English Indonesia
Rabu, 17 Februari 2021

Penandatanganan Dokumen KKMA-RA Mata Air Clumprit oleh Walikota Malang dan Serah Terima 15 Sumur Resapan Percontohan

Penandatanganan Dokumen KKMA-RA Mata Air Clumprit oleh Walikota Malang dan Serah Terima 15 Sumur Resapan Percontohan

8 Februari, 2021, Berdasarkan pemantauan kualitas dan kuantitas air yang dilakukan oleh USAID IUWASH PLUS dan Akatirta pada tahun 2019, debit mata air Clumprit mengalami penurunan 2,3 liter per detik setiap tahun dari tahun 2014 hingga 2019. Hal ini perlu menjadi perhatian mengingat Clumprit merupakan salah satu sumber mata air di Kota Malang.

Walikota Malang, Bapak Sutiaji, menandatangani dokumen KKMA-RA untuk Mata Air Clumprit dan, atas nama pemerintah kota Malang, menerima 15 sumur resapan percontohan dari USAID IUWASH PLUS. Hadir pula dalam diskusi ini Sekretaris Daerah Bapak Wasto; Kepala Bappeda Ibu Dwi Rahayu; dan Direktur Eksekutif PDAM Kota Malang, Bapak M. Noor Muhlas.

Mata air Clumprit merupakan salah satu sumber air baku yang akan digunakan Perumda Air Minum Tugu Tirta untuk mendukung rencana melayani 5.600 sambungan rumah baru pada tahun 2020 hingga 2024.

Untuk menambah debit mata air Clumprit, KKMARA merekomendasikan pembangunan 1.400 sumur resapan di daerah resapan mata air, beberapa diantaranya berada di Kabupaten Malang.

Sebagai bagian dari bantuan teknis proyek USAID IUWASH PLUS, proyek melalui Yayasan Lingkungan Hidup Sukoliman (di bawah skema LSIC) melaksanakan program peningkatan kapasitas untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan unit kerja pemerintah terkait dan masyarakat di kota Malang untuk mengimplementasikan sumur resapan. Program dari Juli 2020 hingga Februari 2021. Program peningkatan kapasitas mencakup pembangunan 15 sumur resapan percontohan di Desa Selorejo dan Petungsewu di Kabupaten Malang — keduanya merupakan daerah resapan mata air Clumprit. “Sumur resapan sudah menjadi prioritas dan komitmen bersama dalam menjaga lingkungan setiap kelurahan di Malang,” ucap Sutiaji, Senin (8/2/2021).

Selain pembangunan 15 sumur resapan percontohan, Perumda Air Minum Tugu Tirta telah memasukkan rencana pembangunan 200 sumur resapan setiap tahun dalam rencana bisnis periode 2020-2024. Pemerintah kota berencana menginstruksikan memberikan dukungan keuangan kepada setiap desa untuk membangun 10 sumur resapan setiap tahun.

Available in enEnglish (English)

Mitra