English Indonesia
Selasa, 9 April 2019

Pelatihan Pengarusutamaan Gender di Sektor WASH bagi Tim Monev Partisipatif di Desa Sarakan dan Desa Kayu Bongkok, Tangerang

Pelatihan Pengarusutamaan Gender di Sektor WASH bagi Tim Monev Partisipatif di Desa Sarakan dan Desa Kayu Bongkok, Tangerang

02/04/2019) Puskesmas Sepatan, dengan bantuan USAID IUWASH PLUS, menyelenggarakan pelatihan pengarusutamaan gender untuk sektor WASH bagi tim monitoring dan evaluasi (monev) partisipatif Desa Sarakan dan Desa Kayu Bongkok di Puskesmas Sepatan, Tangerang.

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai bagian dari dukungan USAID IUWASH PLUS kepada tim monev partisipatif. Anggota tim monev tersebut terdiri dari perwakilan masyarakat yang telah mendapat pelatihan monitoring dan evaluasi partisipatif dari USAID IUWASH PLUS.

Pelatihan pengarusutamaan gender ini memberi kesempatan bagi peserta tidak hanya untuk belajar tentang perbedaan jenis kelamin dan gender tapi juga mendiskusikan masalah kesenjangan gender di sektor WASH, seperti persepsi masyarakat bahwa WASH merupakan urusan perempuan.

Para peserta menyambut baik pelatihan ini. Minah, salah satu anggota tim monev partisipatif di Desa Sarakan, mengatakan “setelah pelatihan ini, saya akan mempromosikan kesetaraan gender di sektor WASH kepada bapak-bapak di wilayah saya. Saya akan datang ke Poskamling dan menjelaskan kepada mereka bahwa laki-laki juga bertanggung jawab terhadap [peningkatan] kegiatan WASH di rumah mereka masing-masing”.

Sekitar 16 orang yang mewakili tim monev partisipatif Desa Sarakan dan Desa Kayu Bongkok serta Puskesmas Sepatan mengikuti pelatihan ini.

Available in enEnglish (English)

Mitra