English Indonesia
Rabu, 25 Agustus 2021

Rapat Penyusunan Rencana Bisnis Perumda Air Minum Kota Probolinggo 2022-2026

Rapat Penyusunan Rencana Bisnis Perumda Air Minum Kota Probolinggo 2022-2026

Pada 18 Agustus 2021, USAID IUWASH PLUS dan Perumda Air Minum Bayuangga Kota Probolinggo mengadakan sebuah rapat daring untuk meninjau beberapa bab pertama rencana bisnis Perumda Air Minum Bayuangga periode 2022-2026. Sejak bulan Juli 2021, USAID IUWASH PLUS mendampingi dan melatih Perumda Air Minum Bayuangga dalam menyusun rencana bisnis sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 118 Tahun 2018 yang salah satunya menstandarisasi penyusunan rencana bisnis Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Rapat tersebut dihadiri oleh lima belas partisipan, termasuk Direktur Perumda Air Minum Bayuangga, Bapak Siswadi; Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda, Bapak Ari; Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Ibu Heri; dan Kepala Seksi Air Minum dan Sanitasi Dinas PUPR, Ibu Indri.

Kegiatan daring ini merupakan pertemuan pertama di mana Perumda Air Minum Bayuangga, Bappeda, Dinas PUPR, dan Sekda duduk bersama untuk membahas rencana bisnis BUMD tersebut. Rapat ini diharapkan bisa menginisiasi kolaborasi antara Perumda Air Minum Bayuangga dan segenap OPD tersebut agar rencana bisnis Perumda Air Minum bisa terus dipersiapkan secara kolaboratif dan berkelanjutan.

Pada rapat kali ini, Perumda Air Minum Bayuangga memaparkan draf Bab 1 tentang Pendahuluan dan draf Bab III tentang Kondisi Eksternal kepada para peserta rapat. Perwakilan Bappeda, Dinas PUPR, dan Sekda kemudian menyarankan agar Perumda memperbaharui referensi hukum dalam Bab I dan memperdalam keterkaitan antara rencana bisnisnya dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta peraturan tata ruang Kota Probolinggo dalam Bab III.

Para peserta rapat juga menyepakati berbagai rencana tindak lanjut. Minggu depan, Perumda Air Minum Bayuangga akan menyelesaikan Bab I dan III sesuai dengan masukan yang telah mereka terima dan memulai penyusunan Bab II tentang Visi dan Misi dan Bab IV tentang Kondisi Internal. Bappeda, Dinas PUPR, dan Sekda akan menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan bagi penyelesaian Bab I dan III dan terus memberikan masukan bagi bab-bab selanjutnya. Perumda Air Minum Bayuangga dan USAID IUWASH PLUS juga setuju untuk memonitor progres penyusunan rencana bisnisnya lewat pertemuan mingguan dan menyelesaikan dokumen tersebut paling lambat pada bulan Oktober 2021.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Tim Penyusun rencana bisnis dari Perumda Air Minum Banyuangga dan Tim USAID IUWASH PLUS yang telah membantu penyelesaian Penyusunan rencana bisnis. Semoga rencana bisnis ini ke depan dapat menjadi pedoman dan patokan supaya Perumda bisa lebih maju dalam melangkah dan dapat memenuhi PAD Kota Probolinggo,” tutur Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekda.

Rencana bisnis bersifat instrumental bagi operasi suatu PDAM/Perumda Air Minum karena dokumen tersebut mengandung berbagai rencana jangka pendek terkait cakupan layanan serta keuangan dan perkiraan progres PDAM/Perumda Air Minum tersebut dalam suatu periode. Target-target bagi periode 2022-2026, termasuk target jumlah sambungan rumah yang akan dibangun dan sumber dana atau modal, akan ditentukan pada rapat-rapat selanjutnya.

Di Kota Probolinggo, USAID IUWASH PLUS telah membantu pemasangan 1.083 sambungan rumah sampai dengan September 2020 dengan mendukung Perumda Air Minum Bayuangga beroperasi secara lebih efektif dan efisien.

Available in enEnglish (English)

Mitra