English Indonesia
Senin, 26 Juli 2021

Lokakarya Serah Terima Data Monev STBM kepada Dinkes Depok dan Bekasi

Lokakarya Serah Terima Data Monev STBM kepada Dinkes Depok dan Bekasi

USAID IUWASH PLUS memfasilitasi lokakarya daring untuk menyerahkan data monev 5 pilar STBM dari tim monev partisipatif di Kota Bekasi dan Kota Depok kepada Dinkes masing-masing pada 21-22 Juli 2021.

Lima pilar STBM tersebut mencakup stop BABS, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

Hadir dalam acara ini perwakilan Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan Depok, puskesmas, pemerintah kelurahan, sanitarian, dan tim monev partisipatif dari kelurahan dampingan USAID IUWASH PLUS.

Data STBM yang diserahkan kepada dinas kesehatan berasal dari enam kelurahan (4 di Depok dan 2 di Bekasi). Data yang diperbarui oleh tim monev partisipatif setiap 6 bulan selama 2018 hingga 2020 ini dapat digunakan sebagai data dasar dinkes untuk mengumpulkan data STBM dari seluruh kelurahan serta melanjutkan promosi air minum sanitasi aman, dan perilaku higiene kepada rumah tangga.

Selain serah terima data STBM, USAID IUWASH PLUS juga menggunakan lokakarya ini untuk mengenalkan Google Form sebagai alat pengumpulan data kepada sanitarian dari luar wilayah dampingan USAID IUWASH PLUS.

Setelah lokakarya ini, Dinas Kesehatan Kota Bekasi berencana mengumpulkan data STBM di 10 kelurahan dan Dinas Kesehatan Kota Depok juga melakukan hal sama di 42 kelurahan. Proses pengumpulan data tersebut menggunakan Google Form yang telah dikenalkan oleh USAID IUWASH PLUS.

Available in enEnglish (English)

Mitra