English Indonesia
Selasa, 14 Mei 2019

Pelatihan Enumerator untuk Survei Kepuasan Pelanggan dan Survei Kebutuhan Nyata PDAM Delta Tirta Sidoarjo

Pelatihan Enumerator untuk Survei Kepuasan Pelanggan dan Survei Kebutuhan Nyata PDAM Delta Tirta Sidoarjo

PDAM Delta Tirta Sidoarjo, dengan dukungan USAID IUWASH PLUS, melakukan pelatihan enumerator untuk survei kepuasan pelanggan dan survei kebutuhan nyata  pada 07 Mei 2019 di Kabupaten Sidoarjo.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya PDAM untuk meningkatkan dan mengembangkan pelayanannya karena mulai 2019 PDAM Delta Tirta akan menerima air curah dari mata air Umbulan yang dikelola oleh PDAB Provinsi Jawa Timur sebesar 1.200 liter per detik. Rencananya air curah tersebut akan digunakan untuk melayani sedikitnya 100.000 pelanggan baru.

Selama pelatihan, para peserta mendiskusikan berbagai topik, antara lain strategi pelaksanaan survei kepuasan pelanggan dan survei kebutuhan nyata, cara menggunakkan mWater untuk survei, kuesioner yang akan digunakan untuk survei, dan pembagian wilayah kerja enumerator.

Para peserta juga mendapat kesempatan untuk praktik menggunakan mWater untuk mengumpulkan dan monitoring data.

“mWater membantu melihat perkembangan pengumpulan dan enumerator dan menunjukkan hasil real-time,” ujar Rudianto, salah satu peserta pelatihan.

Setelah mengikuti pelatihan, para enumerator akan melakukan survei kepuasan pelanggan dan survei kebutuhan nyata ke sekitar 2.000 pelanggan dari Mei 8 hingga 18, 2019.

Lokasi survei tersebut telah diputuskan oleh PDAM dan USAID IUWASH PLUS sebelum pelatihan.

Sekitar 30 orang, yang terdiri dari PDAM staf yang akan bertugas sebagai enumerator survei dan USAID IUWASH PLUS, hadir dalam pelatihan ini.

Available in enEnglish (English)

Mitra