English Indonesia
Selasa, 10 September 2019

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mengunjungi Lokasi SIMASKOTA di Kelurahan Tebet Timur

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mengunjungi Lokasi SIMASKOTA di Kelurahan Tebet Timur

(September 1, 2019) Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, David R. Stillwell mengunjungi Kelurahan Tebet Timur untuk melihat pelaksanaan program SIMASKOTA (Sanitasi Masyarakat Perkotaan) di RW 10 Kelurahan Tebet Timur, Jakarta Selatan.

SIMASKOTA merupakan program sanitasi yang didanai oleh Sinar Mas APP dan diujicobakan di dua kelurahan di DKI Jakarta, yaitu Tebet Timur dan Pademangan Barat, oleh Konsorsium SIMASKOTA dan USAID IUWASH PLUS sejak Januari 2018.

Turut hadir dalam kunjungan ini Duta Besar A.S, Joseph R. Donovan, Direktur Kantor Lingkungan Hidup USAID Indonesia, Direktur Sinar Mas APP, anggota konsorsium SIMASKOTA (Lurah Tebet Timur, Camat Tebet, YPCII, dan SPEAK Indonesia), USAID IUWASH PLUS, tokoh dan anggota masyarakat.

RW 10 Kelurahan Tebet merupakan daerah kumuh padat penduduk. Menurut survei baseline SIMASKOTA, 91 persen dari total 490 KK di RW ini tidak mempunyai tangki septik atau akses terhadap instalasi pengelolaan air limbah.

Oleh sebab itu, SIMASKOTA membantu membangun instalasi pengolahan air limbah komunal dan tangki septik bersama menggunakan pilihan teknologi yang cocok untuk daerah dengan ketersediaan lahan terbatas dan permukaan air tinggi. Program ini juga melakukan kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat.

Instalasi Pengolahan Air Limbah komunal yang dibangun oleh SIMASKOTA dirancang dengan kapasitas 100 sambungan rumah atau setara sekitar 500 jiwa. Hingga September 2019, 70 KK atau sekitar 350 jiwa tersambung dengan instalasi ini. Masyarakat yang menerima manfaat juga dilibatkan dalam proses pembangunannya. Mereka membiayai pembangunan sambungan rumah ke Instalasi Pengolahan Air Limbah komunal.

Selain Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal, SIMASKOTA juga membantu pembangunan tangki septik bersama bagi empat KK. Pembangunan sarana tersebut membutuhkan biaya sekitar Rp20 juta dan semuanya ditanggung oleh penerima manfaat.

Pemerintah Kelurahan Tebet Timur juga mendorong masyarakat yang belum mempunyai tangki septik atau akses terhadap Instalasi Pengolahan Air Limbah komunal untuk membangun sarana tersebut secara swadaya. Selain itu, USAID IUWASH PLUS juga bekerja sama dengan lembaga keuangan mikro untuk mempromosikan pembiayaan mikro kepada masyarakat.

“Program SIMASKOTA ini merupakan contoh [kerja sama multi-pihak] yang baik. Kami senang dapat berkontribusi kepada masyarakat,” ujar Elim Sri Taba, Chief of Sustainability Office, Sinar Mas APP.

Available in enEnglish (English)

Mitra