English Indonesia
Senin, 14 Juni 2021

Diskusi Kelompok Terpumpun Dana Nasional Air Minum dan Sanitasi

Diskusi Kelompok Terpumpun Dana Nasional Air Minum dan Sanitasi

Pada 10 Juni 2021, USAID IUWASH PLUS bersama Kementerian PPN/Bappenas dan Kemenkeu melakukan diskusi kelompok terpumpun tentang dana nasional air minum dan sanitasi untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi di tingkat rumah tangga.

Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman, Kementerian PPN/Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti; COR USAID IUWASH PLUS, Trigeany Linggoatmodjo; serta perwakilan lembaga keuangan mikro mitra USAID IUWASH PLUS dan Water.org hadir dalam diskusi yang diselenggarakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat ini.

Diskusi ini mengumpulkan pengalaman dan masukan tentang pembiayaan mikro air minum dan sanitasi dari lembaga keuangan yang telah menyediakan kredit mikro air minum dan sanitasi bagi rumah tangga berpenghasilan rendah.

Hasil diskusi akan digunakan sebagai referensi bagi Kementerian PPN/Bappenas dan Kemenkeu untuk membuat kebijakan dana nasional pembiayaan mikro sektor air minum dan sanitasi. Dana ini nantinya dapat digunakan oleh lembaga keuangan untuk menyediakan pembiayaan mikro air minum dan sanitasi bagi rumah tangga berpenghasilan rendah, sehingga mereka mendapatkan akses air minum dan sanitasi yang lebih baik.

Diskusi ini menghasilkan kesepakatan bahwa peran sanitarian, pengusaha air minum dan sanitasi, serta pemerintah daerah perlu diperkuat untuk mempromosikan pembiayaan mikro air minum dan sanitasi bagi rumah tangga.

Kemenkeu juga sepakat untuk membuat dana pembiayaan mikro air minum sanitasi yang dikenal dengan nama ABISANI (Air Bersih dan Sanitasi). Salah satu sumber dananya berasal dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan.

Sebagai tindak lanjut, USAID IUWASH PLUS akan mengumpulkan informasi dari lapangan tentang fitur kredit mikro air minum dan sanitasi dari lembaga keuangan. Informasi ini akan membantu Kemenkeu membuat usulan skema kredit mikro ABISANI.

Available in enEnglish (English)

Mitra