Home » Informasi » DM Instagram Terhapus? Ini 5 Cara Mengembalikanya!

DM Instagram Terhapus? Ini 5 Cara Mengembalikanya!

Iuwashplus.or.id DM Instagram Terhapus? – Instagram tuh udah jadi media sosial terkenal yang paling gaul diantara platform lainnya dengan jumlah penggunanya yang banyak banget. Dari DM-nya, lo bisa terhubung sama followers lo dan ngobrolin berbagai macam hal lewat teks, foto, atau video yang lo ambil atau upload dari galeri lo.

Kalo lo sengaja atau nggak sengaja menghapus dm di Instagram, nggak perlu galau. Ada beberapa cara simpel buat lo yang bisa lo lakuin buat mengembalikan dm yang udah terhapus di Instagram.

Sebelum mulai, jangan lupa cek aplikasi Instagram lo yang udah diupdate ke versi terbaru dan baterai HP lo yang cukup buat mengembalikan dm/chat/pesan instagram yang udah terhapus.

Bisakah Mengembalikan Dm Instagram Yang Terhapus?

Bisakah Memulihkan Dm Instagram Yang Dihapus?
fitur baru instagram unduh informasi anda

Kalo lo sering banget make Instagram, lo pasti udah tahu deh kalo dm di sana kehapus, pesannya hilang untuk selamanya. Tapi, sekarang, Instagram udah ngehadirin fitur anyar yang namanya “Unduh Informasi Anda” yang bakal bantu lo nyelamatkan DM yang udah terhapus. Fitur baru ini jadi berita gembira buat banyak pengguna, karena bisa bantu mereka nyelamatkan pesan yang kehapus nggak sengaja atau yang bikin nyesel setelah dihapus.

Tapi, lo kudu tahu juga, ada beberapa keterbatasan buat fitur baru ini. Salah satunya, lo cuma bisa mengembalikan dm yang udah kehapus dalam waktu 24 jam terakhir. Jadi, kalo chatnya udah kehapus lebih dari 24 jam, ya udah kehapus buat selamanya. Selain itu, fitur baru ini cuma tersedia buat pesan antar-dua-orang, nggak buat pesan di grup. Secara keseluruhan, fitur baru dari Instagram ini memang ngebantu sih, tapi nggak sempurna juga ya.

Bagaimana Cara Mengembalikan DM Instagram Yang Terhapus?

DM Instagram

Trus, gimana caranya buat mengembalikan dm/chat/pesan Instagram yang udah kehapus? Nah, ini nih masalah yang paling sering dihadepi sama pengguna Instagram: pesan yang kehapus atau DM yang hilang. Kalo lo udah pernah hapus pesan Instagram tapi nggak bisa nyari-nyari lagi, jangan khawatir.

Gw bakal kasih tau beberapa cara mungkin buat nyelamatkan pesan yang udah kehapus di Instagram.

Baca Juga  7 Cara Cek Paket Telkomsel Mudah, Cepat dan Praktis

Berikut 5 Cara Mengembalikan DM Instagram Yang Terhapus

1. Lewat Fitur Instagram

1. Lewat Fitur Instagram
Fitur instagram unduh informasi data

Kalo lo mau mengembalikan dm yang udah kehapus, salah satu cara paling lazim adalah dengan minta data Instagram. Meskipun nggak instan tapi ini cukup efektif dan terbukti.

Berikut ini cara buat minta data Instagram dan mengembalikan dm yang udah terhapus:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Klik gambar profil.
  3. Klik titik 3 pojok kanan atas.
  4. Terus pilih “Aktivitas Anda“.
  5. Tekan tombol paling bawah “Unduh Informasi Kamu“.
  6. Klik “Minta Unduhan” dan masukin password.

Setelah lo terima email-nya, pilih “Unduh Informasi” dan buka folder “Pesan”. Di situ bakal ada arsip chat yang udah berhasil lo kembalikan! Jangan lupa buat cek folder spam juga ya, siapa tau email-nya masuk ke sana.

Tapi perlu lo inget, proses minta data Instagram bisa memakan waktu hingga 48 jam. Jadi, jangan berharap dm lo bakal kembali dalam sekejap setelah lo minta data Instagram ya. Kalo lo nggak sabar, bisa coba cara lain buat mengembalikan chat Instagram yang udah kehapus.

Note : Biasanya, Instagram mengumpulkan dan mengirim data itu ke kalian dalam waktu 14 hari, dan kalian cuma bisa request satu file setiap empat hari. Pokoknya jangan keseringan request ya, biar gak bikin Instagram bingung sendiri.

2. Lewat Akun Facebook

2. Lewat Akun Facebook
ilustrasi instagram dan facebook

Kalo lo punya akun Facebook, ada cara lain buat mengembalikan dm Instagram yang udah terhapus. Karena Instagram jadi punya perusahaan yang sama dengan Facebook sekarang, jadi pengguna bisa menghubungkan akun Instagram dan Facebook dengan mudah. Nah, setelah kedua akun itu terhubung, lo bisa cari dm Instagram di kotak masuk Facebook.

Berikut ini cara buat mengembalikan dm Instagram pakai Facebook yang terhubung:

  1. Login ke akun Facebook dan pastiin aplikasi Messenger udah terinstall.
  2. Klik aplikasi Messenger yang ada di bagian kanan atas.
  3. Cari pesan Instagram yang udah terhapus.

Gampang banget, kan? Cukup dengan menghubungkan akun Facebook dan Instagram, lo bisa nyari-nyari pesan yang udah terhapus di Instagram.

Note : Dm yang terhapus di Instagram gak bisa dikemabalikan kalau akun Facebook tidak ditautkan ke Instagram.

3. Lewat Backup Data HP (Andorid)

3. Lewat Backup Data HP (Andorid)
cara buat backup data akun di Android

Kalo lo pengguna Android, ada cara lain lagi buat mengembalikan dm Instagram yang udah terhapus. Caranya adalah dengan mem-backup data akun lo, termasuk chat di Instagram.

Baca Juga  15 Cara Mendapat Uang Online Dari Internet Secara Mudah

Berikut ini cara buat backup data akun di Android dan mengembalikan dm yang kehapus:

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” di HP.
  2. Pilih opsi “Sistem” lalu cari dan pilih “Cadangkan & Pulihkan”.
  3. Aktifkan opsi “Cadangan Otomatis” dan pastiin akun Google terhubung ke HP.
  4. Pilih “Cadangkan Sekarang” buat backup data akun.

Setelah selesai, lo bisa buka “Google Drive” dan buka folder “Backup” buat nyari chat Instagram lo yang udah terhapus. Tapi inget ya, cara backup data akun ini nggak bisa dipake buat nyari chat yang udah dihapus sebelum backup data akun dilakuin.

4. Lewat AirDroid Parental Control

4. Lewat AirDroid Parental Control
AirDroid Parental Control

AirDroid Parental Control adalah yang paling lengkap buat sinkronisasi pesan Instagram yang udah terhapus. Dengan aplikasi ini, lo bisa baca pesan lama lo tanpa perlu login ke akun Instagram lo. AirDroid Parental Control adalah aplikasi multifungsi untuk Android, tracking kegiatan anak, dan media sosial yang jauh lebih canggih daripada kebanyakan aplikasi lain.

AirDroid Parental Control juga memungkinkan orang tua buat ngawasin obrolan Instagram anak-anak mereka biar nggak terlibat cyberbullying atau ngobrol sama pengguna yang mencurigakan. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga masing-masing, termasuk notifikasi instan kalo ada yang nggak beres, pelacakan lokasi real-time, pairing nirkabel, dan liat kegiatan online.

Berikut ini cara buat dapetin aplikasi AirDroid Parental Control:

  1. Unduh aplikasi AirDroid Parental Control dari Play Store atau App Store dan install.
  2. Buka AirDroid Parental Control.
  3. Buat akun baru dan login.
  4. AirDroid Kids harus di install di HP target

Konfigurasi beberapa pengaturan yang di butuhkan dan masukin informasi yang tepat. Masukin kode pairing buat hubungin perangkat. Setelah pesan-pesan ter-sync ke AirDroid Parental Control, lo bisa liat percakapan Instagram yang udah tersembunyi, menghilang, atau bahkan terhapus.

5. Minta Penerima untuk Meneruskan DM

Kalo lo udah mencoba beberapa cara di atas tapi tetep nggak berhasil mengembalikan dm Instagram yang udah terhapus, gw ada saran terakhir nih buat lo: minta aja ke penerima pesan buat ngirim lagi pesan-pesannya. Meskipun agak nggak ideal, ini seringkali jadi satu-satunya cara buat nyelamatkan pesan yang udah hilang atau kehapus.

Kalo lo beruntung, lo bisa dapetin pesan yang lo cari dan bisa ngebuat kembali sejarah chat lo yang udah hilang. Caranya gampang, lo tinggal kirim pesan ke kontak minta mereka buat ngirim lagi pesan yang udah lo kirim sebelumnya. Pastiin lo bilang ke mereka kalo lo nggak bisa ngembaliin pesan-pesan tersebut sendiri, dan lo bakal sangat berterima kasih kalo mereka bisa bantuin lo.

Baca Juga  Jadwal FYP TikTok & Tips Berdasarkan Algoritma Tiktok Terbaru

Kesimpulan

Itu tadi beberapa tips buat kalian yang kehapus chat penting dari obrolan Instagram kalian. Meskipun aplikasi Instagram sendiri nggak menyediakan opsi buat mengembalikan pesan yang udah kehapus auat terhapus, ada beberapa teknik yang bisa kalian pake buat nyelamatkan pesan tersebut.

Mulai dari cara sederhana kayak minta data Instagram, nyari-nyari pesan di kotak masuk Facebook yang terhubung, sampe cara yang lebih advanced kayak backup data akun di Android atau pake aplikasi AirDroid Parental Control. Semua cara tersebut cukup mudah dan nggak butuh pengetahuan teknis khusus.

Jadi, kalo kalian secara nggak sengaja kehapus pesan Instagram yang penting, jangan khawatir, masih ada harapan buat mengembalikan pesan tersebut. Semoga tips-tips ini bisa membantu kalian dan jangan lupa buat selalu hati-hati kalo mau ngapus pesan, biar nggak kehilangan pesan-pesan yang penting!

FAQ’s

1. Apakah Bisa mengembalikan dm/chat Instagram yang Udah Terhapus?
Bisa, asal kalian rajin backup perangkat kalian, kalian bisa ngembaliin obrolan Instagram yang udah di hapus.

2. Berapa Lama Pesan yang Udah Dihapus di Instagram Disimpan?
Instagram bilang kalo mereka simpen obrolan yang udah dihapus sampai 30 hari.

3. Kenapa Obrolan DM Saya di Instagram Menghilang?
Kalo lu nggak nemu obrolan DM di Instagram, cek dulu pesan-pesan lu. Kalo obrolannya nggak ada di situ, kemungkinan besar udah di hapus atau diarsipkan. Kemungkinan lainnya adalah obrolannya dilaporkan dan dihapus oleh Instagram.

4. Gimana Cara Liat Arsip Seseorang di Instagram?
Sayangnya, sampe sekarang belum bisa liat arsip orang lain di Instagram.

7. Apakah Pesan Instagram yang Udah Dihapus Hilang Selamanya?
Kalo kalian nggak backup perangkat kalian secara teratur dan nggak nemu pesan yang kalian cari, kemungkinan besar pesan itu udah ilang permanen.

8. Gimana Cara Hapus Pesan Instagram Permanen di Kedua Sisi?
Untuk hapus pesan, klik dan tahan pesannya dan klik “Unsend” dari menu pop-up. Pesan kalian bakal terhapus dari kedua sisi, jadi orang yang kalian kirim pesan nggak bisa liat pesannya lagi.

9. Apakah Pesan Instagram yang Udah Dihapus Bisa Dikembalikan oleh Polisi?
Kalo kepolisian punya surat perintah, mereka bisa pake alat dan ahli untuk ngembaliin obrolan Instagram yang udah di hapus.

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status