English Indonesia
Kamis, 25 Februari 2021

Focus Group Discussion Inisiasi Kerjasama BPR Nusumma Malang dan PDAM Tirta Kanjuruhan

Focus Group Discussion Inisiasi Kerjasama BPR Nusumma Malang dan PDAM Tirta Kanjuruhan

Pada 18 Febuari 2021, USAID IUWASH PLUS memfasilitasi Focus Group Discussion (FGD) untuk menginisiasi kerjasama antara Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nusumma Malang dengan PDAM Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang. Kerja sama ini bertujuan membantu rumah tangga yang belum memiliki akses layanan air PDAM untuk membiayai biaya pembangunan sambungan air rumah baru.

Tujuan dari FGD ini antara lain untuk menjalin keterkaitan BPR Nusumma Malang dan PDAM Tirta Kanjuruhan untuk  kerjasama dalam pembiayaan pembangunan sambungan air rumah baru serta menjajaki potensi kerjasama antara kedua badan usaha tersebut. FGD ini merupakan yang pertama kali dilakukan untuk PDAM Tirta Kanjuruhan dan BPR Nusumma Malang.

Dalam pertemuan tersebut, PDAM Tirta Kanjuruhan menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa sekitar 65 persen dari 437 ribu rumah tangga di Kabupaten Malang belum memiliki akses layanan PDAM. Rumah tangga adalah pasar potensial untuk sambungan rumah baru PDAM dan beberapa Rumah tangga mungkin memerlukan kredit dari BPR untuk mendanai pembangunan sambungan air rumah baru. Apalagi, PDAM Tirta Kanjuruhan menargetkan membangun 6.000 sambungan rumah baru setiap tahun, yang setengahnya di tujukan untuk keluarga tidak mampu. Dengan menggandeng BPR Nusumma Malang, PDAM berharap bisa mempercepat pencapaian target tersebut. Dalam pertemuan tersebut, baik PDAM maupun BPR menyatakan komitmennya untuk menjalin kerja sama di bidang pembiayaan pembangunan sambungan air rumah baru.

Sebagai tindak lanjutnya, baik BPR maupun PDAM akan melakukan pembahasan internal di kantor masing-masing terkait potensi kerjasama tersebut. Menyusul pembahasan internal, USAID IUWASH PLUS berencana memfasilitasi pertemuan lebih lanjut untuk membahas kerja sama antara PDAM dan BPR lebih detail, termasuk penyiapan draf perjanjian kerja sama, masalah teknis, dan manajemen risiko.

Available in enEnglish (English)

Mitra