Kamis, 19 Maret 2020

Buletin Elektronik USAID IUWASH PLUS edisi ke-11, Maret 2020

Buletin Elektronik

Editorial

Selamat datang di Buletin Elektronik USAID IUWASH PLUS edisi ke-11, Maret 2020.

Di awal tahun 2020, banjir besar melanda Jakarta dan beberapa kota lain di Indonesia. Di saat yang sama, saudara-saudara kita di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalami kekeringan ekstrem akibat curah hujan yang sangat sedikit.

Tidak hanya di Indonesia, suhu panas ekstrem dan musim panas berkepanjangan juga mengakibatkan kebakaran hutan luas di Australia. Ini hanya contoh sebagian dampak perubahan iklim. Sayangnya, kejadian ini semakin banyak terjadi di banyak wilayah di dunia.

Tidak hanya mengakibatkan kematian dan kerugian ekonomi, perubahan iklim juga berdampak pada kualitas dan kuantitas air minum. Masyarakat berpenghasilan rendah dan kelompok yang tertinggal, yang saat ini sudah rentan terhadap berbagai ancaman terkait air minum, akan merasakan dampak paling besar.

Perayaan Hari Air Sedunia 2020 yang jatuh pada 22 Maret mengangkat tema ‘Air dan Perubahan Iklim’. Tema tersebut mengeksplorasi keterkaitan erat antara keduanya. Melindungi sumber daya air yang ada saat ini dapat membantu mengatasi dan memerangi dampak perubahan iklim.

Untuk merayakan Hari Air Sedunia 2020, kami menyajikan kepada Anda kisah-kisah inspiratif tentang upaya yang dilakukan pemerintah, PDAM, universitas, masyarakat, dan swasta untuk melindungi sumber air tanpa meninggalkan kelompok masyarakat rentan. Tidak ketinggalan, kami juga menghadirkan cerita-cerita tentang alternatif pendanaan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah mengakses sanitasi aman.

Berikut ini adalah cerita-cerita inspiratif tersebut:

Kami harap cerita-cerita tersebut memberi inspirasi.

Selamat membaca!

Available in enEnglish (English)

 
Buletin Elektronik ini dibuat atas dukungan Rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID). Isi dari Buletin Elektronik ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab DAI Global LLC dan tidak selalu mencerminkan pandangan USAID atau Pemerintah Amerika.