English Indonesia
Rabu, 6 Juni 2018

Promosi IPAL Komunal melalui Dialog Interaktif di Kelurahan Imbi

Promosi IPAL Komunal melalui Dialog Interaktif di Kelurahan Imbi

USAID IUWASH PLUS dan Bappeda Kota Jayapura menyelenggarakan dialog interaktif dengan tokoh-tokoh kunci untuk mempromosikan IPAL Komunal (Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal) di Kelurahan Imbi, Kota Jayapura, 30 Mei 2018. Sarana ini dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua melalui program Sanimas 2017.

Kegiatan dialog interaktif ini melibatkan pemerintah kota Jayapura, program Sanimas, dan beberapa tokoh kunci yang terdiri dari tokoh masyarakat dan pemuka agama. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk menyambungkan rumah mereka ke IPAL Komunal. Kepala Bagian Sosial dan Budaya, Kota Jayapura, Ety Asmuruf membuka dialog interaktif yang dihadiri oleh perwakilan masyarakat dari RT 03/08, Kelurahan Imbi, dan RT 04/05 Kelurahan Trikora. Selanjutnya, tokoh masyarakat, Sanimas, dan fasilitator USAID IUWASH PLUS berdialog membahas latar belakang mengapa masyarakat belum membuat sambungan rumah ke IPAL Komunal dan manfaat membangun sambungan rumah ke sarana IPAL Komunal.

Dalam dialog interaktif ini, beberapa anggota masyarakat, terutama dari Kelurahan Trikora antusias untuk membuat sambungan rumah ke sarana IPAL. Ketua RT 04/05 Kelurahan Trikora, Yance Suruan, mengakui bahwa program ini sangat bagus dan siap untuk mendorong warga di RTnya untuk membuat sambungan rumah ke sarana ini. “Ini adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah sanitasi di daerah ini, di mana sebagian besar masyarakat tidak punya tangki septik, dan semua saluran langsung dibuang ke sungai,” tambahnya. Setelah kegiatan ini, USAID IUWASH PLUS akan melakukan kegiatan promosi dan diseminasi di dua kelurahan ini untuk mendorong lebih banyak masyarakat membuat sambungan rumah ke sarana IPAL Komunal.

 

Perwakilan masyarakat dari RT 03/08 Kelurahan Imbi dan RT 04/05 Kelurahan Trikora berpartisipasi dalam dialog interaktif untuk mempromosikan IPAL Komunal

Available in enEnglish (English)

Mitra