram

Di Telegram, pengguna bisa membuat grup dan menambahkan hingga 200.000 anggota dalam satu grup. Hal unik dan membedakan Telegram dari WhatsApp adalah admin grup bisa mengatur apakah grup akan bersifat publik atau privat.

Jika admin mengatur agar grup bersifat private, user Telegram lain tidak akan bisa menemukannya secara manual. Tapi kalau admin mengatur agar grup tersebut bersifat publik, maka user Telegram lain bisa menemukannya dengan menggunakan link id grup tersebut. Bagaimana cara mencarinya?

1. Cara Mencari Grup di Telegram Smartphone

Metode yang pertama adalah untuk para pengguna smartphone Android. Belasan juta pengguna Android sudah mulai menggunakan Telegram untuk berbagai keperluan. Jika kamu termasuk pengguna Android yang ingin mencari salah satu grup di Telegram, petunjuk di bawah ini akan sangat membantu.

Selain untuk para pengguna Android, cara mencari grup publik di aplikasi Telegram berikut ini juga berlaku untuk iPhone. Pada versi iPhone, letak ikon Search ada di bagian atas dari barisan chat. Pengguna bisa langsung mengetik di bar pencarian tersebut.

  • Buka app Telegram di smartphone Android, lalu pilih salah satu akun kalau kamu punya beberapa akun dalam satu aplikasi Telegram.
  • Tap ikon kaca pembesar di kanan atas layar untuk membuka bar Search atau pencarian. Kemudian ketikkan nama grup atau ID grup yang kamu ketahui.
  • Keterangan singkat tentang nama, user ID, dan jumlah anggota grup akan muncul di bagian hasil pencarian. Tap grup tersebut untuk melihat lebih banyak detail.
  • Jendela chat grup akan terbuka, menampilkan beberapa chat yang sudah dikirimkan oleh para anggota grup. Tap tombol Join di bagian bawah kalau ingin bergabung ke grup Telegram Android tersebut.
  • Untuk memeriksa apakah grup itulah yang kamu cari, tap nama grup di jendela chat grup untuk melihat informasi seperti anggota grup dan link undangan grup.
Baca Juga  6 Cara Mengembalikan Video Terhapus di Android! Aman 100%

Cara di atas bisa dilakukan setelah pengguna Telegram mengetahui user ID atau nama grup. Jika kamu belum mengetahui user ID atau nama grupnya, tanyakan pada admin grup sehingga kamu bisa menemukannya di bagian pencarian aplikasi Telegram.

2. Mencari Grup di Aplikasi Telegram Web

Telegram juga menyediakan aplikasi berbasis web yang bisa diakses lewat berbagai aplikasi web browser seperti Chrome, Firefox, Safari, dan sebagainya. Tapi fungsi Telegram web ini hanya sebagai perpanjangan dari versi smartphone.

Jadi, untuk menggunakan aplikasi Telegram versi web, kamu harus sudah punya akun di smartphone, lalu mengakses kode QR yang muncul di Telegram Web. Cara mencari grup di Telegram versi web bisa kamu pelajari di bawah ini.

  • Jalankan aplikasi web browser yang sering kamu gunakan, lalu ketik alamat Telegram versi web, yaitu web.telegram.org. Kode QR untuk login ke akun Telegram akan muncul di layar.
  • Klik tombol Log in by phone number di bagian bawah agar tidak perlu log in dengan cara membuka QR scanner di aplikasi Telegram smartphone.
  • Pilih Indonesia untuk bagian Country atau negara kemudian masukkan nomor HP yang sudah terdaftar di akun Telegram. Klik Next untuk memasuki langkah berikutnya.
  • Telegram akan mengirimkan kode verifikasi ke akun yang ada di smartphone, masukkan kode tersebut ke bagian Code.
  • Setelah berhasil masuk ke Telegram di Google, kamu akan melihat daftar chat di sebelah kiri. Klik bar Search di bagian paling atas, lalu ketik nama grup yang ingin kamu cari. Hasil pencarian grup akan muncul di bagian bawah.
  • Klik salah satu grup dan jendela chat grup akan muncul di sebelah kanan. Seluruh chat dari para penggunanya akan muncul di layar, klik tombol Join di kanan atas untuk bergabung.

Seluruh langkah di atas juga bisa diterapkan di aplikasi Telegram desktop yang sudah kamu download dari Microsoft Store. Tampilan Telegram desktop dengan Telegram versi web sama persis, cara masuknya juga sama.

Kalau seseorang membuat grup yang sifatnya privat, kamu tidak akan bisa menemukannya dengan mencari nama grup di bar pencarian seperti yang dijelaskan oleh dua cara sebelumnya. Satu-satunya cara untuk mencarinya adalah dengan menggunakan link undangan.

Baca Juga  Fitur Telegram Stories Kini Sudah Tersedia untuk User Free

Cara mencari grup di Telegram yang sifatnya privat membutuhkan link yang diberikan oleh admin grup. Hanya admin grup yang punya akses ke link undangan tersebut sehingga kamu tidak bisa meminta link dari anggota lainnya. Setelah mendapatkan link, ikuti petunjuk lengkap berikut ini.

  • Tap link undangan yang kamu dapatkan dari teman melalui WhatsApp atau Telegram lalu tunggu beberapa detik.
  • Aplikasi Telegram iPhone atau Android akan menampilkan detail singkat mengenai grup di bagian bawah yang mencakup nama grup, jumlah dan daftar anggota, serta tombol Join Group di kanan bawah.
  • Tap tombol Join Group di kanan bawah untuk masuk ke dalam grup tersebut dan melihat isi chat yang ada dalam grup.

Tidak seperti dua cara yang sebelumnya, cara yang satu ini tidak memungkinkan kamu untuk melihat isi chat grup sebelum bergabung sebagai anggota. Hanya detail singkat yang bisa kamu lihat sekilas. Setelah mendapatkan link undangan, kamu bisa membagikannya dan mengundang orang lain.

Mencari Channel di Aplikasi Telegram

Mencari Channel di Aplikasi Telegram

Selain mencari grup Telegram, aplikasi chatting serbaguna yang satu ini juga memungkinkan kamu untuk mencari channel. Channel di aplikasi Telegram berisi berbagai konten yang sangat menarik. Kalau tertarik, kamu bisa berlangganan agar bisa mendapatkan update terbaru tentang hal tersebut.

Konten apa saja yang ada di channel Telegram? Hampir semua yang diinginkan dan dibutuhkan oleh user Telegram tersedia di berbagai channel. Contohnya adalah channel lowongan kerja, channel drama Korea terbaru, channel wallpaper berkualitas, dan lain sebagainya.

1. Mencari Channel di Telegram Smartphone

Cara mencari channel sebenarnya tidak jauh beda dengan cara mencari grup di Telegram. Hanya saja, channel bukan grup yang memungkinkan user Telegram untuk bergabung. Biasanya, user hanya perlu berlangganan untuk mendapatkan update terbaru dari channel tersebut.

  • Buka aplikasi Telegram di smartphone, baik iPhone maupun Android, kemudian tap ikon Search untuk mulai melakukan pencarian channel.
  • Ketik keyword atau kata kunci untuk mencari channel yang diinginkan, misalnya ketik lowongan kerja untuk mencari channel yang berisi berbagai lowongan pekerjaan terbaru.
  • Tap Show More pada bagian Global Search untuk melihat semua channel lowongan kerja yang tersedia.
  • Lalu sentuh salah satu channel lowongan kerja yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, misalnya Lowongan Kerja Terbaru.
  • Jendela chat akan muncul dan menampilkan berbagai lowongan pekerjaan yang kamu butuhkan. Kalau kamu tertarik untuk mendapatkan update, tap Join di bagian bawah.

Kamu bisa menjadi subscriber tanpa diundang, tidak seperti bergabung di grup Telegram privat. Setiap kali ada lowongan pekerjaan baru yang diunggah oleh channel tersebut, pemberitahuan akan dikirimkan di aplikasi Telegram sehingga kamu bisa langsung melamar pekerjaan tersebut.

Baca Juga  Mudah Sekali, Begini Cara Download Video Instagram

2. Mencari Channel di Telegram Desktop

Selain mencari grup di aplikasi Telegram web dan desktop, kedua versi aplikasi Telegram tersebut juga bisa dipakai untuk mencari channel. Seperti biasa, kamu harus sudah masuk terlebih dahulu ke akun Telegram melalui Telegram web maupun Telegram desktop. Setelah itu, ikuti petunjuk berikut ini.

  • Klik kolom Search berwarna putih yang muncul di bagian atas daftar chat pada jendela Telegram web maupun Telegram desktop.
  • Ketik kata kunci atau keyword channel yang ingin kamu kunjungi, misalnya ketik One Piece kalau kamu ingin nonton anime One Piece secara gratis lewat smartphone.
  • Pada bagian Global Search, klik tombol Show More berwarna biru maka seluruh channel yang berhubungan dengan One Piece akan muncul.
  • Seperti pada cara mencari grup di Telegram, langkah berikutnya adalah mengklik salah satu channel untuk melihat isi percakapannya.
  • Di sebelah kanan akan muncul jendela chat channel nonton One Piece yang berisi berbagai file anime One Piece. Langsung klik salah satu file untuk mengunduh dan menontonnya.
  • Kalau kamu ingin selalu memperoleh update dari channel tersebut, klik tombol Subscribe berwarna biru yang ada di kanan atas jendela chat.

Masih banyak channel lain yang bisa kamu temukan di Telegram dan bisa diakses secara gratis. Berbagai konten di dalam channel-channel Telegram juga bisa di download ke penyimpanan smartphone maupun PC sehingga bisa diakses saat perangkat tidak terhubung ke internet.

Berbagai Hal yang Bisa Dilakukan di Telegram

Berbagai Hal yang Bisa Dilakukan di Telegram

Melihat grup Telegram dan berlangganan ke channel yang sangat menarik bukan satu-satunya hal yang bisa dilakukan di aplikasi Telegram. Masih banyak hal menarik lain yang bisa dilakukan di aplikasi chatting yang serbaguna ini. Beberapa contohnya antara lain:

1. Main Game

Ada banyak bot di aplikasi Telegram yang siap untuk menghibur para pemain. Ketik game di pencarian lalu pilih salah satu bot untuk main game, seperti Gamee. Setelah jendela chat terbuka, tap Start dan pilih salah satu game unik yang bisa dimainkan di aplikasi Telegram.

2. Menemukan User Lain

Ingin berkenalan dengan orang baru yang ada di dekatmu? Download aplikasi Telegram terbaru lalu buka menu aplikasi Telegram dan pilih People Nearby. Kamu akan menemukan pengguna Telegram lain disekitarmu yang bisa diajak berkenalan dan berteman.

Penutup

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di aplikasi Telegram. Meskipun aplikasi ini tidak bisa dipakai untuk update status, kamu bisa memanfaatkan Telegram untuk main game, berlangganan ke channel unik, nonton film secara online, dan lain sebagainya.

Pengguna Telegram juga bisa mempelajari beberapa cara mencari grup di Telegram di atas. Dengan menggunakan beberapa cara tersebut, user Telegram bisa menemukan grup privat maupun publik dengan mudah dan bergabung ke dalamnya.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status