Home » Islami » Doa Naik Kendaraan Laut: Arab, Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Doa Naik Kendaraan Laut: Arab, Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

JAKARTA – Menghadapi kehidupan sehari-hari, kita sering kali menggunakan berbagai jenis transportasi untuk melakukan perjalanan. Salah satunya adalah kendaraan laut, seperti kapal atau feri. Dalam Islam, sebelum memulai suatu perjalanan, disarankan untuk berdoa terlebih dahulu agar diberikan keselamatan dan perlindungan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, Doa Naik Kendaraan Laut menjadi sangat penting bagi umat Muslim yang hendak menempuh perjalanan menggunakan kendaraan laut.

Dalam setiap perjalanan, tentunya kita menginginkan keberkahan, perlindungan, dan keselamatan. Terlebih lagi, perjalanan melalui laut memiliki tantangan dan risiko tersendiri, seperti cuaca buruk, ombak besar, dan lain-lain. Oleh karena itu, dengan membaca Doa Naik Kendaraan Laut, kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan, keselamatan, serta kelancaran dalam perjalanan kita.

Berdoa sebelum naik kendaraan laut juga didasarkan pada ayat Al-Qur’an Surat Hud ayat 41, yang berbunyi:

وَقَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Latinnya: Wa qoola irkaboo feeha bismillahi majraha wa mursaha inna rabbee laghafoorun raheem.

Artinya: Dan (Nuh) berkata, “Naiklah ke dalamnya (bahtera) dengan menyebut nama Allah sebagai penggerak dan penghentinya. Sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Bacaan Doa Naik Kendaraan Laut atau Kapal Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Naik Kendaraan Laut atau Kapal Arab, Latin dan Artinya

Doa naik kendaraan laut merupakan bagian dari sunnah Nabi Muhammad SAW yang diajarkan kepada umat Islam sebagai bentuk keyakinan bahwa kita akan selalu dalam perlindungan Allah SWT ketika berada di atas kendaraan laut. Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa ini agar kita senantiasa mengingat kebesaran-Nya dan berserah diri sepenuhnya kepada-Nya dalam setiap situasi, termasuk saat kita berada di tengah lautan.

Baca Juga  Doa Memakai dan Melepas Pakaian, Serta Adab Berpakaian

Ada beberapa hikmah yang bisa kita ambil dari mengamalkan doa naik kendaraan laut. Pertama, doa ini mengajarkan kita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan kemudahan yang telah diberikan-Nya dalam perjalanan kita, seperti keselamatan dan kelancaran. Kedua, doa ini menjadi pengingat bagi kita bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini berada di bawah kehendak-Nya. Dengan mengamalkan doa ini, kita juga akan lebih fokus dan konsentrasi dalam menjalani perjalanan, serta menjaga keselamatan diri dan orang-orang di sekitar kita.

Berikut adalah doa naik kendaraan laut dalam bahasa Arab, tulisan Latin, dan artinya sesuai dengan sunnah Nabi:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Dalam Tulisan Latin: Bismillaahi majraahaa wa mursaahaa, inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Keutamaan dan Manfaat Doa Naik Kendaraan Laut

Keutamaan dan Manfaat Doa Naik Kendaraan Laut

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melakukan perjalanan menggunakan berbagai jenis transportasi. Salah satu kendaraan yang kerap digunakan untuk menyeberangi lautan adalah kapal. Sebagai umat Muslim, kita diajarkan untuk selalu berdoa sebelum memulai sebuah perjalanan, termasuk saat naik kendaraan laut.

Mengucapkan doa saat naik kendaraan laut memiliki beberapa keutamaan dan manfaat, antara lain:

Perlindungan dari bahaya perjalanan

Dengan mengucapkan doa, kita memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari segala macam bahaya yang mungkin terjadi selama perjalanan. Selain itu, doa juga menjadi benteng bagi kita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketentraman dan ketenangan hati selama perjalanan

Doa naik kendaraan laut juga memiliki manfaat untuk memberikan ketenangan dan ketentraman hati bagi kita selama perjalanan. Ketika kita merasa tenang dan damai, perjalanan pun akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga  Man Jadda Wajada Artinya Apa? Ini Penjelasan & Tulisan Arabnya

Rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT

Mengucapkan doa saat naik kendaraan laut juga merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Dengan bersyukur, kita akan selalu ingat bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah SWT.

Akhir Kata

Kita disarankan untuk selalu mengingat dan mengamalkan doa naik kendaraan laut dalam setiap perjalanan menggunakan transportasi tersebut. Dengan begitu, kita akan merasa lebih aman dan tenang saat berlayar, mengingat bahwa kita telah memohon perlindungan dari-Nya. Selain itu, mengamalkan doa ini juga menunjukkan rasa syukur kita atas kesempatan untuk melakukan perjalanan dan mencapai tujuan dengan selamat.

Doa naik kendaraan laut adalah salah satu doa penting dalam kehidupan umat Muslim, terutama bagi mereka yang sering melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut. Dengan mengamalkan doa ini, kita menunjukkan ketaatan kita terhadap ajaran Islam dan mengharapkan perlindungan Allah SWT dalam setiap perjalanan. Oleh karena itu, mari kita selalu mengingat dan mengamalkan doa ini agar perjalanan kita selalu dilindungi oleh-Nya dan mencapai tujuan dengan selamat.

Faq

Kapan waktu dan tempat yang tepat untuk mengamalkan doa naik kendaraan laut?

Waktu yang tepat untuk mengamalkan doa naik kendaraan laut adalah saat kita akan memulai perjalanan di atas kendaraan tersebut. Setelah kita menaiki kapal atau perahu, sebelum kendaraan mulai bergerak, kita dapat melantunkan doa ini. Dalam konteks formal atau kantor, tentunya kita akan memulai perjalanan bersama dengan rekan-rekan kerja atau klien, sehingga penting untuk melantunkan doa ini agar kita semua mendapatkan perlindungan dan keselamatan selama perjalanan.

Tempat yang paling ideal untuk melantunkan doa ini adalah di atas kendaraan laut itu sendiri. Namun, jika situasinya tidak memungkinkan, kita dapat melantunkan doa ini sebelum menaiki kendaraan, seperti di pelabuhan atau tempat-tempat yang aman.

Baca Juga  Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab Serta Tata Cara Sholat Hajat

Bagaimana cara nabi nuh berdoa ketika berlayar?

Ketika kita memutuskan untuk berlayar menggunakan kendaraan laut, sangat penting untuk mengikuti sunnah Nabi dalam berdoa agar perjalanan kita selalu dilindungi oleh Allah SWT. Salah satu contoh doa yang diajarkan oleh Nabi adalah doa yang diucapkan oleh Nabi Nuh AS ketika berlayar.

Nabi Nuh AS merupakan salah satu nabi yang diberikan wahyu oleh Allah SWT untuk menyelamatkan umat manusia dari azab banjir besar. Dalam kisah ini, Nabi Nuh AS membangun sebuah kapal besar untuk mengangkut hewan, keluarganya, dan orang-orang yang beriman. Ketika kapal tersebut siap untuk berlayar, Nabi Nuh AS mengajarkan doa khusus yang patut kita contoh saat naik kendaraan laut.

Surat apa yang menjelaskan tentang doa naik kendaraan laut?

Surat yang menjelaskan mengenai doa naik kendaraan laut adalah Surat Al-Kahf. Dalam surat ini, kita diajarkan doa yang baik untuk dibaca sebelum naik kendaraan laut. Doa ini merupakan doa yang diucapkan oleh Nabi Musa AS dan Nabi Khidir AS ketika mereka hendak menaiki perahu.

Baca Juga: Doa Keluar Rumah Naik Kendaraan Darat Arab, Latin, dan Artinya

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status