Home » Aplikasi » Manhwa List APK Download, Baca Komik Manga Gratis 2023

Manhwa List APK Download, Baca Komik Manga Gratis 2023

Manhwa List APK – Membaca komik manga menjadi salah satu kegiatan seru yang sering dilakukan banyak orang untuk mengisi waktu kosong. Apalagi komik asal Korea Selatan ini sangat populer di platform online, jadi kamu tidak perlu repot-repot membeli versi fisiknya.

Salah satu aplikasi baca komik manga sub indo gratis yang bisa kamu pertimbangkan adalah Manhwa List Apk. Tidak perlu beli koin, kamu bisa nikmati baca manhwa sepuasnya.

Sekilas Tentang Manhwa List APK

Sekilas Tentang Manhwa List APK

Aplikasi baca manhwa yang paling populer di Indonesia adalah Webtoon. Di layanan Play Store saja, aplikasi satu ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali unduhan. Selain Webtoon, ada beberapa aplikasi baca manhwa legal lainnya seperti Kakaopage, Tapas, TapyToon, dan Lezhin Comics. Namun aplikasi-aplikasi tersebut memiliki banyak kekurangan.

Kekurangan utamanya yaitu akses episode gratis yang dibatasi. Kamu hanya bisa baca satu sampai dua episode saja per harinya. Jika ingin baca lebih banyak episode, kamu harus beli koin terlebih dahulu dan membeli episode dengan koin tersebut. Harga koinnya mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp59.000. Jika koin habis, kamu harus membeli lagi.

Bagi para sultan harga tersebut mungkin tidak menjadi masalah. Tapi jika uang jajanmu terbatas, beli koin bakalan bikin boncos. Manhwalist Apk menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin berhemat tapi tetap baca webtoon favorit setiap hari. Aplikasi satu ini adalah aplikasi modifikasi yang berisi banyak manhwa-manhwa populer.

Sama seperti aplikasi modifikasi pada umumnya, aplikasi ini dikembangkan oleh pihak ketiga. Termasuk aplikasi ilegal sehingga tidak tersedia di layanan Play Store. Kamu bisa mengunduhnya di Google lalu menginstalnya untuk bisa baca manhwa kapan saja. Bukan hanya manhwa saja, kamu juga bisa baca manga dari Jepang ataupun manhua dari China.

Baca juga: Mangasusu Mod Apk Download, Baca Komik Manga Sub Indo

Fitur dan Keunggulan Manhwa List APK

Fitur dan Keunggulan Manhwa List APK

Aplikasi Manhwa List begitu populer di kalangan penggemar manhwa. Apa sebenarnya yang membuat aplikasi ini begitu populer? Berikut di antaranya:

1. Tersedia Komik dari Banyak Negara di Manhwa List

Manhwa merupakan sebutan untuk komik-komik dari negara Korea Selatan. Komik dari Negeri Gingseng ini memiliki alur cerita dan grafis yang khas sehingga disukai banyak orang. Meskipun bernama aplikasi Manhwa List, namun nyatanya aplikasi ini juga menawarkan komik dari negara lainnya.

Contohnya yaitu komik dari Jepang yang lebih dikenal dengan nama manga atau komik dari China yaitu manhua. Jika kamu menggemari berbagai komik dari negara-negara tersebut, satu aplikasi saja sudah cukup memenuhi hobimu. Meskipun begitu, memang lebih banyak komik manhwa yang tersedia di aplikasi. Cek versi website-nya terlebih dahulu untuk memastikan komik favoritmu ada di list.

2. Genre Bacaan Lengkap

Layaknya drama Korea, manhwa juga memiliki genre yang beragam. Bukan hanya romantis saja yang populer, tapi juga genre tak biasa seperti thriller, fantasy, science fiction, dan lain sebagainya.

Baca Juga  anoBoy Apk Download (Streaming Anime Gratis Tanpa Iklan) 2023

Aplikasi ini mampu memenuhi semua seleramu. Pasalnya genre yang ditawarkan lengkap. Kamu bisa mencari komik berdasarkan genre yang ingin dibaca. Jadi nanti lebih mudah menemukan komik terbaru sesuai genre favorit. Sangat menyenangkan bukan?

3. Banyak Komik yang Rare

Komik-komik populer yang tayang di Webtoon ataupun Kakaopage pasti ada di Manhwa List Apk. Namun bagaimana dengan komik yang langka? Jangan khawatir, aplikasi ini bahkan lebih lengkap dibandingkan aplikasi resmi tersebut.

Pasalnya manhwa tertentu hanya ada di aplikasi khusus. Misalnya judul pertama hanya ada di Webtoon, sedangkan judul lainnya hanya ada di Kakaopage. Sementara semua manhwa ada di aplikasi Manhwa List. Bahkan banyak komik rare atau langka yang ditawarkan. Jadi ketika kamu mencari judul yang tidak populer, coba cek dulu di aplikasi Manhwa List.

4. Update Setiap Hari

Manhwa termasuk komik online yang sering sekali update. Bahkan setiap minggu rilis episode maupun judul manhwa terbaru. Kamu pencinta manhwa tidak perlu khawatir karena aplikasi modifikasi update seperti aplikasi-aplikasi resmi.

Kamu bisa membaca episode terbaru manhwa favorit tanpa menunggu lama. Selain itu, manhwa yang update setiap hari membuatmu tidak akan pernah kehabisan bacaan. Jadi ketika manhwa favorit hanya update seminggu sekali, kamu bisa membaca judul-judul lain yang juga update. Setiap hari pasti akan ada bacaan baru untuk kamu baca.

5. User Interface Simpel dan Loading Cepat

Beberapa orang terlalu fokus pada isi dari sebuah aplikasi baca manhwa gratis. Padahal user interface atau antarmuka juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Saat antarmukanya nyaman, maka pengalaman yang didapatkan juga nyaman.

Aplikasi modifikasi satu ini menawarkan user interface yang sederhana dan minimalis. Pengguna baru pun bisa langsung paham bagaimana cara mencari manhwa berdasarkan kategori, judul, maupun genre.

Bukan hanya user interface saja, aplikasi ini juga terbilang ringan. Setiap gambar bisa loading cepat asalkan internetmu lancar. Jadi kamu tidak akan merasa kesal karena gambar tidak segera muncul. Pastikan selalu menggunakan kuota yang cukup dan internet lancar.

6. Komik Berwarna yang Menarik

Berbeda dari manga yang biasanya warnanya hitam putih, manhwa memiliki visual yang lebih memikat karena berwarna. Itulah mengapa beberapa orang lebih suka manhwa dibandingkan manga. Apalagi panel percakapannya lebih mudah dipahami dibandingkan manga.

Aplikasi Manhwa List ini menghadirkan komik Korea Selatan yang tampilannya berwarna. Jadi kamu akan semakin betah ketika membacanya. Meskipun begitu, beberapa judul tetap hitam putih jika rilisnya memang hitam putih. Termasuk manga keluaran Jepang, kebanyakan hitam putih. Kamu bisa melihat tanda yang ada di sampulnya. Ada tanda mana komik yang berwarna dan tidak berwarna.

7. Tanpa Iklan

Siapa sih yang suka diganggu oleh iklan, semua orang pasti tidak menyukainya. Bayangkan saja lagi asyik-asyiknya membaca manhwa tapi ada iklan yang berseliweran. Biasanya hal tersebut kamu temukan ketika buka situs baca manhwa gratis.

Berbeda dengan situs tersebut, aplikasi baca manhwa gratis satu ini tanpa iklan. Jadi kamu tidak akan terganggu oleh iklan yang tiba-tiba muncul. Kamu bisa sepenuhnya fokus membaca cerita dari awal sampai selesai. Sangat menyenangkan bukan?

8. Akses Premium Gratis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu harus membeli koin jika ingin mengakses episode-episode terbaru dan episode yang dikunci. Namun jika memakai Manhwa List Apk, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun. Pasalnya semua episode premium bisa diakses secara gratis.

Baca Juga  21 Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP Android dan iOS Terbaru 2023

Keunggulan inilah yang membuat Manhwa List memiliki banyak pembaca. Baik untuk versi website ataupun aplikasinya. Pasalnya fitur gratis ini tidak ada batasannya. Kamu bisa membaca semua episode dan judul secara bebas. Apalagi tidak ada iklan, jadi semakin menyenangkan.

9. Fitur Pencarian

Tidak sedikit penggemar manhwa yang beralih ke aplikasi modifikasi karena episode terbaru di Webtoon sudah berbayar. Jadi kamu pastinya sudah memiliki judul manhwa yang ingin dibaca. Ada ratusan sampai ribuan judul manhwa yang tersedia di aplikasi ini. Tidak mungkin bukan jika harus mencari satu per satu.

Agar menghemat waktu, kamu bisa memanfaatkan fitur pencarian yang ditawarkan aplikasi. Langsung saja masukkan kata kunci berupa judul manhwa yang ingin kamu baca. Nanti akan langsung muncul manhwa favoritmu. Klik bagian judul ataupun sampulnya untuk lanjut membaca.

10. Banyak Pilihan Bahasa

Webtoon dan Kakaopage sebenarnya adalah aplikasi baca manhwa yang berasal dari negara Korea Selatan, sama seperti komik manhwa. Oleh sebab itu, bahasa yang ditawarkan lengkap mulai dari bahasa Inggris, bahasa Korea, sampai dengan bahasa Indonesia.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini juga menawarkan manhwa dengan pilihan bahasa Indonesia. Jadi kamu tidak perlu berpikir dua kali karena menerjemahkan bahasa Inggris. Namun jika kamu lebih suka bahasa Inggris, kamu juga bisa memilih bahasa tersebut.

Keuntungan lainnya yaitu episode tidak akan hilang ketika beralih bahasa. Berbeda dengan Webtoon, episode yang sudah dibeli akan hilang jika kamu ganti bahasa.

11. Tersedia Rekomendasi Komik

Bukan hanya untuk kamu yang sudah memiliki manhwa favorit saja. Kamu yang belum memiliki manhwa favorit juga bisa menggunakannya tanpa kebingungan. Pasalnya ada rekomendasi komik sebagai panduan untuk mencari manhwa sesuai selera.

Jadi fitur rekomendasi ini bisa membantumu melihat-lihat judul manhwa berdasarkan rating. Manhwa terpopuler dan terbaik yang akan direkomendasikan. Semakin banyak yang suka manhwa tersebut, maka rating juga akan semakin tinggi. Baca beberapa episode, jika tidak sesuai selera, kamu bisa mencari judul lainnya. Meskipun rating tinggi tetap preferensi orang tetap berbeda-beda.

Baca Juga: Batoto Apk Download, Baca Komik Manga Terlengkap Terbaru!

Unduh Manhwa List APK Sub Indo Gratis 2023

Unduh Manhwa List APK Sub Indo Gratis 2023

Kamu tidak akan menemukan aplikasi Manhwa List di layanan resmi seperti Play Store. Pasalnya aplikasi dari pihak ketiga termasuk aplikasi ilegal atau tidak resmi. Namun jangan khawatir karena ada link Manhwalist Apk download untukmu berikut ini:

Nama AplikasiManhwa List APK
PengembangManhwa Cust.
Versi1.0.2 (Terbaru 2023)
Ukuran16 MB
Sistem OperasiAndroid 4.4+ ke atas
Rating⭐⭐⭐⭐⭐
Link DownloadLink

Cara Install Manhwa List APK

cara-install-aplikasi-dari-sumber-tidak-dikenal

Setelah download, file aplikasi akan masuk ke penyimpanan di HP. Selanjutnya kamu bisa install aplikasi Manhwa List Apk dengan cara berikut:

  • Langkah 1: Masuk ke menu “Pengaturan” untuk mengatur izin install aplikasi.
  • Langkah 2: Pilih opsi “Privasi”, lalu cari “Sumber Tidak Dikenal”. Aktifkan toggle pada opsi tersebut.
  • Langkah 3: Masuk ke penyimpanan HP yang ada aplikasinya tadi. Klik aplikasi seperti biasanya untuk install.
  • Langkah 4: Tunggu proses install selesai. Kamu bisa baca manga gratis dengan aplikasi ini.
  • Selesai.

Cara Baca Komik Favorit di Manhwa List APK

Cara Baca Komik Favorit

Jika sudah berhasil terpasang di HP milikmu, selanjutnya kamu bisa baca komik di Manhwa List Apk terbaru dengan cara berikut ini:

  • Langkah 1: Masuk ke aplikasi Manhwa List yang sudah terpasang.
  • Langkah 2: Gunakan fitur kategori atau pencarian untuk memilih manhwa yang ingin kamu baca.
  • Langkah 3: Tekan bagian Judul atau Gambar sampul untuk membaca manhwa pilihanmu.
  • Langkah 4: Gambar manhwa akan langsung muncul. Kamu bisa menggunakan tombol navigasi untuk lanjut baca.
  • Langkah 5: Agar tidak kehilangan manhwa favorit, masukkan ke daftar favorit untuk dibaca nanti.
  • Selesai.
Baca Juga  Download Kucing APK Terbaru v2.5.3.0 Streaming Gratis

Kelemahan Manhwa List APK

Kelemahan Manhwa List APK

Ada banyak sekali kelebihan dari Manhwa List Apk yang pastinya menarik minatmu. Namun kamu juga perlu mengetahui kelemahan dari aplikasi ini. Jadikan kelemahan aplikasi sebagai pertimbangan untuk download aplikasi atau tidak. Adapun kelemahan aplikasi Manhwa List yaitu:

1. Hanya Bisa Diakses Secara Online

Aplikasi Manhwa List merupakan aplikasi berbasis online. Jadi semua manhwa yang ada di aplikasi tersebut hanya bisa diakses secara online. Kamu tidak bisa mengunduhnya ataupun menyimpannya untuk dibaca nanti secara offline.

Berbeda dengan aplikasi resmi seperti Webtoon. Aplikasi satu ini menawarkan fitur download. Jika episode sudah kamu download, maka kamu bisa membacanya tanpa koneksi internet. Aplikasi yang wajib diakses secara online membutuhkan kuota dan internet yang lancar. Jika tidak ada kuota, maka kamu tidak bisa membuka ataupun membacanya.

2. Fitur Interaktif yang Masih Terbatas

Beberapa orang sangat suka mengintip komen di manhwa favoritnya. Terkadang berbalas komen dengan penggemar lain juga mengasyikkan. Sayangnya aplikasi modifikasi belum menawarkan fitur interaktif yang bebas seperti aplikasi resmi.

Fitur interaktifnya masih sangat terbatas. Kamu hanya mendapatkan fitur dasar saja saat membaca manhwa. Fitur seperti penilaian, komentar, diskusi, balas komentar, dan lain sebagainya kemungkinan besar tidak ada di aplikasi.

3. Harus Selalu Update

Manhwa List Apk hanya bisa diakses oleh pengguna Android. Pengguna iOS harus membaca manhwa dari aplikasi resmi seperti Webtoon. Bukan hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga merupakan aplikasi ilegal, jadi butuh pembaruan secara berkala.

Kamu wajib melakukan pembaruan setiap ada update dari pengembang. Selain menghindari banned, pembaruan juga memberikan fitur-fitur yang lebih baik dari versi sebelumnya. Tidak ada notifikasi update, jadi kamu harus selalu mencari aplikasi versi terbarunya sendiri.

4. Sering Ganti Domain

Kekurangan aplikasi Manhwa List yang terakhir yaitu sering ganti domain. Jadi ketika kamu sudah memiliki situs yang update aplikasi Manhwa List, situs tersebut sering ganti domain. Tujuan penggantian domain untuk menghindari banned.

Jadi jika kamu sudah nyaman dengan domain sebelumnya, kamu mungkin tidak akan mudah terbiasa. Padahal kamu harus terbiasa dengan situs yang selalu gonta-ganti domain. Itulah kekurangan dari aplikasi modifikasi yang ilegal.

Baca Juga: anoBoy Apk Download (Streaming Anime Gratis Tanpa Iklan) 2023

Manhwa List APK Versi Website

Manhwa List APK Versi Website

Selain versi aplikasi yang perlu diunduh, kamu juga bisa baca manhwa gratis di website-nya. Cara menggunakannya hampir sama, kamu tinggal klik judul atau sampul dari manhwa yang ingin dibaca. Kelebihan versi website yaitu tidak perlu diunduh dan diinstall sehingga lebih aman.

Kamu bisa mengunjungi manhwalist.xyz untuk baca manhwa melalui website. Ada banyak sekali pilihan manhwa dari berbagai genre. Selain itu, website bisa dibuka dari semua browser dan HP. Jadi tidak ada minimal spesifikasi HP yang harus kamu pakai.

Ada rating untuk memilih manhwa favorit pembaca lain. Dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan ketika masuk ke versi websitenya. Tampilannya juga cukup mirip dengan aplikasinya.

Bagaimana Jika Aplikasi Tidak Bisa Dibuka?

Ada kemungkinan aplikasi yang kamu install gagal dibuka. Pasalnya aplikasinya berasal dari luar layanan resmi Play Store. Ada banyak alasan kenapa aplikasi tidak bisa dibuka seperti versi aplikasi kadaluarsa, eror sistem, atau HP tidak kompatibel. Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa menggunakan versi website-nya saja. Atau cari aplikasi terbaru yang masih aktif dan bisa dipakai.

Penutup

Itulah informasi mengenai aplikasi baca manhwa gratis terpopuler yaitu Manhwa List Apk. Namun bagaimanapun, aplikasi ini adalah aplikasi dari pihak ketiga yang keamanannya tidak terjamin 100%. Jadi kamu harus waspada dan hati-hati apabila ada permintaan akses data. Semoga informasi mengenai aplikasi baca manhwa di atas bisa membantu menyalurkan hobimu dengan lebih mudah.

Aktifkan notifikasi untuk berita dan artikel terbaru kami di Google News iuwashplus.or.id

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status