English Indonesia
Kamis, 30 Januari 2020

USAID Mission Director Mengunjungi Lokasi Program USAID IUWASH PLUS di Kota Makassar

USAID Mission Director Mengunjungi Lokasi Program USAID IUWASH PLUS di Kota Makassar

Mission Director USAID/Indonesia, Ryan Washburn, mengunjungi lokasi progam USAID IUWASH PLUS di Kota Makassar, 21 Januari 2020. Turut hadir dalam kunjungan ini, USAID Acting Director of Environment Office, Jason Seuc, dan USAID IUWASH PLUS COR, Trigeany Linggoatmodjo.

Kunjungan ini bertujuan berbagi cerita keberhasilan pelaksanaan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal sebagai salah satu upaya mencapai target SDG Tujuan 6: meningkatkan akses sanitasi aman.

Delegasi USAID/Indonesia mengunjungi Kelurahan Timungan Lompoa di Kota Makassar. Dalam kunjungan tersebut, Kepala UPTD PALD Kota Makassar menjelaskan perkembangan pelaksanaan layanan lumpur tinja terjadwal di Kota Makassar.

UPTD PALD didirikan di 2015 dengan dukungan USAID. Hingga saat ini, 3.438KK telah terdaftar mendapatkan layanan lumpur tinja terjadwal dari UPTD PALD, dan 3.775KK sudah terambung dengan IPAL komunal. Sejak 2010, Pemerintah Kota Makassar telah membangun IPAL Komunal dengan dukungan dana dari pemerintah pusat dan daerah. Hingga saat ini, total 147 unit IPAL Komunal telah dibangun di Kota Makassar dan memberi manfaat kepada 36.750 orang atau 7.500KK.

Ryan Washburn mengatakan,”sanitasi aman adalah tanggung jawab semua orang. Tanpa layanan lumpur tinja terjadwal, kesehatan kita bersama akan terancam kontaminasi tinja. Kita perlu bekerja sama untuk menyukseskan layanan lumpur tinja terjadwal.”

Available in enEnglish (English)

Mitra