Home » Berita » 7 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaru 2023, Harus Nonton!

7 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaru 2023, Harus Nonton!

JAKARTA – Dalam dunia perfilman, genre horor di tanah air benar-benar mengalami perkembangan pesat. Tentunya, ini tidak bisa dipisahkan dari ketertarikan masyarakat terhadap genre film ini. Pada beberapa tahun terakhir, terbukti bahwa film bergenre horor sangat populer di kalangan pecinta film. Kini, kita akan membahas beberapa rekomendasi film horor Indonesia terbaru yang menarik untuk disaksikan. So, mari kita simak!

Apa Itu Film Horor?

Apa itu film horor

Film horor adalah genre film yang dirancang untuk menimbulkan perasaan ketakutan, kengerian, dan teror pada penonton. Tujuan utamanya adalah menciptakan suasana menegangkan dan menakutkan dengan menggunakan berbagai elemen seperti alur cerita yang misterius, karakter menyeramkan, efek visual, dan audio yang intens. Film horor seringkali mengeksplorasi tema-tema yang berkaitan dengan kematian, kejahatan supranatural, dan ketidakpastian. Jadi, jika kalian suka menonton film dengan jumpscare dan momen menegangkan, film horor bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu sambil menikmati popcorn.

Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaru

Akhir-akhir ini, industri film Indonesia semakin berkembang, khususnya di genre horor. Ketertarikan masyarakat terhadap film horor semakin meningkat, menciptakan permintaan yang tinggi untuk film-film bergenre ini. Untuk memenuhi selera para penikmat film horor tanah air, berbagai film telah diproduksi dengan menghadirkan kisah menarik dan efek visual yang mengesankan.

Berikut ini kita akan membahas 7 rekomendasi film horor Indonesia terbaru yang wajib ditonton oleh kalian. Let’s dive in!

1. Alena Anak Ratu Iblis

Alena Anak Ratu Iblis

Film horor yang satu ini dirilis pada tanggal 5 Januari 2023. Mengisahkan sepasang suami istri, yaitu Hendra (Temmy Rahadi) dan Maya (Ririn Ekawati), yang menemukan seorang anak perempuan terlantar saat dalam perjalanan pulang. Anak tersebut tampak seperti ditinggalkan oleh orang tuanya.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk merawat dan mengadopsi anak perempuan tersebut. Mereka memberi nama kepadanya, yaitu Alena (Ciara Brosnan). Sejak mengadopsi Alena, keluarga mereka merasakan dampak positif yang signifikan. Namun, sayangnya, hal itu tidak bertahan lama. Kejanggalan demi kejanggalan mulai terjadi dalam kehidupan mereka.

Film ini berdurasi 1 jam 37 menit dan disutradarai oleh Sonu S. Dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris berpengalaman, seperti Ririn Ekawati, Temmy Rahadi, dan Ciara Brosnan. Alena: Anak Ratu Iblis merupakan film yang patut ditonton bagi kalian yang penasaran dengan misteri sebenarnya di balik identitas Alena. Jangan lewatkan keseruan film ini, dan bersiaplah untuk merasakan momen thrilling yang akan memacu adrenalin kalian!

Nama FilmAlena Anak Ratu Iblis
Tanggal Dirilis5 Januari 2023
Durasi1 jam 37 menit
SutradaraMaruska Bath
IMDb Rating3.4/10
Baca Juga: Plot Twist Adalah: Berikut 9 Film Terbaik Ini Endingnya Diluar Nalar

2. Anak Titipan Setan

2. Anak Titipan Setan

Salah satu film horor Indonesia terbaru yang patut ditonton ialah “Anak Titipan Setan”. Film ini dirilis pada tanggal 12 Januari 2023 dan masih menjadi topik pembicaraan yang hangat. Film ini terinspirasi dari kejadian nyata yang diliput oleh jurnalis pada tahun 1994 – 1995 di Jawa Tengah.

Baca Juga  15 Rekomendasi Film Korea Terbaru Berbagai Genre, Seru!

Yang menarik dari film ini adalah kisah pesugihan dengan nama “Jaran Penoleh”, sebuah urban legend dari daerah Jawa Tengah. Pelaku pesugihan dalam film ini adalah Eyang Susana (Ingrid Widjanarko), mertua dari Sari (Anisa Hertami). Setelah mengorbankan anak dan cucunya, Eyang Susana kini berniat menumbalkan putri perempuannya.

Apakah putri tersebut akan menjadi tumbal berikutnya? Bagaimana Sari bisa melepaskan kesedihan akibat kehilangan suami dan anaknya? Tontonlah film berdurasi 1 jam 48 menit ini untuk mengetahui jawabannya. Film ini sangat cocok dinikmati bersama teman-teman kamu, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menonton “Anak Titipan Setan”!

Nama FilmAnak Titipan Setan
Tanggal Dirilis12 Januari 2023
Durasi1 jam 48 menit
SutradaraErwin Arnada
IMDb Rating5.5/10

3. Tumbal Kanjeng Iblis

3. Tumbal Kanjeng Iblis

Kalian suka dengan film horor yang berkisah tentang sekte sesat? Jika iya, maka film “Tumbal Kanjeng Iblis” wajib masuk dalam watchlist kalian. Cerita yang menarik dan seru ini mengisahkan sekelompok orang yang tergabung dalam sekte sesat, melakukan ritual secara sembunyi-sembunyi.

Film horor Indonesia terbaru ini sukses mencuri perhatian banyak penonton, mengingat ceritanya cukup familiar di kalangan masyarakat. Selain itu, sutradara Mizan Fadilah telah menyiapkan cukup banyak jumpscare yang membuat penonton terkejut. Jadi, bersiaplah untuk merasakan detak jantung berdegup kencang saat menonton film berdurasi 1 jam 33 menit ini.

Dalam film ini, kamu akan disuguhi berbagai adegan menegangkan dan misteri di balik sekte sesat tersebut. Siapkan diri kalian untuk menyelami dunia gelap dan menyingkap rahasia di balik ritual-ritual yang tersembunyi. “Tumbal Kanjeng Iblis” menjadi film horor yang siap memberikan pengalaman menonton yang menantang dan menggemparkan. Jangan sampai ketinggalan, ajak teman-teman kalian untuk menikmati film ini bersama!

Nama FilmTumbal Kanjeng Iblis
Tanggal Dirilis22 Desember 2022
Durasi1 jam 33 menit
SutradaraMizam Fadilah Ananda
IMDb Rating5.7/10

4. Keramat 2 : Caruban Larang

4. Keramat 2 Caruban Larang

Banyak orang mungkin setuju bahwa film “Keramat” tahun 2009 merupakan salah satu film horor yang sangat berkesan dan tak terlupakan. Bahkan hingga kini, masih banyak yang percaya jika film tersebut menggambarkan kejadian nyata, bukan sekadar fiksi belaka.

Setelah 10 tahun berlalu, “Keramat 2: Caruban Larang” akhirnya hadir di layar lebar. Bagi kalian yang penasaran dengan film ini, jangan ragu untuk menontonnya di bioskop. Film ini menceritakan kisah sekelompok anak muda yang pergi ke Cirebon dengan berbagai tujuan yang berbeda. Konflik yang disajikan dalam film ini tentunya cukup menegangkan dan menyeramkan. Durasi film ini adalah 1 jam 34 menit.

Dalam “Keramat 2: Caruban Larang”, kalian akan diajak menyelami berbagai misteri dan petualangan seram yang dihadapi oleh para tokoh. Persahabatan, konflik, dan tantangan yang mereka hadapi akan membuat kalian terpaku pada layar. Jadi, bersiaplah untuk merasakan sensasi menonton yang thrilling dan memacu adrenalin dalam film horor Indonesia terbaru ini. Ajak teman-teman kalian untuk menikmati film ini bersama, dan nikmati kisah seram yang tak terduga!

Nama FilmKeramat 2: Caruban Larang
Tanggal Dirilis24 November 2022
Durasi1 jam 34 menit
SutradaraMonty Tiwa
IMDb Rating6.4/10

5. Qorin

5. Qorin

Film horor yang satu ini, “Qorin”, telah dirilis pada bulan Desember 2022 lalu. Ceritanya mengisahkan tentang jin Qorin, yaitu jin yang mengikuti atau menempel pada tubuh manusia sejak lahir ke dunia. Film ini dibintangi oleh Zulfa Maharani yang memerankan Zahra, seorang santriwati yang berprestasi dan rajin di pesantren.

Baca Juga  15 Rekomendasi Film Komedi Indonesia Terbaik, Dijamin Ngakak!

Zahra, yang terkenal berprestasi, diminta untuk menjaga seorang santriwati baru bernama Yolanda (Agniny Haque) dan melakukan ritual Qorin. Namun, ritual tersebut malah menjadi sumber masalah dan mengganggu Zahra serta teman-teman lainnya di pesantren. Film ini memiliki durasi 108 menit.

Selama menonton film “Qorin”, kalian akan diajak untuk menyelami dunia pesantren, misteri jin Qorin, dan tantangan yang dihadapi oleh Zahra dan teman-temannya. Film ini menawarkan kombinasi antara horor, drama, dan suspense yang akan membuat kalian terpaku pada layar. Jangan lewatkan kesempatan untuk menonton film horor Indonesia terbaru ini, ajak teman-teman kalian untuk menikmati cerita seram dan mendebarkan yang disajikan oleh “Qorin”.

Nama FilmQorin
Tanggal Dirilis1 Desember 2022
Durasi 108 menit
SutradaraGinanti Rona
IMDb Rating6.9/10

6. Bayi Ajaib

6. Bayi Ajaib

Film horor Indonesia terbaru selanjutnya adalah “Bayi Ajaib”, yang dirilis pada 19 Januari 2023. Film ini merupakan hasil remake dari judul yang sama, yaitu “Bayi Ajaib” (1982). Mengisahkan tentang dua orang pemuda desa, Kosim dan Dorman, yang mencari kekayaan melalui cara yang berbeda.

Meskipun memiliki cara yang berbeda, keduanya memiliki ambisi dan keserakahan yang sama. Pada akhirnya, mereka berdua sama-sama membuat perjanjian dengan iblis. Tentu saja, hal ini tidak gratis dan ada harga yang harus dibayar. Salah satu tumbal yang harus diberikan adalah anak Kosim. Film dengan durasi 1 jam 47 menit ini sangat worth it untuk ditonton.

Selama menonton film “Bayi Ajaib”, kalian akan diajak menyelami kisah dua pemuda desa yang terjerumus dalam keserakahan dan kekuasaan, serta petualangan mereka dalam berurusan dengan iblis. Dalam film ini, kalian akan melihat bagaimana ambisi bisa mengubah seseorang dan bagaimana harga yang harus dibayar bisa sangat mahal. Jadi, ajak teman-teman kalian untuk menonton film horor Indonesia yang satu ini, dan nikmati kisah seram yang penuh dengan pesan moral tentang keserakahan dan kekuasaan.

Nama FilmBayi Ajaib
Tanggal Dirilis19 Januari 2023
Durasi1 jam 47 menit
SutradaraRako Prijanto
IMDb Rating7.5/10

7. Qodrat

7. Qodrat

Rekomendasi film horor terakhir yang akan membuat jantung kalian berdetak lebih cepat adalah “Qodrat”. Film ini unik karena menggabungkan dua genre, yaitu action dan religi, di dalamnya. Dibintangi oleh Vino G Bastian dan Marsha Timothy, tentunya film ini sangat menarik.

Film ini menceritakan tentang seorang ustad yang ahli dalam hal ruqyah. Sayangnya, ia gagal dalam meruqyah anaknya sendiri. Sebagai akibatnya, anaknya terus dirasuki setan yang bernama Assuala.

Itulah beberapa rekomendasi film horor Indonesia terbaru yang dapat kita bahas. Tentunya, semua film ini sangat patut untuk ditonton. Pastikan untuk tidak menonton sendirian, ya. Ajak teman-teman kalian untuk menikmati film-film horor ini bersama-sama, dan rasakan sensasi ketegangan serta momen jumpscare yang akan membuat kalian terkesima.

Baca Juga  5 Cara Pinjam Pulsa Smartfren Mudah dan Cepat! 

Selamat menonton dan jangan lupa untuk berbagi kesan kalian tentang film-film ini dengan teman-teman. Semoga kalian menikmati pengalaman menonton film horor Indonesia terbaru ini dan mendapatkan inspirasi untuk mengikuti perkembangan perfilman tanah air lebih lanjut.

Nama FilmQodrat
Tanggal Dirilis27 Oktober 2022
Durasi102 menit
SutradaraCharles Gozali
IMDb Rating6.9/10
Baca Juga: Film Kartun Disney Rekomendasi Terbaru Dan Paling Seru Di 2023

Faq

Apa perbedaan film horor dan thriller?

Film horor, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bertujuan untuk menimbulkan perasaan ketakutan, kengerian, dan teror pada penonton. Genre ini sering mengeksplorasi tema-tema supranatural, misteri, dan ketidakpastian. Elemen visual dan audio yang menakutkan serta jumpscare adalah teknik yang sering digunakan dalam film horor untuk menciptakan suasana menegangkan.

Sementara itu, film thriller lebih fokus pada pengembangan alur cerita yang penuh teka-teki dan intrik. Genre ini bertujuan untuk membangkitkan perasaan tegang, antisipasi, dan kegembiraan pada penonton. Dalam film thriller, penonton dihadapkan pada situasi yang penuh ketegangan, konflik, dan aksi. Thriller sering menggabungkan elemen dari genre lain, seperti kriminal, drama, dan misteri.

Secara keseluruhan, film horor lebih menekankan pada aspek ketakutan dan kengerian, sedangkan film thriller lebih menonjolkan aspek ketegangan dan konflik dalam alur cerita. Meskipun demikian, kedua genre ini sering kali saling melengkapi dan tumpang tindih, sehingga terkadang sulit untuk membedakan antara keduanya.

Mengapa film horor indonesia kalah bersaing dengan luar?

Beberapa alasan mengapa film horor Indonesia mungkin kalah bersaing dengan film horor dari luar negeri meliputi:

  1. Kualitas produksi: Film horor internasional, terutama dari Hollywood, sering memiliki anggaran yang lebih besar dan teknologi yang lebih canggih. Hal ini memungkinkan mereka untuk menciptakan efek visual dan audio yang lebih baik, serta produksi yang lebih rapi dan profesional.
  2. Cerita dan konsep: Film horor Indonesia terkadang dianggap kurang inovatif dan kreatif dalam menggali konsep horor yang menarik. Beberapa film horor lokal cenderung mengandalkan mitos dan legenda yang sama, seperti hantu-hantu lokal, tanpa menawarkan twist atau pendekatan baru dalam penceritaan.
  3. Pemasaran dan distribusi: Film horor internasional, terutama dari Hollywood, memiliki jaringan distribusi dan pemasaran yang lebih luas. Mereka mampu menjangkau penonton lebih luas di seluruh dunia, sehingga meningkatkan popularitas dan penerimaan mereka.
  4. Pengaruh budaya: Penonton Indonesia mungkin lebih tertarik pada film horor luar negeri karena terpengaruh oleh budaya populer global. Kita sering terpapar pada film-film Hollywood melalui media, seperti televisi, internet, dan majalah, sehingga kita lebih familiar dengan film horor dari luar negeri daripada yang lokal.

Namun, perlu dicatat bahwa industri film horor Indonesia telah menunjukkan kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa film horor lokal telah mendapatkan pengakuan dan pujian, baik secara nasional maupun internasional. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus mendukung industri perfilman Indonesia agar dapat berkembang dan bersaing dengan film horor dari luar negeri.

Kenapa film horor indonesia banyak adegan hot dewasa?

Beberapa alasan mengapa film horor Indonesia sering memiliki adegan “hot” atau dewasa meliputi:

  1. Strategi pemasaran: Para pembuat film mungkin menganggap bahwa menambahkan adegan dewasa akan menarik lebih banyak penonton, terutama kalangan muda. Adegan “hot” dianggap sebagai daya tarik tambahan yang dapat meningkatkan popularitas dan jumlah penonton film tersebut.
  2. Sensasi: Beberapa film horor mencoba menciptakan atmosfer yang lebih menegangkan dan menakutkan dengan memasukkan adegan dewasa. Adegan “hot” ini bisa menjadi elemen yang menambah efek sensasional dan mempengaruhi emosi penonton.
  3. Budaya: Faktor budaya mungkin juga mempengaruhi kehadiran adegan dewasa dalam film horor Indonesia. Misalnya, di beberapa daerah di Indonesia, cerita tentang hantu sering dikaitkan dengan seksualitas, sehingga hal ini dapat mempengaruhi konten dan adegan dalam film horor lokal.
  4. Persaingan dengan film internasional: Industri film horor Indonesia mungkin merasa perlu untuk menawarkan konten yang lebih berani agar dapat bersaing dengan film horor internasional, yang kadang-kadang juga memiliki adegan dewasa.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua film horor Indonesia mengandung adegan dewasa, dan banyak film horor lokal yang fokus pada aspek cerita, karakter, dan atmosfer horor yang menarik dan berkualitas. Selain itu, seiring waktu, industri perfilman Indonesia telah menjadi lebih sadar akan pentingnya menciptakan film yang bermutu dan inovatif, sehingga tren ini mungkin akan berubah di masa depan.

Baca Juga: Film Netflix Terbaru: Ini Dia 30 Film Paling Populer Di Netflix 2023

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status