Home » Tutorial » 5 Cara Cek Alamat IP Indihome Paling Mudah dan Praktis

5 Cara Cek Alamat IP Indihome Paling Mudah dan Praktis

Jakarta – Bagi sebagian besar pengguna layanan internet, terutama bagi pelanggan Indihome, pemahaman mengenai alamat IP atau IP address menjadi hal yang kritikal. Lantas, mengapa begitu penting mengetahui cara cek alamat IP indihome bagi kamu yang menggunakan jaringan wifi, khususnya dari Indihome? Berikut ulasannya.

Menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Indihome merupakan salah satu provider internet dengan jumlah pelanggan terbesar di Indonesia. Tidak mengherankan jika banyak rumah dan kantor di Tanah Air yang mengandalkan layanan dari provider ini.

Namun, apa sebenarnya manfaat dari mengetahui alamat IP? Dr. Rizal Santoso, M.T., ahli Teknologi Informasi dari Universitas Teknologi Bandung menjelaskan, alamat IP dapat membantu dalam diagnosa jaringan, mempermudah identifikasi perangkat, serta menjamin keamanan dalam berinternet.

Dilansir dari CNN Indonesia, bagi kamu yang ingin mengecek alamat IP Indihome yang digunakan, bisa melakukannya melalui berbagai cara, salah satunya melalui portal layanan resmi dari Indihome itu sendiri.

Pengertian IP Address dan Pentingnya Bagi Jaringan Internet

Pengertian IP Address

Pernahkah kalian mendengar mengenai IP Address? Bagi sebagian orang, istilah ini mungkin terdengar asing. Namun, bagi kamu yang sering berselancar di dunia maya, pasti familiar dengan istilah tersebut. IP atau Internet Protocol merupakan sebuah lapisan esensial di dalam jaringan internet.

Berdasarkan data dari Lembaga Teknologi Informasi Dunia, IP Address memegang peran penting dalam dunia komunikasi digital. IP Address bukan hanya sekedar angka-angka yang muncul di layar komputer atau HP kalian. Melainkan, IP Address memiliki fungsi yang lebih kompleks.

Menurut Dr. Rizky Ananda, M.T., ahli teknologi informasi dari Universitas Teknologi Nusantara, ada dua fungsi utama dari IP Address. Pertama, IP Address berfungsi sebagai host yang membantu mengenali jaringan. Kedua, IP Address digunakan sebagai alat komunikasi antar perangkat dan sekaligus menentukan lokasi dari perangkat tersebut.

Berdasarkan laman resmi BBC Technology, alamat IP yang kita kenal tersusun dari angka-angka yang telah disesuaikan untuk setiap perangkat. Ini memungkinkan setiap perangkat dapat berkomunikasi menggunakan jaringan internet dengan lancar. Sebagai contoh, alamat IP seperti 192.168.1.254 sering ditemui pada banyak perangkat.

Merujuk dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, penting bagi kamu untuk mengetahui alamat IP perangkat kalian, terutama saat ingin melakukan pengaturan jaringan atau troubleshooting.

Dengan memahami apa itu IP Address dan fungsinya, kalian bisa lebih waspada terhadap potensi ancaman keamanan digital dan lebih optimal dalam menggunakan jaringan internet. Diharapkan, dengan informasi ini, masyarakat bisa lebih literate dalam dunia digital.

Baca Juga  CroxyProxy (Download Gratis) Solusi Bypass Situs Web

Fungsi IP Indihome dalam Jaringan

Fungsi IP Indihome

IP Indihome, alamat IP khusus yang diperuntukkan bagi pengguna layanan Indihome, menarik perhatian sejumlah kalangan. Apa sebenarnya IP Indihome dan apa fungsi utamanya?

Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, IP Indihome merupakan alamat khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengakses router atau jaringan wifi mereka. Teknologi ini khususnya diperuntukkan bagi mereka yang berlangganan layanan internet Indihome.

Menurut laporan dari BBC Indonesia, ketika berlangganan layanan ini, teknisi akan datang untuk memasang perangkat keras seperti modem dan router. Namun, perangkat yang diberikan mungkin saja berbeda untuk setiap pelanggan, bergantung pada stok yang tersedia di cabang Indihome masing-masing.

Sementara itu, Dr. Anisa Putri, ahli teknologi informasi dari Universitas Indonesia menekankan bahwa meski terdapat perbedaan perangkat, ada kombinasi username dan password default yang sering digunakan. “Kombinasi default ini memudahkan pengguna dalam mengakses perangkat mereka, namun tetap disarankan untuk menggantinya demi keamanan,” jelas Dr. Anisa.

Dikutip dari CNN Indonesia, berikut adalah kombinasi username dan password default yang umumnya bisa digunakan oleh pelanggan Indihome:

  • Username: user | Password: user
  • Username: admin | Password: admin

Tak hanya itu, ada pula akses untuk akun superuser. Di lansir dari laman resmi Indihome, kombinasi username dan password untuk akun tersebut adalah:

  • Username: telecomadmin | Password: admintelecom
  • Username: support | Password: theworldinyourhand

Pengguna disarankan untuk tetap berhati-hati dan mengubah kombinasi password mereka demi menjaga keamanan jaringan mereka.

Cara Cek Alamat IP Indihome

Cara Cek Alamat IP Indihome

Bagi kalian yang menggunakan layanan Indihome, tentu telah mengetahui bahwa setiap pelanggan diberikan router dengan jenis yang bisa berbeda-beda. Menurut laman resmi Indihome, ada beberapa jenis router yang umumnya digunakan oleh Indihome, seperti TP Link, Huawei, dan ZTE.

Dari data yang di lansir dari situs media berita CNN Indonesia, tiap jenis router memiliki alamat IP berbeda untuk masuk atau melakukan konfigurasi pada router tersebut. Oleh sebab itu, penting bagi kalian untuk mengetahui cara cek IP berdasarkan jenis router yang kalian gunakan.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika, memahami alamat IP dari router yang kalian miliki sangat penting, terutama ketika ingin melakukan pengaturan atau troubleshooting terkait jaringan internet di rumah.

Merujuk dari laman BBC News Indonesia, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara cek IP Indihome sesuai dengan jenis router, sebaiknya kamu simak tutorial lengkap yang disediakan oleh penyedia layanan tersebut atau kunjungi forum-forum teknologi yang relevan.

Baca Juga  Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Di HP Android

Menurut Dr. Agus Priyanto, M.T., ahli teknologi informasi dari Universitas Indonesia, mengatakan, “Memahami konfigurasi dasar seperti mengecek IP adalah skill dasar yang baik untuk dimiliki oleh pengguna internet, terutama dalam era digital saat ini.”

Oleh karena itu, alamat IP yang digunakan untuk masuk ke router juga berlainan. Sebaiknya simak tutorial lengkap yang akan diberikan di bawah ini untuk mengetahui cara cek IP Indihome.

1. Command Prompt

Command Prompt merupakan sebuah menu di Windows yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk banyak hal. Salah satunya adalah mengecek alamat IP Indihome. Untuk menjalankan cara ini, perangkat laptop atau komputer harus dipastikan sudah terhubung dengan jaringan Indihome.

Kemudian kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan dua tombol di keyboard secara bersamaan, yaitu Windows dan huruf R
  • Kemudian akan muncul jendela Run, ketik CMD lalu tekan tombol Enter
  • Jendela Command Prompt pun akan terbuka
  • Langsung saja ketik perintah ipconfig di Command Prompt dan tekan enter
  • Command akan menampilkan data alamat IP, silakan scroll ke bagian bawah hingga menemukan Wireless LAN Adapter Wi-Fi
  • Kemudian perhatikan lagi di bagian Default Gateway. Di sana akan terlihat alamat IP default yang bisa kamu gunakan untuk mengakses router Indihome

Kalau sudah berhasil mendapatkan alamat IP defaultnya, silakan diingat atau dicatat agar tidak perlu mengecek ulang saat membutuhkannya lagi.

2. Menu Network Connection

Masih di laptop atau PC Windows, kali ini alamat IP Indihome juga bisa dicek menggunakan menu Network Connection. Cara cek alamat IP Indihome ini tidak kalah mudah dengan yang sudah dijelaskan di atas. Bahkan jauh lebih mudah karena tinggal klik menu tanpa menuliskan kode.

Langsung saja, silakan simak cara cek IP Indihome menggunakan menu Network Connection berikut ini.

  • Silakan masuk ke menu Control Panel di Windows terlebih dahulu
  • Selanjutnya klik pada menu Network Connections
  • Lalu klik lagi pada menu Network and Sharing Center
  • Perhatikan sidebar yang ada di sebelah kiri, klik pada bagian Change adapter settings. Menu Network Connections pun akan terbuka secara otomatis
  • Pilih adapter yang dipakai dan klik dua kali untuk membuka jendela baru
  • Berikutnya, klik pada menu Details dan pilih Network Connections Detail
  • Alamat IP Indihome akan terlihat pada bagian IPv4 Default Gateway

3. Cek Perangkat Router

Selain melakukan pengecekan melalui sistem di Windows, kamu juga bisa mengetahui alamat IP default Indihome dengan cara cek perangkat router. Di bagian belakang atau bawah router biasanya terdapat stiker berisi informasi penting terkait perangkat tersebut.

Baca Juga  Begini Cara Top Up Higgs Domino Dengan Mudah

Beberapa informasi yang ditampilkan antara lain username serta password default untuk login ke router hingga alamat IP default dari router itu sendiri. Jika tidak bisa menemukan informasi yang dimaksud pada bagian belakang router, silakan cek kemasan router.

Di dalam kemasan tersebut umumnya terdapat buku panduan yang berisi informasi lengkap mengenai penggunaan router.

4. Website WhatIsMyIP

Jangan menyerah dulu jika kamu sudah mempraktikkan cara cek alamat IP Indihome di atas tapi belum mendapatkan datanya. Ada website yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui alamat IP default, namanya adalah WhatIsMyIP.

Cara menggunakan website ini juga sangat mudah, langsung saja simak tutorialnya di bawah ini agar kamu bisa segera mempraktikkannya.

  • Pastikan perangkat (HP/PC/laptop) sudah terhubung dengan jaringan wifi Indihome
  • Selanjutnya, buka browser apa saja yang biasa kamu gunakan
  • Kunjungi URL berikut www.whatismyip.com
  • Sebagian pengguna diharuskan untuk mengisi captcha terlebih dahulu, tapi hal ini mungkin tidak berlaku untuk semua pengguna
  • Selanjutnya akan ditampilkan detail alamat IP, mulai dari IPv4, IPv6, lokasi IP, hingga informasi terkait provider internet
  • Jika ingin mengetahui informasi dengan lebih detail, silakan klik pada IPv4

5. Kontak Teknisi Atau Customer Service Indihome

Bagi sebagian besar pengguna Indihome, terkadang ditemui kendala dalam mengecek alamat IP. Namun, menurut data dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kalian bisa mendapatkan informasi tersebut dengan menghubungi teknisi yang bertanggung jawab atas instalasi jaringan di rumah atau kantor kalian.

Menurut laporan dari BBC Indonesia, sebagian besar teknisi Indihome memberikan kontak pribadi mereka kepada pelanggan, sehingga memudahkan komunikasi ketika ada permasalahan yang muncul. Namun, jika kalian tidak memiliki kontak teknisi tersebut, berdasarkan data CNN Indonesia, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi customer service Indihome.

Layanan customer service Indihome kini semakin inovatif. Merujuk dari laman resmi Indihome, kalian bisa mengakses layanan ini tidak hanya melalui telepon, tapi juga melalui media sosial seperti Twitter atau Instagram. Hal ini tentunya memudahkan pelanggan, terutama generasi millennial yang aktif di media sosial.

Menurut Dr. Rina Wahyuni, ahli teknologi informasi dari Universitas Indonesia, komunikasi langsung dengan teknisi atau customer service adalah metode yang efektif dan efisien bagi pengguna untuk mendapatkan informasi teknis seperti alamat IP.

Sebagai informasi tambahan, selalu pastikan untuk mencatat informasi penting saat berkomunikasi dengan teknisi atau customer service, agar kamu memiliki referensi di masa yang akan datang.

Alamat IP Default Indihome

Alamat IP Default Indihome

Sebagai informasi, di bawah ini terdapat daftar alamat IP default Indihome untuk masing-masing brand router.

Jenis RouterAlamat IP Default
Alcatel-Lucent I-240W-A192.168.1.1
G-240W-F192.168.1.1
Huawei HG532e192.168.1.254
Huawei HG8245h192.168.100.1
Huawei SmartAX MT882a192.168.1.1
TP-Link TD-8817192.168.1.1
ZTE F609192.168.1.1
ZTE F660192.168.1.253
ZTE ZXHN H108N192.168.1.254
ZTE ZXHN H108N192.168.1.254

Penutup

Nah, cara cek alamat IP Indihome sangat mudah, kamu bisa mencoba salah satu cara yang sudah diberikan di atas untuk mengetahui alamat IP-nya. Namun jika masih bingung, kamu juga bisa bertanya ke CS mengenai hal tersebut.

Semoga bermanfaat!

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status