English Indonesia
Kamis, 14 November 2019

Pemkab Wonosobo Akan Percepat Pencapaian Layanan Sanitasi 100 Persen

Pemkab Wonosobo Akan Percepat Pencapaian Layanan Sanitasi 100 Persen

Pemerintah Kabupaten Wonosobo menggelar seminar dan expo Kolaborasi Sanitasi Merawat Negeri pada 6 November, 2019 di Gedung Adipura Kencana, Kabupaten Wonosobo.

Pelaksanaan kegiatan ini didukung oleh USAID IUWASH PLUS, KOTAKU, water.org, Bank Indonesia, dan perusahaan swasta dan dihadiri oleh Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagyo dan perwakilan pemerintah pusat, provinsi, OPD kabupaten, dan kelurahan.

“Kolaborasi Sanitasi Merawat Negeri ini bertujuan membangun visi bersama untuk mempercepat penyediaan layanan sanitasi 100 persen,” ujar Wakil Bupati Wonosobo.

Pemerintah Kabupaten Wonosobo mendukung target Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bebas dari praktik BABS di 2021. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten menargetkan pembangunan 15 ribu toilet dengan tangki septik di 265 desa.

Untuk mencapai target tersebut, sejumlah desa/kelurahan berkomitmen membangun 2 ribu toilet dengan tangki septik menggunakan Dana Desa 2020. Pemerintah kabupaten juga akan menggunakan DAK untuk membangun 5 ribu toilet dengan tangki septik. Sisanya akan didorong melalui kontribusi swasta dan lembaga keuangan mikro.

Dalam kegiatan ini, Bupati Wonosobo juga mengukuhkan satgas sanitasi yang beranggotakan organisasi perangkat daerah, TNI, PKK, BUMD, serta perwakilan organisasi wanita dan pemuda.

Satgas ini akan bertugas menyusun program-program peningkatan akses sanitasi, seperti edukasi dan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, mendorong partisipasi publik, dan melakukan monitoring dan evaluasi.

Wakil Bupati Wonosobo berharap Satgas Sanitasi dapat mewujudkan koordinasi dan kerja sama yang solid untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Wonosobo.

Selain pengukuhan satgas, beberapa program peningkatan akes sanitasi juga diluncurkan, seperti, aplikasi KOLAM SUSU untuk  pengumpulan data, pelaporan, dan mendorong kolaborasi peningkatan akses sanitasi dan mikro-kredit sanitasi  dibuat oleh PD BPR.BKK Wonosobo dengan dukungan water.org.

Dalam expo sanitasi ini, USAID IUWASH PLUS juga mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat melalui kegiatan cuci tangan pakai sabun.

Available in enEnglish (English)

Mitra