English Indonesia
Rabu, 23 Mei 2018

Lokakarya Strategi Pemasaran Sanitasi

Lokakarya Strategi Pemasaran Sanitasi

USAID IUWASH PLUS dan BAPPENAS menyelenggarakan lokakarya strategi pemasaran sanitasi di Jakarta pada tanggal 14 Mei 2018. Lokakarya tersebut bertujuan memperkenalkan dan mendiskusikan strategi pemasaran sanitasi berbasis pasar kepada mitra kunci di tingkat nasional. Lokakarya ini dihadiri oleh Ibu Tri Dewi Virgiyanti, Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Pemukiman BAPPENAS, Bapak Matthew Burton, Direktur Kantor Lingkungan Hidup USAID, dan peserta dari BAPPENAS, KemenPUPR, Kemenkes, UPTD PAL Bekasi, UPTD PAL Jaya, produsen tangki septik, dan USAID.

Selama lokakarya, para peserta berdiskusi tentang pemasaran sanitasi yang berkelanjutan dan pelaksanaan strategi pemasaran sanitasi. Para peserta juga membahas rencana tindak lanjut untuk melaksanakan strategi pemasaran sanitasi, seperti rencana ‘siapa yang bekerja – siapa yang membiayai’ di bidang pemasaran sanitasi (pembuatan tangki septik, promosi, penjualan, dan penyedotan), serta apa yang dapat dilakukan dan diperlukan oleh lembaga-lembaga terkait untuk melaksanakan pemasaran sanitasi.

Di sesi penutup, Ibu Tri Dewi Virgiyanti memberikan presentasi tentang pentingnya menciptakan lingkungan pendukung untuk pemasaran sanitasi. “Semua pihak, termasuk sektor swasta, harus terlibat dalam pelaksanaan pemasaran strategi sanitasi untuk membantu mencapai target Akses Universal 2019,” ujar Ibu Tri Dewi Virgiyanti menutup presentasinya.

Untuk menindaklanjuti lokakarya ini, USAID IUWASH PLUS berencana melakukan proyek percontohan untuk melaksanakan strategi pemasaran sanitasi tahun ini.

Di salah satu sesi lokakarya, peserta bekerja dalam kelompok untuk membahas dan berbagi pengalaman tentang pelaksanaan strategi pemasaran sanitasi.

Available in enEnglish (English)

Mitra