Home » Informasi » Browser Anti Blokir Iklan Dan Internet Positif Untuk Android Dan PC

Browser Anti Blokir Iklan Dan Internet Positif Untuk Android Dan PC

JAKARTA, Iuwashplus – Google Chrome mungkin menjadi browser yang paling diminati di pasaran, baik pada perangkat Android maupun pada beragam sistem operasi desktop. Namun, Chrome memiliki beberapa kekurangan, terutama dalam hal iklan dan privasi. Hal ini tidak mengherankan, mengingat bahwa model bisnis Google memang berfokus pada pengumpulan data dan penyajian iklan.

Namun, jangan risau, terdapat beberapa browser Android yang dilengkapi dengan ad blocker yang dapat menggantikan Google Chrome. Bahkan, sebagian besar dari browser-browser tersebut tersedia pada berbagai platform dan perangkat.

Browser alternatif ini menawarkan fitur-fitur canggih yang dapat meningkatkan pengalaman surfing kalian di dunia maya, seperti kecepatan akses, efisiensi memori, dan tentu saja, perlindungan privasi yang lebih baik.

5 Browser Anti Blokir Iklan Dan Internet Positif Terbaik Untuk Android

Berikut ini adalah 5 browser dengan ad blocker terbaik untuk perangkat Android, beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menghalau iklan yang mengganggu pada perangkat Android-mu.

1. Firefox – Ad Blocker Dengan Ekstensi

1. Firefox - Ad Blocker Dengan Ekstensi

Mozilla Firefox mungkin tidak lagi sepopuler dulu, setidaknya jika dilihat dari jumlah penggunanya. Namun, Firefox tetap menjadi salah satu browser terbaik untuk privasi pengguna. Versi Android Firefox memang memiliki beberapa kekurangan, tetapi ini diimbangi dengan dukungan ekstensi yang kuat. Ya, Firefox untuk Android mendukung ekstensi, meskipun tidak sebanyak versi desktop.

Beberapa ekstensi AdBlock terbaik yang tersedia untuk browser desktop juga dapat ditemukan di Firefox untuk Android. Sayangnya, Firefox Android tidak mendukung Adblock Plus. Namun, masih ada berbagai ekstensi lain untuk manajemen kata sandi dan privasi yang membuat Firefox untuk Android menjadi salah satu browser adblock terbaik di Android.

Kelebihan:

  • Menyediakan berbagai pilihan ekstensi untuk ad blocker yang dapat dipasang sesuai kebutuhan pengguna.
  • Firefox secara rutin melakukan pembaruan keamanan yang memastikan privasi dan keamanan browsing lebih terjaga.

Kekurangan:

  • Beberapa ekstensi ad blocker yang tersedia di Firefox mungkin tidak mampu memblokir semua jenis iklan yang ada.

Dengan menggunakan Firefox sebagai browser pilihan, kamu akan mendapatkan fleksibilitas dalam memilih ad blocker sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Dukungan ekstensi yang luas juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengalaman browsing mereka, serta memastikan keamanan dan privasi yang lebih baik saat menjelajah dunia maya.

Nama AplikasiFirefox browser web yang cepat
Ukuran file82 MB
Android versiAndroid 5.0 dan yang lebih tinggi
DeveloperMozilla
Total Download100.000.000+ download
Rating Aplikasi4,6 Play Store

2. Samsung Internet – Ad Blocker Dengan Ekstensi

2. Samsung Internet – Ad Blocker Dengan Ekstensi

Samsung Internet merupakan browser Android yang patut menjadi pesaing serius. Ini juga salah satu browser yang mendukung ekstensi di Android. Meskipun tidak sebanyak Firefox, tetapi terdapat cukup banyak pilihan ekstensi adblocker yang bisa dipilih. Bahkan, browser ini mengizinkan kamu untuk memilih shortcut toolbar yang diinginkan di bagian bawah layar.

Shortcut toolbar di bagian bawah memudahkan kamu untuk melakukan browsing menggunakan satu tangan dengan lebih nyaman. Kamu juga bisa meletakkan shortcut adblocker di sana untuk dengan cepat menonaktifkan atau mengaktifkan adblocker sesuai kebutuhan. Sayangnya, Samsung Internet hanya tersedia untuk perangkat Android. Namun, dengan ekstensi Samsung Internet untuk browser berbasis Chromium, kamu bisa melakukan sinkronisasi bookmark, riwayat, dan lainnya ke desktop browsermu, selama bukan Firefox.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang menarik.
  • Ad blocker di Samsung Internet mampu memblokir sebagian besar iklan yang ada.

Kekurangan:

  • Ad blocker di Samsung Internet mungkin tidak sepenuhnya efektif dalam memblokir iklan yang lebih kompleks seperti iklan video.

Dengan memilih Samsung Internet sebagai browser pilihan, kamu akan mendapatkan kemudahan penggunaan dan tampilan yang menarik, serta dukungan ad blocker melalui ekstensi. Ini menjadikan browser ini pilihan yang baik bagi pengguna Android yang menginginkan pengalaman browsing yang lebih nyaman dan bebas iklan.

Nama AplikasiSamsung Internet Browser
Ukuran file108 MB
Android versiAndroid 7.0 dan yang lebih tinggi
DeveloperSamsung Electronics Co., Ltd.
Total Download1.000.000.000+ download
Rating Aplikasi4,5 Play Store

3. Brave Browser – Ad Blocker Bawaan

3. Brave Browser – Ad Blocker Bawaan

Brave Browser memiliki pendekatan unik dalam mengatasi iklan. Peramban ini tidak memblokir iklan sepenuhnya, melainkan memberikan kontrol kepada pengguna untuk mengatur iklan yang ingin mereka lihat. Peramban ini memblokir sebagian besar iklan pada situs web yang kamu kunjungi, tetapi menampilkan iklan buatan mereka sendiri. Pengguna akan menerima token Brave sebagai imbalan atas penayangan iklan tersebut. Token ini bisa digunakan oleh pengguna untuk mendukung situs web yang mereka ingin bantu. Brave Browser akan melakukan hal ini secara otomatis berdasarkan frekuensi kamu mengunjungi suatu situs.

Baca Juga  222 Kata-kata Bijak Harapan, Tentang Cinta, Semangat, Islami

Selain itu, Brave memiliki keunggulan lain dibandingkan dengan Chrome, seperti toolbar di bagian bawah layar. Fitur ini sangat berguna ketika kamu hanya bisa menggunakan satu tangan saat browsing. Dalam hal performa, Brave mengklaim dirinya bisa mencapai kecepatan hingga 6 kali lebih cepat daripada Chrome.

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan ad blocker terintegrasi yang sangat efektif.
  • Brave Browser melindungi privasi pengguna dari pelacakan data oleh iklan.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki banyak pilihan ekstensi seperti peramban lainnya.

Dengan memilih Brave Browser, kamu akan mendapatkan pengalaman browsing yang lebih cepat dan ad blocker terintegrasi yang efektif, serta kontrol lebih besar atas iklan yang ditampilkan. Namun, kurangnya pilihan ekstensi mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna yang membutuhkan fitur tambahan.

Nama AplikasiBrave Private Web Browser
Ukuran file222 MB
Android versiAndroid 7.0 dan yang lebih tinggi
DeveloperBrave Software
Total Download100.000.000+ download
Rating Aplikasi4,4 Play Store

4. Microsoft Edge – Chrome by Microsoft

4. Microsoft Edge – Chrome by Microsoft

Microsoft Edge juga semakin populer sejak beralih ke basis Chromium. Sama seperti kebanyakan browser di Android selain Firefox, Microsoft Edge pada dasarnya merupakan Chrome dengan tampilan yang berbeda tanpa fitur Google. Sebagai gantinya, terdapat fitur Microsoft dan Microsoft yang mengumpulkan data kamu. Namun, jika kamu menggunakan Edge di desktop, maka akan cocok juga untuk menggunakan Edge di Android.

Edge mungkin bukan browser yang paling fokus pada privasi, tetapi browser ini jauh lebih baik daripada Chrome dalam hal tersebut. Peramban ini memiliki toolbar di bagian bawah dengan menu yang bisa diatur ulang. Di pengaturan browser, kamu juga bisa menemukan opsi untuk memblokir iklan, meskipun tidak seefektif Firefox atau Samsung Internet.

Kelebihan:

  • Menyediakan berbagai fitur yang mendukung produktivitas, seperti Cortana dan fitur kolaborasi.
  • Ad blocker di Microsoft Edge mampu memblokir sebagian besar iklan yang ada.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki banyak pilihan ekstensi ad blocker.

Dengan memilih Microsoft Edge sebagai browser pilihan, kamu akan mendapatkan sejumlah fitur yang mendukung produktivitas, seperti Cortana dan fitur kolaborasi, serta ad blocker yang mampu memblokir sebagian besar iklan. Namun, kurangnya pilihan ekstensi ad blocker mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna yang menginginkan kontrol lebih atas iklan yang ditampilkan.

Nama AplikasiMicrosoft Edge
Ukuran file114 MB
Android versiAndroid 7.0 dan yang lebih tinggi
DeveloperMicrosoft Corporation
Total Download50.000.000+ download
Rating Aplikasi4,7 Play Store

5. Browser Kiwi – Chrome Dengan Steroid

5. Browser Kiwi – Chrome Dengan Steroid

Kiwi Browser hadir sebagai alternatif Chrome di Android, dengan tujuan menjadi versi Chrome yang lebih tangguh. Meskipun tampilannya sedikit berbeda dari Chrome, browser ini tetap menggunakan basis yang sama. Kiwi memiliki ad blocker terintegrasi yang memblokir sebagian iklan, tetapi membiarkan iklan lain yang tidak mengganggu. Iklan memang penting bagi situs web untuk menghasilkan pendapatan dan menjaga operasional mereka. Iklan juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Oleh karena itu, Kiwi hanya memblokir iklan yang dianggap mengganggu.

Fitur menarik Kiwi meliputi kemampuan untuk memindahkan toolbar ke bagian bawah layar dan tombol reachability yang berguna, yang ditandai dengan ikon tangan di toolbar. Kamu bisa mengetuk tombol ini untuk menggeser browser ke bagian bawah layar, sehingga kamu bisa dengan mudah mengakses bagian atas situs web. Namun, fitur yang paling menonjol dari Kiwi adalah dukungan untuk ekstensi Chrome. Ya, hampir semua ekstensi yang tersedia di Chrome Web Store untuk versi desktop Chrome dapat diinstal di Kiwi juga.

Iklan memang sangat penting dalam kehidupan banyak orang saat ini. Terdapat perusahaan teknologi besar yang bisnis utamanya adalah menyediakan iklan. Situs web ini juga bisa hadir berkat iklan. Secara alami, kita tidak menentang iklan, tetapi kita menyadari bahwa iklan juga bisa menjadi masalah jika tidak diatur dengan baik. Banyak situs web yang menyalahgunakan iklan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan membuat pengalaman browsing menjadi buruk.

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan ad blocker efektif.
  • Kiwi Browser mendukung ekstensi Chrome, sehingga kamu dapat menggunakan berbagai ekstensi tambahan.

Kekurangan:

  • Ad blocker di Kiwi Browser dapat mempengaruhi kinerja browser.

Dengan memilih Kiwi Browser, kamu akan mendapatkan fitur ad blocker yang efektif dan dukungan ekstensi Chrome yang memungkinkan kamu untuk menggunakan berbagai ekstensi tambahan. Namun, ad blocker di Kiwi Browser dapat mempengaruhi kinerja browser dalam beberapa situasi.

Baca Juga  Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Di HP Android
Nama AplikasiKiwi Browser – Peramban Web
Ukuran file176 MB
Android versiAndroid 6.0 dan yang lebih tinggi
DeveloperGeometry OU
Total Download10.000.000+ download
Rating Aplikasi3,4 Play Store

5 Browser Anti Blokir Iklan Dan Internet Positif Terbaik Untuk PC

Sepertinya kita tidak memiliki alasan yang cukup untuk tetap menggunakan Chrome. Pasalnya, Google melakukan sesuatu yang membuat ekstensi pemblokir konten, termasuk ad blocker, menjadi kurang efektif. Masalah teknis yang dijadikan alasan ini memang agak rumit, tetapi sebagian besar disebabkan oleh sistem baru yang diterapkan pada ekstensi Chrome, yang disebut Manifest V3.

Perubahan ini membuat API lama menjadi tidak berlaku lagi, dan teknologi yang digunakan oleh banyak aplikasi pemblokir iklan menjadi rusak. Akibatnya, pengembang harus beralih ke metode pemblokiran konten yang kurang efektif, sehingga lebih banyak iklan yang muncul di halaman, meskipun kamu menggunakan beberapa ekstensi pemblokir iklan sekaligus.

Hanya pengguna Chrome dengan akun perusahaan yang masih bisa menikmati browsing tanpa iklan secara penuh di Chrome, sementara pengguna lain tidak bisa. Memang, Chrome sudah memiliki fitur pemblokir iklan bawaan sejak 2018, tetapi itu hanya dapat memblokir iklan yang melanggar aturan tampilan saja, tidak banyak. Pengguna harus menggunakan ekstensi pihak ketiga untuk memblokir iklan lainnya.

Walaupun ada masalah teknis yang rumit, alasan sebenarnya cukup sederhana: Google mendapatkan banyak pendapatan dari iklan, jadi membuat pemblokir iklan di browser mereka kurang efektif agar mereka bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari iklan. Namun, tentu saja, Google tidak akan mengakui hal tersebut, dan lebih memilih menyalahkan masalah performa. Akhirnya, Manifest V3 ini membuat pemblokir iklan menjadi jauh kurang efektif di Chrome.

Maka, kini saatnya untuk mencari browser baru. Mari kita lihat beberapa alternatif terbaik untuk browser dengan pemblokir iklan.

1. Brave

1. Brave

Pertama, terdapat Brave. Browser ini benar-benar dirancang khusus untuk pengalaman browsing bebas iklan dan dilengkapi dengan teknologi anti-pelacakan yang canggih. Selain itu, hampir semua situs di internet saat ini menggunakan HTTPS yang aman, sehingga menjelajah menggunakan Brave akan terasa aman. Tentu saja, tidak ada iklan yang mengganggu sehingga pengalaman browsing menjadi lebih cepat!

Namun, ada kabar terbaru dari Brave. Kini mereka memiliki sistem iklan yang sangat berbeda dari yang lain. Model ini akan mengubah cara kerja periklanan online. Jika kamu tertarik, kamu bisa melihat iklan sesuai jadwal tertentu, dan kamu akan mendapatkan kompensasi untuk menonton iklan tersebut. Tetapi yang pasti, halaman web di browser Brave tetap benar-benar bebas dari iklan, sehingga kamu tidak akan terganggu jika tidak ingin melihat iklan.

2. Firefox

2. Firefox

Selain Brave, ada juga Firefox sebagai alternatif. Browser ini menjadi pilihan favorit bagi banyak orang ketika mencari pengganti Chrome. Firefox memiliki pengaturan privasi yang lebih baik daripada Chrome dan banyak pengaturan yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna. Versi mobile-nya juga termasuk salah satu browser mobile yang paling baik.

Namun, ada satu kendala kecil terkait Firefox. Beberapa ekstensi browser-nya mungkin kurang dapat diandalkan. Meskipun demikian, secara umum, Firefox tetap direkomendasikan sebagai alternatif Chrome atau browser lainnya. Firefox menawarkan keamanan, kustomisasi, dan performa yang lebih baik, sehingga layak menjadi pertimbangan bagi mereka yang ingin menjelajahi dunia maya dengan lebih aman dan efisien.

3. Opera

3. Opera

Ketiga, terdapat Opera. Meskipun mungkin tidak sepopuler Firefox, Brave, atau Chrome, Opera tetap menjadi pilihan yang menarik untuk memblokir iklan. Opera secara default memblokir iklan menggunakan Ad Blocker yang terintegrasi. Meskipun teknologinya tidak secepat dan seefisien Brave, namun tetap efektif.

Opera juga menawarkan VPN gratis yang tersedia baik pada versi desktop maupun mobile. Memang, penggunaan VPN dapat menyebabkan halaman memuat lebih lambat dan beberapa pengaturan perlu disesuaikan agar dapat digunakan dalam berbagai situasi. Namun secara keseluruhan, Opera tetap menjadi pilihan yang baik untuk memblokir iklan dan menjaga privasi saat menjelajah internet.

Kelebihan:

  • Ad blocker di Opera mampu memblokir sebagian besar jenis iklan.
  • Browser ini juga dilengkapi fitur VPN yang dapat meningkatkan privasi dan keamanan saat browsing.

Kekurangan:

  • Beberapa jenis iklan mungkin masih dapat muncul meskipun ad blocker sudah diaktifkan.
  • Penggunaan VPN dapat mempengaruhi kecepatan memuat halaman dan memerlukan penyesuaian pengaturan.

4. Microsoft Edge

4. Microsoft Edge

Untuk pilihan keempat, kita memiliki Microsoft Edge yang menggunakan basis Chromium sehingga menjadi alternatif yang menarik. Meskipun tidak terlalu berbeda dengan infrastruktur Google Chrome, Edge dilengkapi dengan add-on pemblokir iklan yang cukup efektif.

Namun, jika kamu ingin menikmati pengalaman Chromium tanpa bergantung pada Google atau Microsoft, kamu bisa menggunakan browser Chromium sumber terbuka. Banyak ekstensi browser yang tersedia di Google Chrome juga dapat digunakan pada Edge Chromium dan Chromium sumber terbuka, termasuk beberapa pemblokir iklan yang handal. Dengan demikian, kamu dapat memilih browser yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Baca Juga  Film Kartun Disney Rekomendasi Terbaru Dan Paling Seru Di 2023

5. Tor

5. Tor

Bagaimana dengan Tor? Tor terkenal sebagai browser yang sangat mengutamakan privasi, walaupun tidak secara default memblokir iklan. Namun, iklan yang ditampilkan di Tor tidak akan dapat melacak kamu, sehingga memberikan keuntungan tersendiri. Tor juga menyediakan anonimitas dan keamanan penuh bagi penggunanya, membuat pelacak daring, iklan, dan ISP tidak dapat membedakan kamu dari pengguna Tor yang lain. Tetapi, penggunaan ekstensi browser, termasuk pemblokir iklan, tidak disarankan, karena hal ini dapat membedakan kamu dari pengguna Tor lainnya dan membuat kamu lebih mudah dilacak. Meskipun kamu masih bisa memblokir iklan di Tor, hal ini akan mengurangi fungsi utama browser tersebut.

Kelebihan:

  • Tor dapat meningkatkan privasi pengguna dengan menyembunyikan alamat IP.
  • Browser ini juga memiliki fitur “private browsing” yang dapat membantu melindungi data pengguna.

Kekurangan:

  • Koneksi internet di Tor mungkin terasa lambat karena adanya lapisan keamanan tambahan.
  • Tidak memiliki ad blocker bawaan, sehingga pengguna harus mengunduh ekstensi ad blocker secara terpisah.

Penutup

Iklan memegang peranan penting dalam kehidupan banyak orang saat ini. Beberapa perusahaan teknologi raksasa menjadikan iklan sebagai bisnis utama mereka. Situs web pun dapat eksis berkat adanya iklan. Secara prinsip, kita tidak menentang iklan, namun kita juga menyadari bahwa iklan bisa menjadi buruk jika tidak dikelola dengan baik. Banyak situs web yang menyalahgunakan iklan demi menghasilkan keuntungan lebih, sehingga mengakibatkan pengalaman browsing yang tidak menyenangkan.

Dengan menggunakan browser adblocker ini pada perangkat Android, kamu memiliki pilihan untuk mendukung situs web favoritmu tanpa memblokir iklan mereka, sekaligus menjaga keamanan saat menjelajahi wilayah yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Lantas, bagaimana kita menentukan browser mana yang paling cocok untuk kita? Cobalah beberapa browser yang sudah disebutkan tadi. Kamu bisa mencoba dua atau tiga browser sekaligus, mengingat setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pilihlah satu browser yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, terutama dalam hal memblokir iklan dan hal-hal terkait. Kalau menurutku, lebih baik tidak menggunakan Chrome lagi ke depannya.

Baca Juga: Cara Membuka Situs Yang Diblokir: Penyebab & Cara Mengatasi

Faq

Apa itu browser anti blokir?

Browser anti-blokir adalah jenis browser web yang dirancang untuk mengakses situs web yang diblokir atau dibatasi oleh pemerintah, penyedia layanan internet (ISP), atau administrator jaringan. Browser ini biasanya dilengkapi dengan fitur seperti:

  1. Proxy server atau Virtual Private Network (VPN) built-in: Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyembunyikan alamat IP asli kamu dan menggantinya dengan IP yang berbeda, sehingga kamu bisa mengakses konten yang diblokir di negara atau wilayah kamu.
  2. Fitur enkripsi data: Browser anti-blokir seringkali menggunakan teknologi enkripsi untuk melindungi data kamu saat mengakses situs yang diblokir. Ini bisa membantu menjaga privasi kamu dan menghindari potensi masalah hukum yang mungkin timbul akibat mengakses konten yang dilarang.
  3. Fitur pengaturan privasi tinggi: Browser semacam ini biasanya memiliki pengaturan privasi yang lebih ketat daripada browser standar, termasuk mode “private browsing” yang tidak menyimpan riwayat penelusuran atau data pribadi kamu.

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan browser anti-blokir, pastikan untuk mempertimbangkan risiko dan konsekuensi yang mungkin terjadi, serta mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di negara kita.

Kenapa suatu situs diblokir?

Ada beberapa alasan mengapa suatu situs mungkin diblokir:

  1. Konten ilegal: Jika situs tersebut menyediakan atau mendistribusikan konten yang melanggar hukum, seperti materi berhak cipta, konten pornografi, atau materi yang melanggar undang-undang setempat, pemerintah atau penyedia layanan internet (ISP) dapat memblokir akses ke situs tersebut.
  2. Keamanan: Situs yang diketahui menyebarkan malware, virus, atau mencoba melakukan phishing terhadap pengguna dapat diblokir oleh perangkat lunak keamanan atau penyedia layanan internet untuk melindungi pengguna dari serangan cyber.
  3. Sensor: Dalam beberapa kasus, pemerintah mungkin memblokir akses ke situs tertentu karena alasan politik atau ideologis. Misalnya, situs yang menyuarakan kritik terhadap pemerintah atau menyampaikan informasi yang dianggap sensitif dapat diblokir.
  4. Kesalahan teknis: Terkadang, situs mungkin diblokir karena kesalahan teknis, seperti kesalahan dalam pengaturan DNS atau kesalahan pada server situs tersebut.
  5. Kebijakan organisasi: Banyak organisasi, seperti sekolah dan perusahaan, menerapkan kebijakan pemblokiran situs untuk mengontrol akses karyawan atau siswa ke konten yang tidak relevan atau mengganggu dalam lingkungan kerja atau belajar.

Jadi, ada berbagai alasan mengapa suatu situs diblokir, mulai dari keamanan hingga kebijakan dan peraturan.

Mengapa saya terdampak internet positif?

Kamu mungkin terdampak “Internet Positif” karena beberapa alasan berikut ini:

  1. Kesalahan filtering: Terkadang, sistem “Internet Positif” bisa salah dalam mengidentifikasi konten yang dianggap tidak pantas atau melanggar kebijakan. Oleh karena itu, kamu mungkin merasa terdampak meskipun tidak mengakses konten yang seharusnya diblokir.
  2. Konten yang dibatasi: Jika kamu mencoba mengakses situs web atau konten yang diblokir oleh pemerintah atau penyedia layanan internet (ISP) di negaramu, kamu akan mengalami dampak dari “Internet Positif”. Ini bisa mencakup situs yang melanggar hukum, konten yang dianggap tidak sesuai, atau konten politik yang dilarang.
  3. Jaringan Wi-Fi terbatas: Jika kamu menggunakan jaringan Wi-Fi di tempat umum atau lingkungan kerja, mereka mungkin memiliki kebijakan pemblokiran situs yang lebih ketat daripada yang kamu temui di rumah. Dalam hal ini, kamu mungkin terdampak “Internet Positif” saat mencoba mengakses situs yang dianggap tidak pantas oleh administrator jaringan.
  4. Kesalahan DNS: Kadang-kadang, masalah dengan Domain Name System (DNS) bisa menyebabkan kamu terdampak “Internet Positif” meskipun sebenarnya tidak ada pemblokiran yang terjadi. Dalam kasus seperti ini, mengubah pengaturan DNS di perangkat kamu mungkin bisa membantu.

Untuk mengatasi dampak “Internet Positif”, kamu bisa mencoba mengganti DNS, menggunakan Virtual Private Network (VPN), atau menghubungi penyedia layanan internet (ISP) untuk meminta informasi lebih lanjut mengenai pemblokiran tersebut. Namun, ingatlah untuk selalu mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di negaramu.

Aktifkan notifikasi untuk berita dan artikel terbaru kami di Google News iuwashplus.or.id

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status