English Indonesia
Kamis, 11 November 2021

Pelatihan OSH Logger Tekanan Air dan Kunjungan ke Pabrik Pembuatan Meter Air

Pelatihan OSH Logger Tekanan Air dan Kunjungan ke Pabrik Pembuatan Meter Air

Pada 1-4 November 2021, Kemitraan USAID-SECO melalui PT Indogreen melatih tujuh PDAM mitranya dalam merangkai, pemogramaman, pemasangan dan operasional open-source hardware (OSH) logger tekananan air (water pressure loggers), serta mengajak para peserta untuk mengunjungi pabrik pembuatan meter air.

Ketujuh PDAM tersebut berasal dari Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bogor, Kota Surakarta, Kota dan Kabupaten Magelang, serta Kabupaten Sukoharjo.

Ketika telah dipasang, OSH logger tersebut akan membantu PDAM mendapatkan data waktu nyata tekanan air, yang sangat diperlukan dalam identifikasi, pemantauan, dan penurunan kehilangan air atau air tak berekening (NRW). Prototipe logget tersebut dibuat oleh PT Indogreen di bawah Local Sustainaibility and Innovation Component (LSIC) USAID IUWASH PLUS.

Kegiatan ini diawali dengan pelatihan dalam kelas di Kota Depok, dan diikuti dengan kunjungan ke pabrik pembuatan meter air di Cikarang dan Bandung. Selama pelatihan di dalam kelas, peserta belajar cara merangkai logger tekanan air menggunakan bahan yang tidak mahal dan mudah diperoleh. Keterjangkauan tersebut membantu PDAM untuk membeli dan membangun logger secara mandiri ke depan. Selain keterjangkauan, OSH logger tekanan air tersebut juga mudah disesuaikan dengan alat lain seperti meter/logger aliran air, jika diperlukan.

Kunjungan ke pabrik pembuatan meter air menambah pengetahuan peserta tentang teknologi terkini yang digunakan dalam alat meter air, termasuk logger tekanan air dan cara memelihara alat tersebut dengan tepat.
Hingga Desember 2021, Kemitraan USAID-SECO melalui PT Indogreen akan membeli tujuh logger meter air untuk enam PDAM mitra dan satu logger aliran air untuk PDAM Kota Depok.

Available in enEnglish (English)

Mitra