English Indonesia

Kemitraan USAID-SECO

The Swiss Secretariat for Economic Affairs (SECO) dan the United States Agency for International Development (USAID) memiliki tujuan bersama untuk memperkuat kinerja BUMD Air Minum demi peningkatan akses air minum bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam menanggulangi dua tantangan teknis yang sangat berdampak: (1) tingginya angka air tidak berekening (non-revenue water/NRW); dan (2) rendahnya efisiensi energi (EE).

NRW adalah air yang hilang atau tidak tertagih kepada pelanggan yang bisa disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk kebocoran pipa, ketakakuratan pengukuran, dan pencurian air. EE berkenaan dengan jumlah energi yang dikonsumsi untuk mendistribusikan air minum kepada pelanggan. Saat ini, NRW masih menjadi tantangan besar bagi berbagai PDAM di Indonesia dan banyak sistem perpompaan air yang dimiliki PDAM juga belum hemat energi.

Untuk menyediakan upaya penurunan dan pengendalian NRW dan peningkatan EE yang komprehensif dan terukur di Indonesia, SECO bekerja sama dengan USAID untuk menjalankan program bantuan teknis selama tiga tahun yang diimplementasikan di bawah program USAID IUWASH PLUS dengan tujuh PDAM mitra di dua provinsi, yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Ketujuh PDAM mitra tersebut berada di Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kota Surakarta, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Sukoharjo.

Available in enEnglish (English)