English Indonesia
Kamis, 6 Mei 2021

Lokakarya di Jakarta untuk Konferensi Pengelolaan Lumpur Tinja Ke-6

Lokakarya di Jakarta untuk Konferensi Pengelolaan Lumpur Tinja Ke-6

Pada April 27-28, 2021, USAID IUWASH PLUS memfasilitasi Fecal Sludge Management Alliance and PD. PAL Jaya untuk menyelenggarakan lokakarya pengelolaan air limbah domestik.

Video lokakarya ini nantinya akan menjadi salah satu materi dalam Konferensi Pengelolaan Lumpur Tinja Ke-6 yang akan diselenggarakan pada 31 Mei-4 Juni, 2021.

Dilakukan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan ketat, lokakarya dua hari ini dihadiri oleh 100 peserta, antara lain Wali Kota Jambi, Syarif Fasha; Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti; serta Direktur Perumahan dan Permukiman Kementerian PPN/Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti.

Selama lokakarya, 18 narasumber berbagi pengalamannya tentang memajukan teknologi, inovasi, penelitian dan pengembangan untuk mengatasi tantangan pengelolaan air limbah domestik. Para narasumber tersebut antara lain Wali Kota Jambi, Direktur Perumahan dan Permukiman Kementerian PPN/Bappenas, para spesialis program USAID IUWASH PLUS dan mitra program dari Kabupaten Gresik dan Sidoarjo, serta Kota Medan, Surakarta, dan Bekasi.

Di akhir lokakarya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memberikan sambutan penutupnya melalui video yang sudah direkam sebelumnya. Wakil Gubernur berharap, “Pengalaman dan berbagi informasi terkait pengelolaan air limbah domestik…semoga dapat menjadi pembelajaran untuk negara-negara lain dalam mempraktikkan pengelolaan air limbah domestik.”

Konferensi Pengelolaan Air Limbah adalah acara internasional yang diselenggarakan oleh Fecal Sludge Management Alliance steiap dua tahun. Pada tahun ini, Indonesia—diwakili oleh PD. PAL Jaya, mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah acara kelas dunia ini. Namun, karena pandemi COVID-19 masih berlangsung, konferensi ini akan diselenggarakan secara daring.

Video lokakarya ini dapat diakses oleh peserta yang sudah mendaftar untuk mengikuti Konferensi Pengelolaan Lumpur Tinja ke-6 melalui, https://fsm6.org/master-program/ di bagian Indonesia Track.

Available in enEnglish (English)

Mitra