English Indonesia
Senin, 28 Juni 2021

Rapat Peluncuran Program Percontohan Standar Pelayanan Minimal Bidang Air Minum dan Air Limbah Domestik

Rapat Peluncuran Program Percontohan Standar Pelayanan Minimal Bidang Air Minum dan Air Limbah Domestik

USAID IUWASH PLUS memfasilitasi rapat peluncuran bagi program percontohan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam bidang pengelolaan air minum dan air limbah pada 22 Juli 2021. Totalnya, ada 45 orang yang menghadiri kegiatan sepanjang hari ini, antara lain Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah (SUPD) II Kementerian Dalam Negeri, Iwan Kurniawan; Deputy Chief of Party USAID IUWASH PLUS, Alifah Lestari; dan para perwakilan pemerintah Kabupaten Barru, Kota Magelang, dan Kota Bogor.

SPM merinci standar-standar minimum kinerja yang perlu dipenuhi pemda dalam memberikan pelayanan publik. Meskipun pemenuhan SPM bersifat wajib, berbagai daerah belum menyelesaikan pekerjaan rumahnya dalam mencapai standar-standar tersebut.

USAID IUWASH PLUS dan Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah (SUPD) II Kementerian Dalam Negeri membantu tiga daerah, yakni Kabupaten Barru, Kota Magelang, dan Kota Bogor, untuk mengimplementasikan proyek percontohan SPM dalam bidang pengelolaan air minum dan air limbah.

Rapat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsultan USAID IUWASH PLUS yang akan bekerja dengan tim SPM di ketiga daerah tersebut, mengidentifikasi para pemangku kepentingan yang akan dilibatkan dalam program ini, dan menyusun rencana kerja sampai dengan November 2021.

Menekankan besarnya potensi manfaat dari program percontohan ini, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah (SUPD) II Kementerian Dalam Negeri, Iwan Kurniawan, mengatakan, “Saya berharap dari uji coba penerapan SMP di 3 kabupaten/kota nantinya akan menjadi contoh di kabupaten/kota lainnya di Indonesia.”

Para perwakilan pemerintah Kabupaten Barru, Kota Magelang, dan Kota Bogor juga menyambut program percontohan SPM ini dan mengungkapkan komitmen mereka bagi pelaksanaannya.

Sebagai tindak lanjut, USAID IUWASH PLUS dan perwakilan dari Direktorat SUPD II Kementerian Dalam Negeri akan bertemu dengan Pemerintah Kota Bogor untuk membahas format pengambilan data. USAID IUWASH PLUS dan perwakilan Direktorat SUPD II Kementerian Dalam Negeri juga akan bertemu dengan Pemerintah Kabupaten Barru  dan Pemerintah Kota Magelang untuk membahas dokumen perencanaannya secara lebih lanjut.

Available in enEnglish (English)

Mitra