English Indonesia
Selasa, 9 Maret 2021

Kemendesa PDTT Melihat Pelaksanaan Program Sumur Resapan di Kabupaten Bogor

Kemendesa PDTT Melihat Pelaksanaan Program Sumur Resapan di Kabupaten Bogor

Perwakilan Direktorat Sosial Budaya, Lingkungan Desa dan Perdesaan, mengunjungi lokasi program sumur resapan di Kabupaten Bogor pada 1 Maret, 2021. Rombongan Kemendesa PDTT tersebut dipimpin oleh Koordinator Fasilitasi Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Kebencanaan, Anastutik Wiryaningsih

Kunjungan ini difasilitasi oleh USAID IUWASH PLUS untuk mendorong integrasi konsep sumur resapan ke dalam program pembangunan prioritas Kemendesa PDTT, serta pembuatan model desa tanggap perubahan iklim yang mencakup restorasi dan konservasi air tanah.

Dalam kunjungan ini, rombongan Kemendesa PDTT belajar tentang kerja sama antara pemerintah kabupaten, desa, PDAM, USAID IUWASH PLUS, dan masyarakat untuk membangun sumur resapan di  Desa Pasir Euerih, Sukaluyu, dan Tamansari. Ketiganya merupakan daerah tangkapan mata air Ciburial.

Pembangunan sumur resapan di daerah tangkapan mata air Ciburial merupakan respon rekomendasi Kajian Kerentanan Mata Air dan Rencana Aksi (KKMA-RA) mata air Ciburial. Kajian ini menemukan debit mata air Ciburial turun dari 506 liter per detik pada 2005 menjadi 330 liter per detik pada 2018.

Menurut KKMA-RA, diperlukan sekitar 1,995 sumur resapan untuk mengembalikan debit air tersebut.

Hingga Februari 2021, 151 sumur resapan telah dibangun di Desa Pasir Eurih, Sukalyu, Tamansari di Kecamatan Tamansari dan Desa Ciomas di Kecamatan Ciomas menggunakan dana PDAM. Proses pembangunannya melibatkan pemerintah, masyarakat, dan bantuan teknis dari USAID IUWASH PLUS.

“Progam sumur resapan merupakan upaya nyata untuk pencapaian SDGs Desa No 6, Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi serta SDGs Desa No 13, Desa Tanggap Perubahan Iklim dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah perdesaan,” Koordinator Fasilitasi Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Kebencanaan, Kemendesa PDTT, Anastutik Wiryaningsih menyampaikan apreasiasinya.

Available in enEnglish (English)

Mitra