English Indonesia
Senin, 17 Februari 2020

Targetkan Capai Sanitasi Aman, Pemkot Ternate Luncurkan Layanan Lumpur Tinja

Targetkan Capai Sanitasi Aman, Pemkot Ternate Luncurkan Layanan Lumpur Tinja

Untuk mencapai target sanitasi aman, Pemerintah Kota Ternate bersama USAID IUWASH PLUS meluncurkan layanan lumpur tinja di Lingkungan Facei, Kelurahan Sangaji Utara, Kota Ternate pada 13 Februari 2020.

Layanan tersebut diluncurkan secara simbolis oleh Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, Jeffry Sharp—Direktur Eksekutif USAID Indonesia, dan Asri Indiyani—Kepala Seksi Kelembagaan, Sub Direktorat Standarisasi dan Kelembagaan, Direktorat PLP, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman menjelaskan bahwa pemerintah dan masyarakat mempunyai tanggung jawab bersama untuk melestarikan melestarikan lingkungan.

“Penampungan tinja yang kedap dan penyedotan berkala akan melindungi sumber air minum Kota Ternate,”ujar Burhan dalam sambutannya.

“Hari ini kita akan meluncurkan program layanan lumpur tinja. Namun, yang paling penting adalah kita perlu sosialisasi ke masyarakat agar mereka mempunyai pemahaman baik tentang tangki septik dan layanan lumpur tinja untuk mencapai kehidupan yang sehat,” sambung Burhan.

Sementara itu, Direktur Eksekutif USAID Indonesia, Jeffry Sharp, mengapreasiasi komitmen Pemerintah Kota Ternate untuk melaksanakan layanan lumpur tinja.

“Kami bangga dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Ternate yang mempunyai komitmen kuat untuk mencapai target sanitasi aman melalui layanan lumpur tinja,” ungkap Jeffry.

Jeffry berharap layanan lumpur tinja dapat membantu Kota Ternate mewujudkan sanitasi aman seperti yang ditargetkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Di samping itu, program layanan lumpur tinja di Kota Ternate juga mendapat dukungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat siap mendukung Kota Ternate melaksanakan layanan lumpur tinja,” ujar Asri Indiyani, Kepala Seksi Kelembagaan, Sub Direktorat Standarisasi dan Kelembagaan, Direktorat PLP, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Menurutnya, Kota Ternate saat ini masuk dalam 10 persen kabupaten/kota di Indonesia yang telah meluncurkan layanan lumpur tinja. Hal ini dicapai berkat komitmen kuat dari pemerintah kota.

Pemerintah Kota Ternate telah mempunyai sarana pendukung pelaksanaan layanan lumpur tinja, antara lain UPTD PALD yang bertugas mengelola air limbah domestik, peraturan daerah pendukung, IPLT Buku Deru-Deru yang telah direnovasi dengan APBD 2019, dan sistem manajemen informasi data pelanggan. Persiapan sarana pendukung ini dilakukan oleh Pemerintah Kota Ternate dengan bantuan USAID IUWASH PLUS sejak 2017.

UPTD PALD juga telah mengidentifkasi 2.000 rumah tangga yang berpotensi menjadi pelanggan layanan lumpur tinja, dan 200 di antaranya ditargetkan menerima layanan lumpur tinja hingga Agustus 2020.

Available in enEnglish (English)

Mitra