English Indonesia
Senin, 21 Juni 2021

Kota Bogor Luncurkan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal

Kota Bogor Luncurkan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal

Pemerintah Kota Bogor, dengan dukungan USAID IUWASH PLUS, meluncurkan layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) dalam sebuah kegiatan yang diadakan secara daring dan luring dari IPLT Tegal Gundil pada 15 Juni 2021 dengan menggunakan prokes ketat.

Acara peluncuran ini bertujuan untuk memperkenalkan LLTT di Kota Bogor yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelolaan Air Limbah Domestik kepada seluruh pemangku kepentingan dan warga kota. Sejak Maret 2018, UPTD PALD dan Dinas PUPR Kota Bogor bekerja sama dengan USAID IUWASH PLUS untuk mempersiapkan implementasi LLTT.

Dukungan dari USAID IUWASH PLUS meliputi bantuan pengadaan sensus tangki septik di empat ratus (400) rumah, pengembangan sistem manajemen informasi (Management Information System/MIS) bernama Sistem Aplikasi Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (SALUTT), dan promosi LLTT kepada berbagai pihak. Sampai dengan Mei 2021, sudah ada 1.343 pelanggan yang terdaftar dalam pangkal data UPTD PALD.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bogor menekankan bahwa sanitasi serta penyedotan dan pengolahan air limbah merupakan kepentingan mendasar yang berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat. Ia mengingatkan, “… pembangunan infrastruktur, termasuk aplikasi MIS, perlu dilengkapi dengan promosi pengubahan perilaku, dan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal sesuai dengan semangat Kota Bogor sebagai Smart City.”

Available in enEnglish (English)

Mitra