English Indonesia
Senin, 23 Oktober 2017

Membangun Kerja Sama Untuk Sektor Air Minum dan Sanitasi dengan Media di Surakarta

Membangun Kerja Sama Untuk Sektor Air Minum dan Sanitasi dengan Media di Surakarta

Sebagai bagian dari upaya advokasi, USAID IUWASH PLUS telah melakukan beberapa kegiatan Kunjungan Media dan Diskusi Tematik media. Kegiatan itu telah dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 17 Maret 2017. di Medan tanggal 7-8 April 2017 dan di Makassar pada 30 Mei 2017. Di Surakarta, Jawa Tengah kegiatan serupa telah dilaksanakan tanggal 3-4 Oktober 2017.

Diskusi tematik media yang diadakan tanggal 3 Oktober 2017 dihadiri oleh wartawan dari media (cetak, siaran, daring), jurnalis warga, dan organisasi masyarakat. Diskusi itu meliputi bagaimana tren media saat ini dan peran media dalam mendukung sektor air minum, sanitasi, dan mendorong perubahan perilaku higiene di Jawa Tengah, dan juga bagaimana media dapat berperan dalam advokasi untuk mendorong peningkatan partisipasi publik dalam mendukung percepatan peningkatan akses air minum, sanitasi sekaligus mendorong perubahan perilaku higiene di Indonesia.

Diskusi yang mengangkat peran media di sektor air minum dan sanitasi ini mendapat tanggapan positif dari peserta. “Media turut bertanggung jawab dalam melakukan advokasi, edukasi, dan sosialisasi kepada masyarakat terkait masalah air minum, sanitasi dan perilaku higiene,” ujar Andri, wartawan yang bertugas di Balaikota Surakarta.

Pada Tanggal 4 October 2017, acara dilanjutkan dengan kunjungan tim USAID IUWASH PLUS Regional Jawa Tengah dan spesialis media Komponen 4 USAID IUWASH PLUS dari Jakarta ke kantor Redaksi Solopos, Radar Solo Jawa Pos dan Joglosemar. Kunjungan itu mendapat sambutan hangat. “Pada prinsipnya kami sangat mendukung advokasi dan edukasi oleh media kepada masyarakat terkait air minum dan sanitasi. Layanan truk tinja sendiri menarik dan bisa diljadikan liputan media terkait alur penampungan, pengurasan, dan pengolahan lumpur tinja khususnya yang dilakukan oleh truk tinja swasta” ungkap Suwarmin, Pemimpin Redaksi Solopos.

Available in enEnglish (English)

Mitra