English Indonesia
Rabu, 15 September 2021

USAID IUWASH PLUS Adakan Pelatihan SIM RPAM Dukung Penyediaan Air Minum Aman di Kota Salatiga

USAID IUWASH PLUS Adakan Pelatihan SIM RPAM Dukung Penyediaan Air Minum Aman di Kota Salatiga

Pada 7 September 2021, USAID IUWASH PLUS mengadakan pelatihan Sistem Informasi Manajemen Rencana Pengamanan Air Minum bagi PDAM Kota Salatiga (SIM-RPAM).

SIM-RPAM merupakan aplikasi berbasis web yang membantu PDAM memantau dengan dekat perkembangan upaya peningkatan kualitas air minum, serta mengevaluasi kemajuan tersebut terhadap target yang tertuang dalam dokumen RPAM.

USAID IUWASH PLUS melalui program Local Sustainability and Innovation Component (LSIC) bekerja sama dengan PT Agrapana Amarta Reenergi memfasilitasi pengembangan aplikasi ini sejak 2020.

Kegiatan satu hari ini merupakan lanjutan pelatihan SIM-RPAM pertama yang dilakukan awal 2021. Pelatihan ini mengajari staf PDAM Kota Salatiga cara mengoperasikan aplikasi SIM-RPAM versi terbaru karena versi awal telah melalui beberapa modifikasi.

Berbekal pelajaran yang diperoleh dari pelatihan ini, PDAM Kota Salatiga akan melakukan migrasi seluruh data dan informasi air minim aman dalam aplikasi tersebut akhir bulan ini. USAID IUWASH PLUS melalui PT Agrapana Amarta Reenergi akan memberikan konsultasi dari secara rutin bagi PDAM untuk menjawab pertanyaan dan memberikan pendampingan lanjutan.

“Kami memberikan apresiasi bagi USAID IUWASH PLUS atas dukungannya kepada PDAM Kota Salatiga, termasuk kegiatan Pelatihan SIM-RPAM hari ini,” ujar Samino, Direktur PDAM Kota Salatiga.

PDAM Kota Salatiga merupakan salah satu dari tiga PDAM yang mengikuti uji coba SIM-RPAM. PDAM percontohan lainnya, yakni PDAM Kabupaten Sidoarjo telah menerima pelatihan yang sama pada 8 September, dan PDAM Kota Makassar akan mendapatkan kegiatan ini di minggu-minggu mendatang. Ke depan, ketiga PDAM ini diharapkan mampu memenuhi kriteria air minum aman sesuai dengan Permenkes 492/2019 tentang Syarat Air Minum.

Available in enEnglish (English)

Mitra