English Indonesia
Rabu, 30 Mei 2018

Tindak Lanjut Lokakarya Nasional Pengisian Air Tanah dengan Sumur Resapan

Tindak Lanjut Lokakarya Nasional Pengisian Air Tanah dengan Sumur Resapan

USAID IUWASH PLUS dan Bappenas menyelenggarakan lokakarya untuk menindaklanjuti Lokakarya Nasional Pengisian Air Tanah Melalui Sumur Resapan di Jakarta, 22 Mei 2018. Sebagai tindak lanjut lokakarya nasional tersebut, lokakarya ini bertujuan menentukan lembaga koordinator, kebijakan dan program lanjutan yang terkait dengan program nasional pengisian air tanah. Lokakarya ini dihadiri oleh 30 orang peserta dari Bappenas, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman, USAID, dan USAID APIK.
Dalam lokakarya ini, peserta membahas peran setiap lembaga dalam program sumur resapan dan konservasi air tanah. Tri Dewi Virgiyanti, Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman Bappenas menyebutkan bahwa program sumur resapan dapat diintegrasikan dengan program yang sudah ada, seperti GN-KPA (Gerakan Nasional-Kemitraan Penyelamatan Air). Yuliarto, Direktur Perencanaan dan Evaluasi Pengendalian Daerah Aliran Sungai, KLHK menyatakan bahwa, terkait dengan tugas dan fungsinya, KLHK dapat menjadi koordinator nasional program pengisian air tanah dengan sumur resapan. KLHK juga mengalokasikan 10% Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan sumur resapan.
Sosialiasi hasil dan kegiatan program sumur resapan kepada kementerian terkait, yang tergabung dalam tim GN-KPA, akan dilakukan bersama oleh USAID IUWASH PLUS, Bappenas, KLHK, dan PUPR. Kegiatan sosialisasi tersebut akan dilakukan setelah Idul Fitri 2018. “Sumur resapan berhasil meningkatkan debit mata air yang dapat digunakan sebagai air baku, sehingga perlu disosialisasikan di tingkat nasional/ kementerian agar menjadi program dan kebijakan nasional,” ujar Ibu Tri Dewi Virgiyanti.

 

Peserta lokakarya membahas dan menentukan lembaga koordinator, kebijakan, dan program lanjutan yang berkaitan dengan program nasional di bidang pengisian air tanah, 22 Mei 2018.

Available in enEnglish (English)

Mitra