English Indonesia
Rabu, 14 Juli 2021

NgeLanTur Bahas Perubahan Perilaku Sebagai Pilar Air Minum dan Sanitasi Aman

NgeLanTur Bahas Perubahan Perilaku Sebagai Pilar Air Minum dan Sanitasi Aman

USAID IUWASH PLUS bersama Pokja PPAS dan KOTAKU menyelenggarakan NgeLanTur membahas topik tentang pentingnya promosi perubahan perilaku untuk mencapai akses air minum dan sanitasi aman, pada 2 Juli 2021.

NgeLanTur (Ngobrol Lentur Urusan Perumahan dan Permukiman) merupakan webinar mingguan yang menjadi ajang diskusi informal tentang urusan perumahan dan permukiman.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah spesialis perubahan perilaku dan pemasaran USAID IWUASH PLUS, Ratih A. Dewi; perwakilan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Susilo Heni, dan koordinator tim monev partisipatif Kelurahan Sulamadaha, Kota Ternate, Faisal Taher Waiola.

Ratih mengawali diskusi dengan menjelaskan program USAID IUWASH PLUS, terutama yang terkait dengan perubahan perilaku.

Faisal kemudian juga membagi pengalamannya memimpin tim monev partisipatif yang dibentuk dengan dukungan USAID IUWASH PLUS, serta menjelaskan pembelajaran untuk membantu tim monev partisipatif menjalankan perannya secara berkelanjutan. “‘Saya berharap tim Kerja STBM segera dapat terbentuk diseluruh Kelurahan di Kota Ternate, saat ini baru 8 Kelurahan yang mempunyai tim tersebut,” ujar Faisal Taher.

Selain itu, Susilo Heni juga menjelaskan bahwa pemerintah daerah dapat mendorong perubahan perilaku melalui berbagai upaya, antara lain  #TetanggaPanutan.

NgeLanTur tentang perubahan perilaku ini merupakan diskusi keempat yang didukung oleh USAID IUWASH PLUS bersama Pokja PPAS. Ketiga episode lainnya mencakup topik sanitasi aman di daerah padat perkotaan, master meter untuk menyediakan air minum aman di permukiman informal, serta sumur resapan untuk konservasi air tanah dan menjamin pasokan air minum.

USAID IUWASH PLUS juga akan mendukung NgeLanTur episode komunikasi efektif dan efisien antara masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan akses WASH yang akan diselenggarakan minggu depan.

Seluruh episode NgeLanTur yang didukung USAID IUWASH PLUS dapat dilihat di YouTube @airsanitasi melalui tautan berikut: https://www.youtube.com/playlist?list=PLu0YhTTvu4h67PVqmFj9GtN1gJjmn-xCM

Available in enEnglish (English)

Mitra