English Indonesia
Rabu, 7 April 2021

USAID IUWASH PLUS Menyerahterimakan Dokumen Teknis untuk Memandu Pengurangan NRW di 5 PDAM

USAID IUWASH PLUS Menyerahterimakan Dokumen Teknis untuk Memandu Pengurangan NRW di 5 PDAM

Pada 29 Maret lalu, USAID IUWASH PLUS memfasilitasi acara serah terima dan penandatanganan dokumen-dokumen teknis terkait rencana pengurangan non-water revenue (NRW) di lima PDAM: PDAM Kota Pematangsiantar, Kota Tebing Tinggi, Kota Probolinggo, Kab. Barru, dan Kab. Gresik.

Kegiatan ini diikuti oleh para direktur dari kelima PDAM dan para perwakilan dari Direktorat Air Minum Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), World Bank serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dari kelima kabupaten/kota yang bersangkutan. Acara ini menunjukkan sekaligus memperkuat komitmen para pemangku kepentingan di tingkat regional serta nasional dalam meningkatkan upaya penanganan NRW.

Tiap-tiap direktur dari kelima PDAM menerima dan menandatangani tiga jenis dokumen: (1) Feasibility Study Rencana Pengurangan NRW; (2) Detailed Engineering Design (DED) Meter Induk yang mencakupi dokumen tender untuk pengadaan serta pemasangannya dan spesifikasi teknis dari production meter; dan (3) SOP Penurunan NRW Komersil.

Dokumen-dokumen tersebut akan menjadi panduan bagi kelima PDAM dalam meminimalkan NRW di daerahnya masing-masing. Dokumen Feasibility Study-nya secara khusus merinci rencana lima tahun ke depan untuk mengurangi NRW sebesar 5-10% dengan memanfaatkan dana APBN, APBD, dan anggaran PDAM sendiri. Saat ini, angka rata-rata NRW di kelima wilayah ini mencapai lebih dari 30%.

“Terima kasih pada USAID IUWASH PLUS yang telah membantu PDAM untuk menyiapkan dokumen perencanaan penurunan NRW yang digunakan untuk panduan pelaksanaan program NRW dan dibutuhkan untuk pengajuan keikutsertaan program Hibah AMBK NUWSP dari kementrian PUPR dan Worldbank,” ucap Ir. Zulkifly Lubis, M.T (Direktur Utama Perumda Tirta Uli Pematangsiantar).

Dokumen-dokumen tersebut juga menjadi salah satu prasyarat untuk berpartisipasi dalam program hibah yang diadakan oleh PUPR. PDAM Tebing Tinggi dan Barru sedang mengikuti program hibah stimulan 2021 sedangkan PDAM Pematangsiantar masih dalam proses pengajuan diri untuk mengikuti program hibah yang didasarkan kinerja tahun ini. Semua PDAM terkecuali PDAM Pematangsiantar juga berencana untuk berpartisipasi dalam program hibah berdasarkan kinerja tahun 2022.

Sejak Februari 2020, USAID IUWASH PLUS telah menyediakan berbagai sesi capacity building bagi para staf dari kelima PDAM tersebut dan membantu mereka merencanakan pengurangan NRW di daerahnya masing-masing.

Available in enEnglish (English)

Mitra