English Indonesia
Rabu, 28 Agustus 2019

Diskusi Manajemen Risiko Rencana Bisnis PDAM Sragen

Diskusi Manajemen Risiko Rencana Bisnis PDAM Sragen

Pada 21 Agustus, 2019, USAID IUWASH PLUS melaksanakan diskusi terpumpun (FGD) manajemen risiko untuk rencana bisnis PDAM Sragen di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Diskusi ini dihadiri oleh Direktur Utama PDAM Sragen dan stafnya, perwakilan dari Universitas Negeri Semarang dan USAID IUWASH PLUS.

Diskusi ini dilakukan untuk membantu PDAM membuat rencana bisnisnya tahun 2020-2024. Dengan rencana bisnis ini, PDAM menargetkan penambahan 13 ribu pelanggan baru di tahun 2024. Saat ini, PDAM Sragen melayani lebih dari 65 ribu pelanggan.

Diskusi manajemen risiko merupakan salah satu dari tujuh langkah dalam pembuatan rencana bisnis menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri No 118 tahun 2018. Ketujuh langkah tersebut adalah diskusi visi dan misi, analisis SWOT, FGD proyeksi kebutuhan air, manajemen risiko, program dan investasi, proyeksi keuangan, dan lokakarya rencana bisnis dengan pemangku kepentingan terkait.

“FGD ini sangat penting karena manajemen risiko merupakan materi baru dalam Permendagri No 118 tahun 2018 sehingga perlu ada diskusi mendalam untuk topik ini,” ujar Supardi, Direktur Utama PDAM Sragen.

Selama diskusi, para peserta mengindentifikasi beberapa potensi risiko terkait keuangan, teknis, administrasi, dan keadaan kahar yang mungkin terjadi selama periode rencana bisnis.

Selanjutnya, PDAM Sragen akan membahas risiko, dampak, dan rencana mitigasinya secara lebih detil dalam FGD program dan investasi pada bulan September.

Available in enEnglish (English)

Mitra