English Indonesia
Rabu, 8 Desember 2021

Pemprov Sumut, CCFI, dan USAID IUWASH PLUS Resmikan Master Meter Baru di Kota Medan

Pemprov Sumut, CCFI, dan USAID IUWASH PLUS Resmikan Master Meter Baru di Kota Medan

Pada 2 Desember 2021, Pemprov Sumatra Utara, Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI), dan USAID IUWASH PLUS meresmikan enam sistem master meter baru di Kelurahan Besar dan Rengas Pulau di Kota Medan. Acara ini berlangsung di Kelurahan Rengas Pulau dan dibuka oleh Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi.

Sistem master meter merupakan sistem penyediaan air minum komunal yang menyambungkan pipa distribusi utama PDAM dengan rumah masyarakat di permukiman informal dan padat yang biasanya tidak dapat dilayani melalui sambungan reguler. Sistem ini dikelola oleh warga melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Di Kota Medan, CCFI mendanai pembangunan enam sistem master meter, empat di antaranya di Kota Besar dan dua di Rengas Pulau, dan membuat 272 sambungan rumah dan memberi manfaat bagi 1.360 orang hingga saat ini. USAID IUWASH PLUS membantu PDAM Tirtanadi dalam pembuatan rancangan teknisnya (DED), dan melalui LSM Arta Jaya mengoordinir pembangunannya.

Dalam sambutannya, Gubernur Edy Rahmayadi memberikan penghargaan terhadap kolaborasi dan komitmen multipihak untuk melanjutkan penyediaan air minum perpipaan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah.

“Inisiatif sistem Master Meter ini sangat baik, bisa membantu masyarakat yang semula tidak bisa mengakses air perpipaan PDAM [melalui sambungan reguler]. Saya berharap ada lebih banyak warga masyarakat berpenghasilan rendah yang mendapat kesempatan untuk mendapatkan akses air perpipaan PDAM,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi.

Dalam acara ini, sistem master meter tersebut diserahkan secara simbolis kepada perwakilan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kelurahan Rengas Pulau, Yusnita Rangkuti. Enam KSM ini bertanggung jawab memantau penggunaan air di setiap rumah tangga, memelihara master meter, dan mengumpulkan iuran penggunaannya. Ke depan, KSM diharapkan dapat bekerja sama lebih lanjut dengan PDAM Tirtanadi untuk menambah jumlah rumah yang tersambung dengan sistem master meter.

USAID IUWASH PLUS telah bermitra dengan CCFI sejak 2017 untuk meningkatkan akses air minum terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Hingga September 2021, melalui kerja sama dengan berbagai mitra, USAID IUWASH PLUS mendukung pembangunan 2.270 sambungan rumah di lima kabupaten/kota (Medan, Surakarta, Magelang, Surabaya, dan Sidoarjo) melalui program master meter.

Available in enEnglish (English)

Mitra