English Indonesia

Peringatan Hari Air Sedunia 2021: Apa Arti Air Bagimu?

Peringatan Hari Air Sedunia 2021: Apa Arti Air Bagimu?

Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia 2021, USAID IUWASH PLUS menyelenggarakan temu wicara daring bertajuk “Apa Arti Air Bagimu?” pada 19 Maret 2021.

Direktur Perumahan dan Permukiman, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti, dan Direktur Kantor Lingkungan Hidup USAID Indonesia, Matthew Burton membuka temu wicara tersebut. Hadir sebagai pembicara tamu adalah Duta Besar SDGs dan Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar; Perencana Madya Kementerian PPN/ Bappenas, Aisyah Nasution; dan sanitarian Puskesmas Tebet Timur, Umami.

Selama kurang lebih dua jam, para pembicara mendiskusikan masalah air minum saat ini, termasuk penyediaan air minum layak dan aman di Indonesia, serta program-program untuk meningkatkan akses air minum masyarakat, dengan peserta temu wicara, yang sebagian besar adalah awak media dan influencer.

“Kita membutuhkan air bersih untuk hidup yang sehat dan produktif,” ujar Matthew Burton saat memberikan sambutannya. Dia juga mengingatkan bahwa kurangnya atau keterbatasan akses air minum akan menimbulkan dampak merugikan bagi masyarakat, seperti diare pada anak-anak. Sebagaimana diketahui, diare merupakan salah satu penyebab utama kematian pada anak-anak.

Senada dengan hal itu, Tri Dewi Virgiyanti menjelaskan bahwa Pemerintah Indonesia memiliki beberapa program untuk mencapai akses air minum layak 100% dan akses air minum aman 15% pada tahun 2024, seperti air minum berbasis masyarakat untuk kawasan pedesaan, air minum perkotaan, skema pembiayaan, dan rencana pengamanan air minum. Tri Dewi Virgiyanti juga meminta para influencer dan jurnalis untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pengolahan, konservasi, dan perlindungan air untuk mencapai target akses air minum.

Billy Mambrasar berharap pemerintah menerapkan aturan tegas kepada pihak swasta dan masyarakat yang membuang limbah yang tidak diolah ke lingkungan. Dia juga mengharapkan adanya kerjasama antara pemerintah dan swasta untuk memajukan teknologi air minum dan memberikan insentif bagi perusahaan yang telah menerapkan teknologi tersebut.

Available in enEnglish (English)

Mitra