English Indonesia
Rabu, 29 September 2021

USAID IUWASH PLUS Mendukung Peluncuran Buku Pembiayaan Mikro Air Minum dan Sanitasi Kopsyah BMI

USAID IUWASH PLUS Mendukung Peluncuran Buku Pembiayaan Mikro Air Minum dan Sanitasi Kopsyah BMI

USAID IUWASH PLUS mendukung Kopsyah BMI untuk meluncurkan buku pembiayaan mikro air minum dan sanitasi dalam acara yang digelar secara daring dan luring di Jakarta pada 23 September 2021. Acara ini juga disertai dengan diskusi interaktif tentang pembiayaan mikro sektor air minum dan sanitasi bagi koperasi.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Deputy Mission Director, USAID Indonesia, William Slater dan Direktur Perumahan dan Permukiman Kementerian PPN/Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti. Turut berpartisipasi dalam acara ini adalah Deputi Bidang Perkoperasian, Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi; Kasubdit Investasi Pemerintah Daerah/BUMD, Kementerian Keuangan, Iman Widhiyanto; Presiden Direktur Kopsyah BMI, Kamaruddin Batubara; COR USAID IUWASH PLUS, Trigeanny Linggoatmodjo; ACOR USAID IUWASH PLUS, Endah Shofiani; COP USAID IUWASH PLUS, William Parente; perwakilan koperasi, Bappeda, dan dinas koperasi dari wilayah dampingan dan non-mitra USAID IUWASH PLUS.

Seluruh pihak menyambut baik peluncuran buku kredit mikro air minum dan sanitasi yang disusun Kopsyah BMI yang berisi pengalaman dan pembelajaran koperasi dalam menjalankan pinjaman ini.

William Slater berharap “Buku ini memberi panduan praktis bagi banyak koperasi lain dan mereplikasi kesuksesan Kopsyah BMI di seluruh Indonesia.”

Memperkuat harapan tersebut, Tri Dewi Virgiyanti, menyampaikan, “ Saya mengajak semua pihak untuk terus berkomitmen mengembangkan dan memperluas pembiayaan mikro air minum dan sanitasi.”

Dalam sesi diskusi interaktif, Tri Dewi Virgiyanti menjelaskan ada potensi pasar sekitar 30 triliun untuk kredit mikro air minum dan sanitasi untuk membantu pencapaian target RPJMN 2020-2024.

Melihat potensi yang cukup besar ini, Iman Widhiyanto mengungkapkan bahwa Kementerian Keuangan mengembangkan fasilitas pendanaan yang akan digunakan khusus untuk pembiayaan mikro air minum dan sanitasi.

Menutup sesi diskusi, Ahmad Zabadi berharap dengan adanya fasilitas pendanaan tersebut, koperasi dapat berpartisipasi lebih aktif dan mempercepat pencapaian target RPJMN 2020-2024.

Sejak 2014, Kopsyah BMI telah menjalankan kredit mikro air minum dan sanitasi untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah mendapatkan akses sanitasi dan air minum yang lebih baik. Hingga 2021, Kopsyah BMI telah menyalurkan kredit sebesar 80,6 milyar rupiah, yang terdiri dari 55,3 milyar untuk air minum dan 25,3 untuk sanitasi.

Kopsyah BMI merupakan salah satu lembaga keuangan mikro mitra USAID IUWASH PLUS. Hingga September 2021, Program ini telah bekerja sama dengan total 18 lembaga keuangan mikro di 11 kabupaten/kota dan satu daerah khusus (DKI Jakarta) untuk menyediakan kredit air minum dan sanitasi bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Available in enEnglish (English)

Mitra