English Indonesia
Senin, 7 Juni 2021

Peluncuran Peta Jalan Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk PDAM/BUMD Air Minum

Peluncuran Peta Jalan Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk PDAM/BUMD Air Minum

Bappenas, Kementerian PUPR, dan Kemitraan USAID-SECO meluncurkan Peta Jalan Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Air Minum Daerah/BUMD Air Minum pada 2 Juni, 2021 di Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Air Minum, Kementerian PUPR, Yudha Mediawan; Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman, Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti; Deputy Head SECO, Andrea Zbinden; Direktur Kantor Lingkungan Hidup, Matthew Burton; Chief of Party USAID IUWASH PLUS, William Parente, dan perwakilan BUMD Air Minum dan lembaga pendidikan/pelatihan.

Dalam peluncuran ini, Kemitraan USAID-SECO menyerahkan peta jalan kepada perwakilan Kementerian PUPR dan Bappenas, yang kemudian meneruskannya ke beberapa BUMD Air Minum dan lembaga pendidikan/pelatihan.

Bappenas, Kementerian PUPR, dan Kemitraan USAID-SECO merumuskan peta jalan ini untuk menguatkan pendidikan dan pelatihan bagi staf BUMD Air Minum serta sertifikasi kompetensi mereka sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR No 15, Tahun 2018 dan SK Menteri PUPR No 582 Tahun 2018. Saat ini, hanya 12% dari 57.886 staf institusi BUMD Air Minum yang telah mendapat sertifikasi.

Peta jalan tersebut berisi beberapa strategi yang perlu dilakukan oleh para pemangku kepentingan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), seperti menambah jumlah institusi pelatihan dan lembaga sertikikasi profesional, meningkatkan alokasi anggaran untuk pelatihan, dan memperbaiki manajemen sumber daya manusia di BUMD Air Minum.

“Berkat peta jalan, sekarang kita sudah mempunyai gambaran umum apa yang akan dilakukan ke depan. Kami harap peta jalan yang kita luncurkan hari ini menjadi panduan untuk merumuskan kebijakan teknis yang sesuai,” ujar Direktur Air Minum, Kementerian PUPR, Yudha Mediawan, menegaskan pentingnya dokumen ini.

Kemitraan USAID-SECO akan membantu pelaksanaan peta jalan dengan membuat (1) skema sertifikasidan peta okupasi bagi staf BUMD Air Minum, (2) dokumen panduan pembuatan lembaga pelatihan untuk sektor SPAM berdasar Kerangka Mutu Pelatihan Indonesia (KMPI), dan (3) modul pelatihan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Kemitraan USAID-SECO juga mendukung Balai Teknologi Air Minum untuk meningkatkan manajemen organisasi dan membantu AKATIRTA untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi.

Available in enEnglish (English)

Mitra