English Indonesia
Senin, 27 Mei 2019

Pokja AMPL Kabupaten Bantaeng dan Bulukumba Gelar Lokakarya Governance Index

Pokja AMPL Kabupaten Bantaeng dan Bulukumba Gelar Lokakarya Governance Index

Pokja AMPL Kabupaten Bantaeng dan Bulukumba melaksanakan lokakarya Governance Index (Godex) di kabupaten masing-masing pada 22 Mei 2019 di Bantaeng dan 23 Mei 2019 di Bulukumba.

Dalam lokakarya ini, para peserta mendiskusikan perkembangan situasi pelayanan air bersih dan air limbah domestik, termasuk kinerja para operator dan operasional IPLT.

Para peserta juga membahas hal yang diperlukan dalam pengelolaan air limbah domestik, seperti teknis, manajemen, anggaran, peraturan, dan kelembagaan.

Para peserta juga memberi nilai berdasarkan indikator Godex, yang meliputi responsif anggaran, akuntabilitas, inklusif, profesionalitas, dan kerangka peraturan, berdasarkan kesepakatan dengan organisasi pemerintah daerah terkait dan dokumen yang sudah diverifikasi.

Berdasarkan diskusi tersebut, Godex Kabupaten Bantaeng meningkat dari 62 di tahun 2018 menjadi 70 di tahun 2019. Kenaikan ini terjadi antara lain karena anggaran pengelolaan air limbah domestik di Kabupaten Bantaeng sudah responsif gender.

Serupa dengan Kabupaten Bantaeng, Godex Kabupaten Bulukumba juga meningkat dari 48 di tahun 2018 menjadi 51 tahun 2019. Kenaikan ini terjadi karena Kabupaten Bulukumba meningkatkan anggaran air minum dalam RPJMD dan PDAM juga telah mempunyai rencana bisnis.

Para peserta di Kabupaten Bantaeng dan Bulukumba sepakat untuk melakukan beberapa rencana tindak lanjut, antara lain pemerintah daerah akan membuat program prioritas WASH berdasarkan indikator Godex yang perlu ditingkatkan, dan Pokja AMPL akan lebih banyak membahas isu WASH di pertemuan rutin mereka.

Lokakarya di Kabupaten Bantaeng dan Bulukumba dihadiri oleh sekitar 15 hingga 18 peserta yang mewakili organisasi anggota Pokja AMPL.

Available in enEnglish (English)

Mitra